Indikator merupakan ukuran, karakteristik, ciri-ciri, pembuatan atau proses yang berkontribusi/menunjukkan ketercapaian suatu kompetensi dasar. Indikator pencapaian kompetensi dirumuskan dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diukur, seperti: mengidentifikasi, menghitung, membedakan, menyimpulkan, menceritakan kembali, mempraktekkan, mendemonstrasikan, dan mendeskripsikan. Indikator pencapaian kompetensi dikembangkan oleh guru dengan memperhatikan perkembangan dan kemampuan peserta didik. Setiap kompetensi dasar dapat dikembangkan menjadi dua atau lebih indikator pencapaian kompetensi.
Hal ini sesuai dengan keluasan dan kedalaman kompetensi dasar yang terkait. Indikator pencapaian kompetensi, yang menjadi bagian dari silabus, dijadikan acuan dalam merancang penilaian. Berikut contoh penetapan indikator mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator pencapaian*
|
Mempraktikkan keterampilan
rangkaian senam lantai dan nilai yang terkandung di dalamnya
|
Mempraktikkan serangkaian
senam lantai tanpa alat serta nilai percaya diri, kerjasama dan tanggung
jawab
|
1.
Melakukan 2 jenis rangkaian gerak senam lantai dengan percaya diri
2.
Menjelaskan nilai yang terkandung dalam rangkaian gerakan senam
3. dst.
|
* : dikembangkan oleh guru
B. Pemetaan Standar Kompetensi,
Kompetensi Dasar dan Indikator Pemetaan standar kompetensi dilakukan untuk memudahkan guru dalam menentukan teknik penilaian. Berikut Contoh pemetaan untuk mata pelajaran bahasa Inggris
No
|
Aspek
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Kriteria ketuntasan
|
Teknik
Penilaian
|
||||
Tes
|
Perf
|
Prod
|
Proy
|
Port
|
||||||
1
|
Mendengarkan
|
Kemampuan
memahami makna dalam teks percakapan, transaksional/ interpersonal, sangat
sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
|
Merespon percakapan
transaksional (to get things done)
dan interpersonal untuk bersosialisasi lisan secara akurat, lancar dan
bertema yang yang melibatkan tindak tutur mengapa yang belum/sudah dikenal,
memperkenalkan diri sendiri/orang lain, memerintah atau melarang
|
§ Merespon sapaan yang belum/sudah dikenal
§ Merespon perkenalan diri
sendiri/orang lain
§ Merespon perintah/larangan
|
-
-
-
|
v
v
v
|
-
-
-
|
-
-
-
|
-
-
-
|
|
2
|
Berbicara
|
Kemampuan
mengungkap-kan makna dalam teks lisan, fungsi-onal pendek, sangat sederhana
secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan
terdekat
|
dalam bahasa lisan terutama
dalam teks lisan, fungsional pendek (misal: berbagai instruksi, berbagai
daftar benda, ucapan selamat, pengumuman) sangat sederhana dengan akurat,
lancar dan berterima
|
Memberi instruksi
|
v
|
|||||
3
|
Membaca
|
Kemampuan
membaca nyaring bermakna dan mema-hami makna dalam teks tulis fungsio-nal
pendek, sangat seder-hana berka-itan dengan lingkungan terdekat
|
Membaca nyaring bermakna,
kata frasa dan kalimat dengan ucapan tekanan dan intonasi yang berterima
|
Membaca
nyaring pengumuman
|
-
|
V
|
-
|
-
|
-
|
|
4
|
Menulis
|
Kemampuan
mengungkapkan makda dalam teks fungsional pendek sangat sederhana secara
akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
|
Mengungkapkan makna dalam
teks tulis fungsi-onal pendek, misal, notices shopping list, kartu ucapan
selamat, pengumuman, sangat sederhana secara akurat lancar dan berterima
|
Menulis teks fungsional pendek berbentuk :
- notices
- Kartu uca
pan
- pengu
muman
- shop-ping
list
|
V
|
-
|
V
|
-
|
-
|
· Apabila tuntutan indikator berkaitan dengan pemahaman konsep, maka teknik penilaiannya adalah tertulis.
No
|
Sikap yang dinilai
|
Skor
penilaian
|
|||||||||
Evaluasi
oleh assessor (A)
|
Evaluasi
oleh guru (B)
|
||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1
|
Kerapian rambut
|
√
|
√
|
||||||||
2
|
Pemahaman
assessoris
|
√
|
√
|
||||||||
3
|
Kebersihan badan
|
√
|
√
|
||||||||
4
|
Kebersihan kuku
|
√
|
√
|
||||||||
5
|
Kebersihan uniform
|
√
|
√
|
||||||||
6
|
Kerapian dan
kesesuaian uniform
|
√
|
√
|
||||||||
7
|
Bahasa tubuh
|
√
|
√
|
||||||||
8
|
Sikap dan tutur
kata
|
√
|
√
|
||||||||
skor perolehan
siswa
|
35
|
36
|
|||||||||
skor maksimum
|
40
|
40
|
0 comments:
Post a Comment