No.
|
Kegiatan
|
Metode/
Strategi
|
Waktu
|
1.
|
Pertemuan
Pertama
|
||
a.
|
Pendahuluan
|
15 menit
|
|
1.
|
Salah
seorang siswa memimpin berdoa dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan
benar.
|
||
2.
|
Curah
pendapat tentang fungsi teks anekdot dan teks humor dalam kehidupan
sehari-hari setelah menyimak tayangan humor/anekdot (obsevasi dan
questioning)
|
LearningComunity
|
|
3.
|
Mengekspresikan
rasa syukur atas keberadaan bahasa Indonesia setelah menyimak tayangan teks
humor/anekdot.
|
||
4.
|
Menyampaikan tujuan pembelajaran.
|
||
5.
|
Menyepakati
kegiatan yang akan dilakukan.
|
||
b.
|
Kegiatan Inti
|
60 menit
|
|
1.
|
Memajang teks anekdot dan teks humor yang telah
ditemukan.
|
networking
|
|
2.
|
Memajang
temuan tentang persamaan dan perbedaan teks anekdot yang ditemukan.
|
networking
|
|
3.
|
Saling
menilai pekerjaan teman.
|
peer assismant
|
|
4.
|
Perwakilan
dari siswa mempresentasikan hasil penilaian.
|
networking
|
|
5.
|
Memberi
tanggapan baik berupa pertanyaan, sanggahan atau dukungan secara santun.
|
||
6.
|
Penguatan
dari guru.
|
||
7.
|
Ulangan
harian, menemukan persamaan dan perbedaan teks anekdot.
|
||
Penutup (10 menit)
|
15 menit
|
||
1.
|
Membuat
rangkuman bersama dengan siswa
|
||
2.
|
Melakukan
refleksi, misalnya menanyakan kesulitan yang dialami siswa dalam proses
pembelajaran.
|
refleksi
|
|
3.
|
Meminta
para siswa untuk mencarai contoh-contoh teks anekdot yang beragam.
|
||
4.
|
Memberitahukan
bahwa pada pertemuan berikutnya siswa diajak menulis teks ankedot.
|
||
5.
|
Salah
seorang siswa memimpin berdoa untuk mengakhiri pembelajaran menggunakan
bahasa Indonesia yang baik dan benar.
|
||
3.
|
Pertemuan ketiga
|
||
1.
|
Pendahuluan
|
15 menit
|
|
1.
|
Salah seorang siswa memimpin berdoa dengan
menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
|
||
2.
|
Curah pendapat tentang teks-teks humor yang
ditemukan dan juga acara-acara komedi di televisi.
|
||
3.
|
Menanyakan berapa banyak buku humor yang telah
dibaca beserta kesan-kesanny setelah
membaca.
|
quistoning
|
|
4.
|
Menyampaikan tujuan pembelajaran.
|
||
5.
|
Menyepakati
kegiatan yang akan dilakukan.
|
||
Kegiatan Inti
|
60
menit
|
||
1.
|
Tiap kelompok, memilih satu topik yang berisi
sindiran terhadap perilaku pejabat (korupsi, suap, atau nepotisme), kebijakan
publik (misalnya kenaikan bahan bakar minyak (BBM), ironi impor pangan,
kekacauan atau kecurangan dalam ujian nasional), atau layanan publik (petugas
yang tidak ramah, layanan yang berbelit-belit), atau yang lain!
|
||
2.
|
Tiap kelompok mengamati dan mengumpulkan bahan
sesuai dengan topik yang telah dipilih.
|
Learning
ommunity
|
|
3.
|
Tiap kelompok menyusun rancangan isi teks
anekdot yang akan ditulis dengan mengikuti tahapan berikut.
|
||
3.1
|
Abstrak
|
||
• Uraian secara ringkas garis besar isi
cerita yang akan kalian jadikan teks anekdot
|
|||
3.2
|
Orientasi
|
||
• Mengenalkan tokoh utama dalam cerita
tersebut.
• Mengenalkan juga tokoh-tokoh pendukung
dalam cerita tersebut.
• Menuliskan kapan peristiwa itu terjadi.
• Menuliskan di mana dan bagaimana peristiwa
itu terjadi
|
|||
3.3
|
Krisis
|
||
·
Menuliskan tahapan-tahapan peristiwa yang dialami oleh tokoh utama
dan tokoh pendukung.
·
Menuliskan puncak konflik (krisis) dari peristiwa-peristiwa
tersebut.
|
|||
3.4
|
Reaksi
|
||
·
Menuliskan bagaimana jawaban/reaksi terhadap krisis.
·
Reaksi ini harus memuat unsur kelucuan,
sindiran, kritik yang menarik dan mengesankan
|
|||
3.5
|
Koda
|
||
• Menuliskan penegasan yang mengesankan
terhadap kritik atau sindiran yang kalian tonjolkan.
|
|||
3.6
|
Judul
|
||
• Menuliskan judul yang menggambarkan
keseluruhan isi teks anekdot yang kalian susun.
|
|||
Kegiatan Penutup
|
15 menit
|
||
1.
|
Membuat rangkuman bersama
dengan siswa
|
||
2.
|
Melakukan refleksi, misalnya
menanyakan kesulitan yang dialami siswa dalam proses pembelajaran.
|
||
3.
|
Meminta para siswa untuk
melanjutkan hasil penulisannya secara kelompok di luar jam pelajaran.
|
||
4.
|
Memberitahukan bahwa pada
pertemuan berikutnya tiap kelompok harus menyajikan karya anekdot yang telah
ditulis.
|
||
5.
|
Salah seorang siswa memimpin
berdoa untuk mengakhiri pembelajaran menggunakan bahasa Indonesia yang baik
dan benar
|
||
Pertemuan
Keempat
|
|||
1.
|
Pendahuluan
|
15 menit
|
|
1.
|
Salah seorang siswa memimpin berdoa dengan
menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
|
||
2.
|
Curah pendapat tentang teks-teks humor yang
ditemukan dan juga acara-acara komedi di televisi.
|
||
3.
|
Menanyakan berapa banyak buku humor yang telah
dibaca beserta kesan-kesannya setelah
membaca.
|
||
4.
|
Menyampaikan
tujuan pembelajaran.
|
||
5.
|
Menyepakati kegiatan yang akan dilakukan.
|
||
Kegiatan Inti
|
60
menit
|
||
1.
|
Tiap tiap kelompok menyajikan karya anekdot yang
telah ditulis dengan tema”Kritik dan Humor Dalam Layanan Publiks.
|
||
2.
|
Tiap tiap kelompok menanggapi penyajian anekdot
kelompok lain dengan rubric yang telah disediakan
|
||
3.
|
Tiap-tiap
kelompok penyaji menawap/merespon tanggapan dari kelompok lainkelompok lain.
|
||
4.
|
. Penguatan dari guru.
|
||
Kegiatan Penutup
|
15
menit
|
||
1.
|
Guru membuat rangkuman bersama dengan siswa
|
||
2.
|
Melakukan refleksi, misalnya menanyakan
kesulitan yang dialami siswa dalam proses pembelajaran.
|
||
3.
|
Salah seorang siswa memimpin berdoa untuk
mengakhiri pembelajaran menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
|
||
Pertemuan
kelima
|
|||
1.
|
Pendahuluan
|
15
menit
|
|
1.
|
Salah seorang siswa memimpin berdoa dengan
menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
|
||
2.
|
Curah pendapat tentang teks-teks humor yang
ditemukan dan juga acara-acara komedi di televisi.
|
||
3.
|
Menanyakan berapa banyak buku humor yang telah
dibaca beserta kesan-kesannya
setelah membaca.
|
||
4.
|
Menyampaikan
tujuan pembelajaran.
|
||
5.
|
Menyepakati kegiatan yang akan dilakukan.
|
||
Kegiatan Inti
|
60
menit
|
||
1.
|
Memajang
teks anekdot dan teks humor yang telah ditemukan.
|
||
2.2
|
Setiap siswa
melaporkan hasil pekerjaanya tentang
sistematika danstrukturteks ( pernyataanumum, klasifikasidanaspek ).
|
||
2.3
|
Setiap
kelompok melaporkan hasil pekerjaannya kepada .
|
||
2.4
|
Kelompok
diskusi menanggapi laporan hasil
observasi dari kelompok lain dengan
jujur dan bertanggung jawab
|
||
2.5
|
Kelompok
lain dapat memberikan respon positif dengan santun.
|
||
2.6
|
Setiap kelompok menyempurnakan hasil laporannya
dengan penuh tanggung jawab
|
||
2.7
|
Siswa bersama guru melakukan penguatan dan
umpan balik .
|
||
3
|
Kegiatan
Penutup
|
15 menit
|
|
3.1
|
Siswa
menerima penguatan -penguatan setelah pelaksanaan diskusi kelas.
|
||
3.2
|
Siswa
dan Guru mengadakan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilakukan.
|
rekeksi
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Observasi
|
Lembar
pengamatan sikap dan rubrik
|
Tes
Tulis
|
Tes
uraian, menemukan persamaan dan perbedaan teks anekdot dan humor dan
Rambu-rambu jawaban
|
Tes
Praktik
|
Menulis
teks anekdot, rubrik penilaian
|
Mengetahui,
Kepala
SMKN 10 Malang,
|
Malang,11Juli
2012
Guru
Mata Diklat,
|
|
Drs. HARYANTO, M.Pd
|
NURIL
ANWAR,S.Pd.
|
|
NIP. 19640214 198903 1 005
|
NIP
19600103 198103 1 004
|
Skor
|
Kualitas
|
Deskripsi
|
1.
|
Kurang
|
BT (Belum Tampak) jika sama
sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas.
|
2.
|
Sedang
|
MT (Mulai Tampak) jika
menunjukkan sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas, tetapi
masih sedikit dan belum ajeg/konsisten
|
3.
|
Baik
|
MB (Mulai Berkembang) jika
menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas yang cukup
sering dan mulai ajeg/konsisten.
|
4.
|
Sangat Baik
|
MK (Membudaya jika
menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas secara
terus-menerus dan konsisten.
|
No
|
TAHAPAN
|
SKOR
(1 – 5)
|
1
|
PERENCANAAN
|
|
a. Persiapan
|
||
b. Rumusan Judul
|
||
2
|
PELAKSANAAN
|
|
a. Sistematika
|
||
b. Keakuratan Sumber
Data/Informasi
|
||
c. Kuantitas Sumber Data
|
||
d. Analisis Data
|
||
e. Penarikan Kesimpulan
|
||
3
|
LAPORAN PROYEK
|
|
a. Performans Naskah Laporan
|
||
b. Presentasi/Penguasaan
|
||
Total Skor
|
No.
|
TAHAPAN
|
SKOR (1 – 5)
|
1
|
PERENCANAAN
|
|
c.
Persiapan
|
||
d. Rumusan Judul
|
||
2
|
PELAKSANAAN
|
|
f.
Sistematika
|
||
g. Keakuratan Sumber
Data/Informasi
|
||
h. Kuantitas Sumber Data
|
||
i.
Analisis Data
|
||
j.
Penarikan Kesimpulan
|
||
3
|
LAPORAN PROYEK
|
|
c. Performans Naskah Laporan
|
||
d. Presentasi/Penguasaan
|
||
Total Skor
|
No.
|
Nama
Siswa
|
Aspek
|
|||
Keaktifan
|
Respon
|
Kreativitas
|
Keterangan
|
||
1
|
|||||
2
|
|||||
3
|
|||||
4
|
|||||
5
|
|||||
6
|
|||||
7
|
|||||
8
|
|||||
9
|
|||||
10
|
|||||
11
|
|||||
12
|
|||||
13
|
|||||
14
|
|||||
15
|
|||||
16
|
|||||
17
|
|||||
18
|
|||||
19
|
|||||
20
|
|||||
21
|
|||||
22
|
|||||
23
|
|||||
24
|
|||||
25
|
|||||
26
|
|||||
27
|
|||||
28
|
|||||
29
|
|||||
30
|
|||||
31
|
|||||
32
|
|||||
33
|
|||||
34
|
|||||
35
|
|||||
36
|
|||||
37
|
|||||
38
|
0 comments:
Post a Comment