Sunday, August 11, 2013

CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMELAJARAN (RPP) BAHASA INDONESIA SMK KELAS X.1 UNIT 2


                                                
RENCANA PELAKSANAAN PEMELAJARAN (RPP)
UNIT 2

Satuan Pendidikan                      :  SMKN 10  Malang
Program Keahlian                      :  Untuk Semua jurusan
Mata Pelajaran                              :  Bahasa Indonesia
Tema                                              : Gemar Meneroka Alam
Kelas/Semester                            :  X/Ganil
Tahun Pelajaran                            : 2013/2014
Pertemuan Ke                               : 1 dan 6
Alokasi Waktu                               : 2 x 45’ (6 x pertemuan)

  
A.  KompetensiDasar
1.   MensyukurianugarahTuhanakankeberadaanbahasa Indonesia danmenggunakannnyasesuaidengankaidahdankonteksuntukmempersatukanbangsa
2.   Menunjukkanperilakujujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, responsifdalammenggunakanBahasa Indonesia untukmengungkapkankembali.
3.   Membedahstrukturteksdenganmengklasifikasikanpernyataan, memahamiistilah, menunjukkankelas kata, sinonimdan antonym sertakalimatsimpleksdankompleks.
4.   Menganalisishasillaporanteksbaiklisanmaupuntulisansertamengelompokkankalimatnomina da deskriptif.


B.   Indikator
1.   Menyampaikansecaralisandantulistentangkejadian- kejadiaan social di masyarakatdanalamsekitardalamtekslaporanhasilobservasidengantahapanyagbenar.
2.   Mengidentifikasi ciri- ciri pada laporan hasil observasi
3.   Mengidentifikasikelompokverba
4.   Mengidentifikasi kata sinonimdanantonim
5.   Menggunakankalimatsimpleksdankompleks,.
6.   Menjelaskanstrukturtekslaporanhasilobservasi
7.   Membedakankalimatdefinisidankalimatdeskripsi

C.   TujuanPembelajaran
1.   Selamadansetelah proses pembelajaran, siswadapatmensyukurianugrahTuhanakankeberadaanbahasa Indonesia danmenggunakannyasesuaidengankaidahdankonteks.
2.   Selamadansetelahpembelajaran, siswadapatmenunjukkanperilakujujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, responsifdalammengidentifikasi cirri –ciritekslaporanhasilobservasi.
3.   Melaporkanhasilidentifikasikelompokverba
4.   menggunakankalimat, sinonimdanantonim
5.   Menggunakankalimatsimpleksdankompleks
6.   Setelahmelakukanobservasisiswadapatmenjelaskanstrukturtekslaporanhasilobservasi
7.   Diakhirpertemuansiswadapatmembedakankalimatdefinisidandeskripsi

D.   MateriPembelajaran
1.   Contohtekslaporanobservasi
2.   Sistematikadanisilaporan
3.   Langkah – langkahmenyusunLaporan
4.   Sinonim, antonim, kalimatsimpleksdankalimatkompleks
5.   Kalimatnominadankalimatdeskriptif

E.   METODE PEMBELAJARAN
-     Pendekatan scientific
-        PembelajaranBerbasisProjek




F.   Langkah-langkah Kegiatan Pemelajaran

No.
Kegiatan
Waktu
Metode/Strategi

Pertemuan Pertama


1.
Pendahuluan
15 menit

1.1
Curah pendapat yang mengarahkan siswa ke materi .


1.2
Secara berpasangan  mendiskusikan model yang berupa teks memberi motifasi dan fasilitasi dalam kegiatan tersebut.
30 menit
Learning Community
2.
Kegiatan Inti


2.1
Siswa menggali informasi tentang laporan hasil observasi melalui mencermati dengan saksama contoh laporan hasil observasi .


2.2
Siswa membentuk kelompok diskusi


2.3
Siswamengklasifikasikantekslaporanhasilobservasi.


2.4
Dengan sikap tanggung jawab, peduli, dan santun, siswa mengkomunikasikan hasil-hasil pencermatan terhadap laporan hasil observasi


2.5
Siswa dalam kelompok mendiskusikan  dengan penuh tanggung jawab dan santun dalamkegiatan observasi (merencanakan, melaksanakan, mengolah, dan penyusunan laporan hasil observasi)


2.6
Setiap  kelompok mempresentasikan  hasil diskusinyadankelompok yang lain merespon

Peer assesment
2.7
Siswa dan guru melakukan penguatan dan umpan balik terhadap kegiatan yang telah dilakukan secarajujurdantanggungjawab .


3
Kegiatan Penutup
15 menit
Refleki
3.1
Guru memberi penguatan-penguatan setelah pelaksanaan diskusi kelas.


3.2
Guru dan siswa mengadakan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilakukan.


3.1
Guru memberi penguatan-penguatan setelah pelaksanaan diskusi kelas.



Pertemuan Kedua


a.
Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
15 menit

1)
Siswa merespon salam dan mengekspresikan nilai-nilai silaturahim yang humanis melalui interaksi sosial dalam kelas


2)
Siswa menerima informasi tetang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.


3)
Siswa menerima informasi tentang kompetensi, materi, tujuan,  manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.


b.
Kegiatan Inti  (70 menit )


1)
Siswa berkelompok seperti pada pertemuan sebelumnya.


2)
Kelompok melanjutkan mengklasifikasi kata berdasarkan sinonim, antonim, kelas kata dan kalimat simpleks serta kalimat kompleks.


3)
Setiap kelompok melaporkan hasil pekerjaannya kepada kelompok lain.


4)
Kelompok diskusi menanggapi  laporan hasil observasi dari kelompok lain  dengan jujur dan bertanggung jawab..


5)
Kelompok lain dapat memberikan respon positif dengan santun.


6)
Setiap  kelompok menyempurnakan hasil laporannya dengan penuh tanggung jawab


c.
Kegiatan Penutup  (10 menit )


1)
Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran.


2)
Siswa dan guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang telah dilakukan.



Pertemuan Keempat( 2 jam pel )


a.
Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
15 menit

1)
Siswa merespon salam dan mengekspresikan nilai-nilai silaturahim yang humanis melalui interaksi sosial dalam kelas.


2)
Siswa menerima informasi tetang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.


3)
Siswa menerima informasi tentang kompetensi, materi, tujuan,  manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.


b.
Kegiatan Inti  (70 menit )


1)
Siswa berkelompok seperti pada pertemuan sebelumnya.


2)
Dengan berdiskusikelompok, siswa mengamati dan memutuskan apa kahtek spendek yang berjudul Sistem Peredaran Darah Manusia termasuk laporan ideal.


3)
Setiap kelompok menganalisistekstersebutdengan diagram danpertanyaan – pertanyaanygmemandupadakeputusan.


4)
Setiapkelompokmelaporkan hasil pekerjaannya kepada kelompok lain.


d.
Kegiatan Penutup  (10 menit )


1)
Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran.


2)
Siswa dan guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang telah  dilakukan.


3)
Siswa menyimak informasi kompetensi yang dipelajari pada pertemuan berikutnya.



Pertemuan Kelima ( 2 jam pel )


a.
Kegiatan Pendahuluan (10 menit)


1)
Siswa merespon salam dan mengekspresikan nilai-nilai silaturahim yang humanis melalui interaksi sosial dalam kelas.


2)
Siswa menerima informasi tetang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.


3)
Siswa menerima informasi tentang kompetensi, materi, tujuan,  manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.


b.
Kegiatan Inti  (70 menit )


1)
Siswa berkelompok seperti pada pertemuan sebelumnya.


2)
Setiap siswa membaca`teks yang berjudulHarimaudanmenemukankalimatdefinisi yang terdapatpadateks.


3)
Selanjutnyasiswamengujikebenarandefinisitersebutdengantabel


4)
Setiap kelompok melaporkan hasil pekerjaannya kepada kelompok lain.


5)
Kelompok diskusi menanggapi  laporan hasil observasi dari kelompok lain  dengan jujur dan bertanggung jawab..


6)
Kelompok lain dapat memberikan respon positif dengan santun.


7)
Setiap  kelompok menyempurnakan hasil laporannya dengan penuh tanggung jawab


8)
Siswa bersama guru melakukan penguatan dan umpan balik .


c.
Kegiatan Penutup  (10 menit )


1)
Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran.


2)
Siswa dan guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang telah dilakukan.


b.
Kegiatan Inti  (70 menit )


1)
Siswa berkelompok seperti pada pertemuan sebelumnya.


2)
Setiap siswa membaca`teks yang berjudul Harimau dan menemukan kalimat definisi yang terdapat pada teks.


3)
Selanjutnya siswa menguji kebenaran definisi tersebut dengan tabel


4)
Setiap kelompok melaporkan hasil pekerjaannya kepada kelompok lain.


5)
Kelompok diskusi menanggapi  laporan hasil observasi dari kelompok lain  dengan jujur dan bertanggung jawab..


6)
Kelompok lain dapat memberikan respon positif dengan santun.


7)
Setiap  kelompok menyempurnakan hasil laporannya dengan penuh tanggung jawab


8)
Siswa bersama guru melakukan penguatan dan umpan balik .


c.
Kegiatan Penutup  (10 menit )


1)
Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran.


2)
Siswa dan guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang telah dilakukan.







Pertemuan Keenam( 2 jam pel )


a.
Kegiatan Pendahuluan (10 menit)


1)
Siswa merespon salam dan mengekspresikan nilai-nilai silaturahim yang humanis melalui interaksi sosial dalam kelas.


2)
Siswa menerima informasi tetang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan


3)
Siswa menerima informasi tentang kompetensi, materi, tujuan,  manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.


b.
Kegiatan Inti  (70 menit )


1)
Siswa berkelompok seperti pada pertemuan sebelumnya.


2)
Siswa melanjutkan materi yang  lalu dengan menganalisis perbedaan kalimat definisi dan kalimat deskripsi.


3)
Selanjutnyasiswamengujikebenarandenganmembuatcontoh – contohkalimatdeskripsi.


4)
Siswamengisitabel yang berisi kata dalamkelompoknominadandeskripsi.


5)
Setiap kelompok melaporkan hasil pekerjaannya kepada kelompok lain.


6)
Kelompok diskusi menanggapi  laporan hasil observasi dari kelompok lain  dengan jujur dan bertanggung jawab..


7)
Kelompok lain dapat memberikan respon positif dengan santun


8)
Setiap  kelompok menyempurnakan hasil laporannya dengan penuh tanggung jawab


9)
Siswa bersama guru melakukan penguatan dan umpan balik.


c.
Kegiatan Penutup  (10 menit )


1)
Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran.


2)
Siswa dan guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang telah dilakukan



E. Sumber Belajar

1.      LCD
2.      Laptop
3.      Powerpoint
4.      Instrumen  Penilaian
5.      Bukusiswa  : Bahasa Indonesia  Kelas X EkspresidanAkademik
6.      Buku Guru : Bahasa Indonesia  Kelas X EkspresidanAkademik

I.       PENILAIAN
a.      Penialaian proses danproduk

1.    Penilaian Proses

LEMBAR PENGAMATAN SIKAP

Mata Pelajaran                       : Bahasa Indonesia
Kelas, semester                     : X, 1
Tema                                       : MenerokaAlamSemesta
Waktu pengamatan                : Hari, tanggal, dan jam

Indikator perkembangan sikap berbahasa yang diamati meliputi tanggung jawab, responsif/peduli, santun, dan jujur

Panduan Peskoran
Skor
Kualitas
Deskripsi
1.
Kurang
BT (Belum Tampak) jika sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas.
2.
Sedang
MT (Mulai Tampak) jika menunjukkan sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas, tetapi masih sedikit dan belum ajeg/konsisten
3.
Baik
MB (Mulai Berkembang) jika menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas yang cukup sering dan mulai ajeg/konsisten.
4.
Sangat Baik
MK (Membudaya jika menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas secara terus-menerus dan konsisten.


Bubuhkan tanda cek (√) pada kolom sesuai hasil pengamatan.
No.
TAHAPAN
SKOR (1 – 5)
1
PERENCANAAN


a.       Persiapan


b.       Rumusan Judul




2
PELAKSANAAN


a.       Sistematika


b.       Keakuratan Sumber Data/Informasi


c.       Kuantitas Sumber Data


d.       Analisis Data


e.       Penarikan Kesimpulan

3
LAPORAN PROYEK


a.       Performans Naskah Laporan


b.       Presentasi/Penguasaan


Total Skor


2.      Penilaian Hasil

LEMBAR PENILAIAN HASIL

Mata Pelajaran                           : Bahasa Indonesia
Kelas, semester                          : X, 1
Tema                                            : MenerokaAlamSemesta
Nama Proyek                              : Laporan Hasil Observasi
Alokasi Waktu                             : 2 pertemuan (4 x 45 menit)
Guru pmbimbing                        : .................................................
Nama Siswa/Kelompok      : ....................................................................................
Anggota Kelompok             :
1.      A
2.      B
3.      C
4.      D
5.      E

No.
TAHAPAN
SKOR (1 – 5)


1
PERENCANAAN




c.        Persiapan




d.       Rumusan Judul



2
PELAKSANAAN




f.         Sistematika




g.       Keakuratan Sumber Data/Informasi




h.       Kuantitas Sumber Data




i.         Analisis Data




j.         Penarikan Kesimpulan



3
LAPORAN PROYEK




c.        Performans Naskah Laporan




d.       Presentasi/Penguasaan




Total Skor


                                                Mengetahui,
Kepala SMKN 10 Malang,

Malang,11Juli 2012
Guru Mata Diklat,




Drs. HARYANTO, M.Pd

NURIL ANWAR,S.Pd.
NIP. 19640214 198903 1 005

NIP 19600103 198103 1 004














FORMAT OBSERVASI PENIKLAIAN PROSES PEMBELAJARAN
BAHASA INDONESIA SMK NEGERI 10 MALANG

Kompetensi Dasar       :
Kelas/Prpgram :
Standar Kompetensi :

No.
Nama Siswa
Aspek
Keaktifan
Respon
Kreativitas
Keterangan
1





2





3





4





5





6





7





8





9





10





11





12





13





14





15





16





17





18





19





20





21





22





23





24





25





26





27





28





29





30





31





32





33





34





35





36





37





38






Malang,  11 Juli 2011
Guru/Kolaborator,

0 comments:

LINKS FROM ME (2)

GESKRIPSI


BLOG INI DIBANGUN OLEH GURU YANG INGIN MEMPERCEPAT ALUR INFORMASI DALAM IMPLEMENTYASI KURIKULUM 2013 KARENA ITU MOHON DO'A RESTU DAN MOTIVASI
Powered by Blogger.