No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode/Strategi
|
Pertemuan Pertama
|
|||
1.
|
Pendahuluan
|
15 menit
|
|
1.1
|
Curah
pendapat yang mengarahkan siswa ke materi .
|
||
1.2
|
Secara berpasangan mendiskusikan model yang berupa teks memberi
motifasi dan fasilitasi dalam kegiatan tersebut.
|
30 menit
|
Learning Community
|
2.
|
Kegiatan Inti
|
||
2.1
|
Siswa menggali informasi tentang laporan hasil
observasi melalui mencermati dengan saksama contoh laporan hasil observasi .
|
||
2.2
|
Siswa membentuk kelompok diskusi
|
||
2.3
|
Siswamengklasifikasikantekslaporanhasilobservasi.
|
||
2.4
|
Dengan sikap tanggung jawab, peduli, dan santun,
siswa mengkomunikasikan hasil-hasil pencermatan terhadap laporan hasil
observasi
|
||
2.5
|
Siswa
dalam kelompok mendiskusikan dengan
penuh tanggung jawab dan santun dalamkegiatan observasi (merencanakan,
melaksanakan, mengolah, dan penyusunan laporan hasil observasi)
|
||
2.6
|
Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinyadankelompok yang lain
merespon
|
Peer assesment
|
|
2.7
|
Siswa
dan guru melakukan penguatan dan umpan balik terhadap kegiatan yang telah
dilakukan secarajujurdantanggungjawab .
|
||
3
|
Kegiatan
Penutup
|
15 menit
|
Refleki
|
3.1
|
Guru memberi penguatan-penguatan setelah pelaksanaan diskusi kelas.
|
||
3.2
|
Guru dan siswa mengadakan refleksi terhadap pembelajaran yang telah
dilakukan.
|
||
3.1
|
Guru memberi penguatan-penguatan setelah pelaksanaan diskusi kelas.
|
||
Pertemuan Kedua
|
|||
a.
|
Kegiatan
Pendahuluan (10 menit)
|
15 menit
|
|
1)
|
Siswa merespon salam dan
mengekspresikan nilai-nilai silaturahim yang humanis melalui interaksi sosial
dalam kelas
|
||
2)
|
Siswa menerima informasi
tetang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan
dilaksanakan.
|
||
3)
|
Siswa menerima informasi
tentang kompetensi, materi, tujuan,
manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
|
||
b.
|
Kegiatan
Inti (70 menit )
|
||
1)
|
Siswa berkelompok seperti pada pertemuan
sebelumnya.
|
||
2)
|
Kelompok melanjutkan mengklasifikasi kata
berdasarkan sinonim, antonim, kelas kata dan kalimat simpleks serta kalimat kompleks.
|
||
3)
|
Setiap
kelompok melaporkan hasil pekerjaannya kepada kelompok lain.
|
||
4)
|
Kelompok
diskusi menanggapi laporan hasil
observasi dari kelompok lain dengan
jujur dan bertanggung jawab..
|
||
5)
|
Kelompok
lain dapat memberikan respon positif dengan santun.
|
||
6)
|
Setiap kelompok menyempurnakan hasil laporannya
dengan penuh tanggung jawab
|
||
c.
|
Kegiatan
Penutup (10 menit )
|
||
1)
|
Siswa
bersama guru menyimpulkan pembelajaran.
|
||
2)
|
Siswa
dan guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang telah dilakukan.
|
||
Pertemuan
Keempat( 2 jam pel )
|
|||
a.
|
Kegiatan
Pendahuluan (10 menit)
|
15 menit
|
|
1)
|
Siswa
merespon salam dan mengekspresikan nilai-nilai silaturahim yang humanis
melalui interaksi sosial dalam kelas.
|
||
2)
|
Siswa
menerima informasi tetang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan
pembelajaran yang akan dilaksanakan.
|
||
3)
|
Siswa
menerima informasi tentang kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran
yang akan dilaksanakan.
|
||
b.
|
Kegiatan
Inti (70 menit )
|
||
1)
|
Siswa
berkelompok seperti pada pertemuan sebelumnya.
|
||
2)
|
Dengan berdiskusikelompok, siswa
mengamati dan memutuskan apa kahtek spendek yang berjudul Sistem Peredaran Darah
Manusia termasuk laporan ideal.
|
||
3)
|
Setiap kelompok
menganalisistekstersebutdengan diagram danpertanyaan –
pertanyaanygmemandupadakeputusan.
|
||
4)
|
Setiapkelompokmelaporkan
hasil pekerjaannya kepada kelompok lain.
|
||
d.
|
Kegiatan
Penutup (10 menit )
|
||
1)
|
Siswa bersama guru
menyimpulkan pembelajaran.
|
||
2)
|
Siswa dan guru melakukan
refleksi terhadap kegiatan yang telah
dilakukan.
|
||
3)
|
Siswa menyimak informasi kompetensi
yang dipelajari pada pertemuan berikutnya.
|
||
Pertemuan Kelima ( 2 jam pel )
|
|||
a.
|
Kegiatan
Pendahuluan (10 menit)
|
||
1)
|
Siswa
merespon salam dan mengekspresikan nilai-nilai silaturahim yang humanis
melalui interaksi sosial dalam kelas.
|
||
2)
|
Siswa menerima informasi
tetang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan
dilaksanakan.
|
||
3)
|
Siswa menerima informasi
tentang kompetensi, materi, tujuan,
manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
|
||
b.
|
Kegiatan
Inti (70 menit )
|
||
1)
|
Siswa
berkelompok seperti pada pertemuan sebelumnya.
|
||
2)
|
Setiap siswa membaca`teks
yang berjudulHarimaudanmenemukankalimatdefinisi yang terdapatpadateks.
|
||
3)
|
Selanjutnyasiswamengujikebenarandefinisitersebutdengantabel
|
||
4)
|
Setiap kelompok melaporkan
hasil pekerjaannya kepada kelompok lain.
|
||
5)
|
Kelompok diskusi
menanggapi laporan hasil observasi
dari kelompok lain dengan jujur dan
bertanggung jawab..
|
||
6)
|
Kelompok lain dapat
memberikan respon positif dengan santun.
|
||
7)
|
Setiap kelompok menyempurnakan hasil laporannya
dengan penuh tanggung jawab
|
||
8)
|
Siswa bersama guru melakukan
penguatan dan umpan balik .
|
||
c.
|
Kegiatan Penutup (10 menit )
|
||
1)
|
Siswa bersama guru
menyimpulkan pembelajaran.
|
||
2)
|
Siswa dan guru melakukan
refleksi terhadap kegiatan yang telah dilakukan.
|
||
b.
|
Kegiatan
Inti (70 menit )
|
||
1)
|
Siswa berkelompok seperti
pada pertemuan sebelumnya.
|
||
2)
|
Setiap siswa membaca`teks
yang berjudul Harimau dan menemukan kalimat definisi yang terdapat pada teks.
|
||
3)
|
Selanjutnya siswa menguji kebenaran
definisi tersebut dengan tabel
|
||
4)
|
Setiap kelompok melaporkan
hasil pekerjaannya kepada kelompok lain.
|
||
5)
|
Kelompok diskusi
menanggapi laporan hasil observasi
dari kelompok lain dengan jujur dan
bertanggung jawab..
|
||
6)
|
Kelompok lain dapat
memberikan respon positif dengan santun.
|
||
7)
|
Setiap kelompok menyempurnakan hasil laporannya
dengan penuh tanggung jawab
|
||
8)
|
Siswa bersama guru melakukan
penguatan dan umpan balik .
|
||
c.
|
Kegiatan
Penutup (10 menit )
|
||
1)
|
Siswa bersama guru
menyimpulkan pembelajaran.
|
||
2)
|
Siswa dan guru melakukan
refleksi terhadap kegiatan yang telah dilakukan.
|
||
Pertemuan Keenam( 2 jam pel )
|
|||
a.
|
Kegiatan
Pendahuluan (10 menit)
|
||
1)
|
Siswa merespon salam dan
mengekspresikan nilai-nilai silaturahim yang humanis melalui interaksi sosial
dalam kelas.
|
||
2)
|
Siswa menerima informasi
tetang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan
dilaksanakan
|
||
3)
|
Siswa menerima informasi
tentang kompetensi, materi, tujuan,
manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
|
||
b.
|
Kegiatan
Inti (70 menit )
|
||
1)
|
Siswa berkelompok seperti
pada pertemuan sebelumnya.
|
||
2)
|
Siswa melanjutkan materi
yang lalu dengan menganalisis
perbedaan kalimat definisi dan kalimat deskripsi.
|
||
3)
|
Selanjutnyasiswamengujikebenarandenganmembuatcontoh
– contohkalimatdeskripsi.
|
||
4)
|
Siswamengisitabel yang berisi
kata dalamkelompoknominadandeskripsi.
|
||
5)
|
Setiap kelompok melaporkan
hasil pekerjaannya kepada kelompok lain.
|
||
6)
|
Kelompok diskusi
menanggapi laporan hasil observasi
dari kelompok lain dengan jujur dan
bertanggung jawab..
|
||
7)
|
Kelompok lain dapat
memberikan respon positif dengan santun
|
||
8)
|
Setiap kelompok menyempurnakan hasil laporannya
dengan penuh tanggung jawab
|
||
9)
|
Siswa bersama guru melakukan
penguatan dan umpan balik.
|
||
c.
|
Kegiatan
Penutup (10 menit )
|
||
1)
|
Siswa bersama guru
menyimpulkan pembelajaran.
|
||
2)
|
Siswa dan guru melakukan
refleksi terhadap kegiatan yang telah dilakukan
|
Skor
|
Kualitas
|
Deskripsi
|
1.
|
Kurang
|
BT (Belum
Tampak) jika sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam
menyelesaikan tugas.
|
2.
|
Sedang
|
MT (Mulai
Tampak) jika menunjukkan sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan
tugas, tetapi masih sedikit dan belum ajeg/konsisten
|
3.
|
Baik
|
MB (Mulai
Berkembang) jika menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan
tugas yang cukup sering dan mulai ajeg/konsisten.
|
4.
|
Sangat
Baik
|
MK (Membudaya
jika menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas
secara terus-menerus dan konsisten.
|
No.
|
TAHAPAN
|
SKOR (1 – 5)
|
1
|
PERENCANAAN
|
|
a.
Persiapan
|
||
b.
Rumusan Judul
|
||
2
|
PELAKSANAAN
|
|
a.
Sistematika
|
||
b.
Keakuratan Sumber Data/Informasi
|
||
c.
Kuantitas Sumber Data
|
||
d.
Analisis Data
|
||
e.
Penarikan Kesimpulan
|
||
3
|
LAPORAN
PROYEK
|
|
a.
Performans Naskah Laporan
|
||
b.
Presentasi/Penguasaan
|
||
Total Skor
|
No.
|
TAHAPAN
|
SKOR (1 – 5)
|
||||
1
|
PERENCANAAN
|
|||||
c.
Persiapan
|
||||||
d.
Rumusan Judul
|
||||||
2
|
PELAKSANAAN
|
|||||
f.
Sistematika
|
||||||
g.
Keakuratan Sumber Data/Informasi
|
||||||
h.
Kuantitas Sumber Data
|
||||||
i.
Analisis Data
|
||||||
j.
Penarikan Kesimpulan
|
||||||
3
|
LAPORAN
PROYEK
|
|||||
c.
Performans Naskah Laporan
|
||||||
d.
Presentasi/Penguasaan
|
||||||
Total Skor
|
||||||
Mengetahui,
Kepala SMKN 10 Malang,
|
Malang,11Juli 2012
Guru Mata Diklat,
|
|||||
Drs. HARYANTO, M.Pd
|
NURIL ANWAR,S.Pd.
|
|||||
NIP. 19640214 198903 1 005
|
NIP 19600103 198103 1 004
|
|||||
No.
|
Nama
Siswa
|
Aspek
|
|||
Keaktifan
|
Respon
|
Kreativitas
|
Keterangan
|
||
1
|
|||||
2
|
|||||
3
|
|||||
4
|
|||||
5
|
|||||
6
|
|||||
7
|
|||||
8
|
|||||
9
|
|||||
10
|
|||||
11
|
|||||
12
|
|||||
13
|
|||||
14
|
|||||
15
|
|||||
16
|
|||||
17
|
|||||
18
|
|||||
19
|
|||||
20
|
|||||
21
|
|||||
22
|
|||||
23
|
|||||
24
|
|||||
25
|
|||||
26
|
|||||
27
|
|||||
28
|
|||||
29
|
|||||
30
|
|||||
31
|
|||||
32
|
|||||
33
|
|||||
34
|
|||||
35
|
|||||
36
|
|||||
37
|
|||||
38
|
0 comments:
Post a Comment