PELAJARAN I KELAS X SMK
Tugas 2 Membedah Struktur Teks Laporan
Kerjakan
tugas-tugas berikut sesuai dengan petunjuk yang diberikan pada setiap nomor!
(1) Marilah kita uraikan teks laporan yang
berjudul “Makhluk di Bumi Ini” itu menurut struktur teksnya. Struktur teks itu
merupakan gambaran cara teks tersebut dibangun.
Kalian dapat mengamati bahwa teks laporan
disusun dengan struktur teks pernyataan umum atau klasifikasi diikuti oleh
anggota atau aspek yang dilaporkan. Dalam menganalisis struktur teks, struktur
itu biasanya ditulis dengan pernyataan umum atau klasifikasi^anggota atau aspek
yang dilaporkan. Tanda “^” berarti 'diikuti oleh. Tanda itu menyatakan urutan
tahap pada struktur teks.
Tahap
pernyataan umum atau klasifikasi
merupakan semacam pembuka atau pengantar tentang hal yang akan dilaporkan. Pada
tahap pembukaan disampaikan bahwa benda-benda di dunia dapat diklasifikasi
berdasarkan kriteria persamaan dan perbedaan. Perhatikan bahwa kriteria itu
ternyata digunakan untuk membedakan kelas dan subkelas.
Tugas kalian selanjutnya adalah membuat
pembagian itu sampai sekecil-kecilnya. Misalnya, pada subkelas ikan, kalian
dapat menambahkan jenis-jenis ikan yang kalian ketahui. Kemudian, kerjakan
dengan cara yang sama untuk jenis ular. Begitu seterusnya.
Pernyataan umum
atau klasifikasi
|
Benda di
dunia dapat dikelompokkan atas
persamaan dan perbedaannya. Dengan pengelompokan, benda-benda itu
lebih mudah dipelajari.
|
Anggota/aspek
yang dilaporkan
|
Semua benda di
dunia ini dapat diklasifikasi menjadi dua kelompok, yaitu benda hidup dan
benda mati. Yang pertama sering disebut makhluk hidup dan yang
kedua disebut makhluk mati. Benda hidup mempunyai ciri-ciri umum, seperti bergerak,
bernapas, tumbuh, dan mempunyai keturunan. Benda hidup
juga membutuhkan makanan. Benda
mati dibedakan dari benda hidup karena benda mati tidak mempunyai ciri-ciri
umum tersebut. Kera, tumbuh-tumbuhan, ikan,
dan bunga
adalah contoh benda hidup. Sementara itu, kaca, air, plastik, baja, dan oksigen
adalah contoh benda mati.
|
Anggota/aspek
yang dilaporkan
|
Benda hidup
dapat dikelompokkan lagi menjadi binatang dan tumbuh-tumbuhan. Pengelompokan
itu dilakukan karena keduanya berbeda dalam beberapa hal. Tumbuh-tumbuhan
tidak dapat bergerak dari satu tempat ke tempat lain. Tumbuh-tumbuhan tidak
mempunyai otak, jantung, paru-paru, dan darah, tetapi hidup. Selain itu,
tumbuh-tumbuhan dapat melakukan
sesuatu yang
sangat penting yang tidak dapat dilakukan oleh binatang. Tumbuh-tumbuhan
dapat menghasilkan
makanan
sendiri, sedangkan binatang tidak. Rumput, gandum, dan tanaman keras adalah
jenis tumbuh-tumbuhan. Namun, tidak semua tumbuh-tumbuhan mempunyai bunga.
Oleh karena
itu, tumbuh-tumbuhan dapat dikelompokkan menjadi tumbuh-tumbuhan berbunga dan
tumbuh-tumbuhan tidak berbunga. Mawar, jagung, dan tanaman buah mempunyai
bunga, tetapi jamur, lumut, dan pakis tidak.
|
Anggota/aspek
yang dilaporkan
|
Selanjutnya,
binatang dapat dibagi menjadi vertebrata dan invertebrata. Vertebrata
mempunyai tulang belakang yang meliputi manusia, burung, anjing, katak, dan
lain-lain, sedangkan invertebrata tidak mempunyai tulang belakang yang
meliputi ubur-ubur, kupu-kupu, dan laba-laba. Terdapat lima kelompok
vertebrata, yaitu mamalia, burung, amfibia, reptilia, dan ikan
|
(2) Setelah kalian mengetahui cara membuat
teks laporan, isilah titik-titik pada diagram tentang kelas dan subkelas
berikut ini. Pada saat kalian mengisi
titik-titik pada diagram berikut, kalian akan mengetahui bahwa terdapat
beberapa subkelas yang dapat dibagi menjadi sub-subkelas yang lebih terperinci
lagi. Selain itu, terdapat subkelas benda hidup yang belum diperinci, yaitu tumbuh-tumbuhan.
Tambahkanlah
sub-subkelas di bawah tumbuh-tumbuhan ke dalam diagram tersendiri!
Diagram
1.1 Klasifikasi benda
Subkelas
apa yang masih dapat diperinci lagi?
Buatlah
perincian itu pada kertas terpisah agar sub-subkelas yang lebih kecil dapat
dimasukkan ke dalam diagram itu! Untuk menguji kebenaran klasifikasi
yang kalian buat, bandingkan hasil kerja kalian itu dengan klasifikasi dalam
buku-buku biologi atau buku-buku ilmu pengetahuan yang lain. Pada buku-buku
biologi, kelas-kelas yang berjenjang itu dinamai dengan istilah-istilah lain,
yang secara hierarkis mengacu pada subkelas di bawah atau di atasnya. Istilah
yang digunakan adalah keluarga, ordo, genus, dan spesies yang hierarkinya dapat
dinyatakan seperti diagram berikut.
Jenjang yang dimaksud ditunjukkan dengan
tanda anak panah.
(3) Frasa atau kelompok kata dibagi menjadi dalam
kalimat Binatang dapat dibagi menjadi
vertebrata dan invertebrata merupakan kelompok verba atau frasa verbal yang digunakan untuk membuat
klasifikasi.
Carilah
verba dan kelompok
Diagram
1.2 Hierarki benda hidup verba lain yang mengandung makna ‘membagi’ atau
‘mengelompokkan’, baik verba aktif maupun pasif. Kemudian, tulislah kalimat
dengan menggunakan verba tersebut!
(a)
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
(b)
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
(c)
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
(4) Kata membagi dan mengelompokkan mengandung
makna yang sama. Kata-kata yang berbeda, tetapi mempunyai makna yang sama
disebut sinonim atau padan kata. Kata-kata berikut bersinonim dengan kata
‘mengelompokkan’, kecuali:
(a)
mengklasifikasikan
(b)
memisahkan
(c)
memilah
(d)
menggolongkan
(e)
meliputi
(f)
mencakup
(g)
menjeniskan
(h)
menyebutkan
Di pihak lain, kata-kata yang mempunyai makna
yang berlawanan disebut antonim atau lawan kata. Kata hidup berantonim dengan
kata mati. Carilah antonim kata-kata berikut ini!
(a)
persamaan x ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ...
(b)
bergerak x ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ...
(c)
keras x ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ...
(d)
tumbuh x ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ...
(e)
umum x ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ...
(f)
belakang x ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ...
(g)
kelompok x ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ...
(h)
sebagian x ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ...
(i)
panjang x ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ...
(j)
berubah x ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ...
(5) Suatu jenis kata mungkin berubah menjadi
jenis kata yang lain. Misalnya, verba mungkin berubah menjadi nomina atau
kelompok nomina. Sebagai contoh, membagi berubah menjadi pembagian. Kata dasar
kedua kata tersebut adalah bagi. Perhatikan beberapa contoh pembentukan kata
dari kata dasar menjadi kata-kata bentukan yang lain berikut ini. Selanjutnya,
kerjakan sendiri sesuai dengan contoh-contoh tersebut dengan melengkapi
titik-titik yang tersedia!
(6) Identifikasilah konjungsi yang digunakan
dalam teks laporan yang telah kalian pelajari tadi. Misalnya, konjungsi dan
digunakan untuk menambahkan sifat-sifat untuk anggota kelas yang sama, seperti
terlihat pada kalimat
(a).
Sebaliknya, tetapi digunakan untuk menyatakan perbedaan antara anggota kelas
yang satu dan anggota kelas yang lain, seperti terlihat pada kalimat (b).
Kata Dasar
|
Verba
|
Nomina
|
bagi
|
membagi membagikan berbagi
membagi-bagikan terbagi dibagi dibagikan
|
bagian pembagian
|
golong
|
menggolongkan tergolong digolongkan
|
penggolong penggolongan
|
Pilah
|
memilah
... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ...
|
... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ...
|
kelompok
|
... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ...
|
... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ...
|
jenis
|
... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ...
|
... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ...
|
Besar
|
... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ...
|
... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ...
|
kecil
|
... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ...
|
... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ...
|
tumbuh
|
... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ...
|
... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ...
|
sama
|
... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ...
|
... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ...
|
berbeda
|
... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ...
|
... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ...
|
Umum
|
... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ...
|
... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ...
|
(a) Yang pertama sering disebut makhluk hidup dan
yang kedua disebut makhluk mati.
(b) Tumbuh-tumbuhan tidak mempunyai otak,
jantung, paru-paru, dan darah, tetapi tumbuh-tumbuhan hidup.
Lalu, untuk
apakah konjungsi sementara itu, sedangkan, selanjutnya, dan lain-lain digunakan
dalam teks laporan itu? Jelaskan dan carilah contoh untuk tiap-tiap konjungsi
pada teks tersebut.
Perlu kalian tahu
bahwa konjungsi yang sama yang ada di dalam teks laporan tidak digunakan dengan
cara yang sama pada teks prosedur kompleks yang akan kalian eksplorasi lebih
jauh pada Pelajaran 2. 13 Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik Sekarang,
buatlah kalimat dengan menggunakan konjungsi
dan, tetapi, sementara itu,
sedangkan, dan selanjutnya yang lazim ditemukan pada teks laporan.
(a) ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ...
(b) ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ...
(c) ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ...
(7) Keberadaan konjungsi pada sebuah kalimat
dapat menyebabkan kalimat tersebut menjadi kompleks. Berdasarkan kompleksitasnya,
kalimat dibedakan menjadi kalimat simpleks dan kalimat kompleks.
Kalimat simpleks ialah kalimat yang hanya
terdiri atas satu struktur dengan satu verba utama, seperti terlihat pada
contoh (a) dan (b), sedangkan kalimat kompleks adalah kalimat yang terdiri atas
dua struktur atau lebih dengan dua verba atau lebih, seperti terlihat pada
contoh (c) dan (d).
(a) Tumbuh-tumbuhan tergolong ke dalam makhluk
hidup.
(b) Tumbuh-tumbuhan [[yang ditanam di kebun itu]]
tergolong ke dalam makhluk hidup.
(c) Yang pertama sering disebut makhluk hidup dan
yang kedua disebut makhluk mati.
(d) Tanaman kacang itu akan
tumbuh subur apabila petaninya rajin menyiramnya.
Seperti yang
terlihat pada contoh (a) dan (b), verba utama itu adalah tergolong.
Verba ditanam,
yang terletak pada bagian yang diletakkan di dalam tanda [[ ... ]], bukan verba
utama. Pada dasarnya, bagian yang diletakkan di dalam tanda [[ ... ]] dapat
dibuang dan hanya merupakan penjelas nomina yang ada di depannya.
Amatilah dengan
cermat. Ternyata kalimat kompleks merupakan rangkaian dua kalimat atau lebih
dengan konjungsi sebagai alat perangkainya. Pada contoh (c), konjungsi yang
digunakan adalah dan, sedangkan pada contoh (d), konjungsi yang
digunakan adalah
apabila.
Setelah kalian mengetahui
perbedaan antara kalimat simpleks dan kalimat kompleks, carilah contoh-contoh
lain dari kedua jenis kalimat tersebut pada teks laporan yang berjudul “Makhluk
di Bumi Ini” itu!
Kalimat simpleks
yang terdapat dalam teks tersebut adalah sebagai berikut.
(a) ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ...
(b) ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ...
(c) ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ...
Kalimat kompleks
yang terdapat dalam teks tersebut adalah sebagai berikut.:
(a) ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ...
(b) ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ...
(c) ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ...
0 comments:
Post a Comment