Kegiatan 2 Kerja Sama Membangun Teks Laporan Hasil
Observasi
Teks
laporan yang kalian pelajari pada Kegiatan 1 berkaitan dengan alam, manusia,
dan binatang.
Pada Kegiatan
2, kalian menganalisis teks laporan tentang unsur alam yang disebut karbon.
Kalian diharapkan dapat memahami bahwa jenis-jenis karbon tertentu bermanfaat bagi kita, tetapi
jenis-jenis karbon yang lain merugikan.Tugas-tugas
berikut ini disusun untuk memandu kalian dalam menguraikan dan membangun teks
laporan. Analisis sederhana dari segi struktur teks dan ciri-ciri kebahasaan teks laporan akan kalian lakukan
bersama-sama.
Tugas 1 Membaca Teks
"Karbon"
Bacalah teks
yang berjudul “Karbon” berikut ini. Kemudian, kerjakan tugas-tugas yang
disediakan sesuai dengan petunjuk!
KARBON
1. Karbon
adalah unsur kimia nonmetal yang disimbolkan dengan huruf C. Karbon berada di
alam dalam bentuk karbon murni (seperti berlian dan grafit) dan karbon terikat
secara kimia dalam senyawa alam yang dapat berbentuk kristal murni (seperti
berlian dan grafit). Karbon umumnya berada dalam senyawa ikatan kimia dengan
unsur lain yang juga dapat berbentuk senyawa organik (seperti batu bara dan
petroleum) atau senyawa anorganik (seperti gamping dan bubuk pengembang
kue).Terlepas dari persebarannya yang cukup luas, karbon hanya berjumlah 0,19
persen dari kerak bumi.
2. Kedua
bentuk dasar karbon tersebut mempunyai sifat-sifat yang sangat berbeda. Berlian
terbentuk dari atom yang terikat dengan sangat kuat sehingga dikenal sebagai
benda yang paling keras. Di pihak lain, karbon yang kedua, yaitu grafit,
memiliki kekerasan lebih rendah daripada berlian. Grafit disusun oleh atom yang
berbentuk heksagonal pada lembaran-lembaran yang sejajar. Setiap lembaran hanya
terikat secara terpisah-pisah sehingga grafit terasa licin dan dapat digunakan
sebagai pelumas atau alat tulis. Benda hitam yang terdapat di dalam pensil
adalah grafit. Perbedaan penting lain antara berlian dan karbon adalah daya
hantar arus listrik yang dikandung. Berlian adalah benda nonkonduktor (tidak
dapat menghantarkan arus listrik), sedangkan grafit adalah benda konduktor
(dapat menghantarkan arus listrik). Akan tetapi, baik berlian maupun grafit
mempunyai titik leleh dan titik didih yang tinggi.
3. Sifat
optik berlian sangat signifikan. Berlian mempunyai indeks refraksi paling
tinggi jika dibandingkan dengan batu permata apa pun sehingga benda ini
memantulkan cahaya ke mata dengan lebih menyilaukan daripada pantulan dari
jenis batu permata yang lain. Berlian juga mempunyai daya dispersif yang luar
biasa. Berlian dapat mengurai cahaya menjadi spektrum yang berwarna-warni.
4. Pada suhu rendah semua bentuk karbon lembek,
tetapi pada suhu tinggi karbon akan bersenyawa dengan oksigen dalam proses
oksidasi. Bentuk karbon apa pun ketika bersenyawa dengan oksigen yang banyak
pada suhu tinggi akan membentuk karbon monoksida. Karbon monoksida terbentuk
sebagai hasil pembakaran mesin yang menggunakan minyak petroleum dan ditemukan
dalam jumlah yang besar pada buangan knalpot mesin otomotif. Apabila terkena
panas di atmosfer bersama
oksigen bebas, karbon dasar akan
terkonversi menjadi dioksida. Karbon dioksida relatif tidak reaktif. Bahan yang
terbakar pada suhu yang relatif rendah, seperti kayu dan kertas, tidak akan
terbakar dalam karbon dioksida. Atas dasar ini, karbon dioksida digunakan
sebagai bahan pemadam kebakaran.
(Diadaptasi dari Reading and Thinking in
English, Vol. 3, 1987: 35--37)
1) Apakah yang dimaksud dengan karbon? Jawaban
kalian betul apabila berupa definisi. Jika dibalik, kalimat jawaban kalian itu
menjadi seperti (a) atau (b) berikut ini.
(a) Unsur kimia yang disimbolkan dengan
huruf C adalah ... ... ... ...
(titik-titik ini kalian isi sendiri).
(b) Unsur kimia yang disimbolkan dengan huruf C
disebut ... ... ... ... (titik-titik ini kalian isi sendiri).
Sekarang, buatlah definisi lain
berdasarkan teks laporan "Karbon" dengan melengkapi kalimat yang
belum selesai pada tabel di bawah ini. Nomor 1 sudah dibuat sebagai contoh.
Untuk memudahkan dalam menyelesaikan tugas
ini, bacalah teks itu berulang-ulang dan kalian akan menyadari bahwa ternyata
definisi itu dapat dibangun setiap kali kalian menemukan istilah teknis.
Seperti pada nomor 1 yang dicontohkan berikut ini,
agar definisi yang kalian buat memenuhi
kebenaran, unsur Y dapat kalian buat dengan konjungsi yang, yang berfungsi
untuk membatasi pengertian pada unsur X.
Meskipun dengan cara itu dihasilkan
definisi yang panjang, definisi itu lebih berterima.
No.
|
X
|
=
|
Y
|
1.
|
Berlian
|
adalah
|
benda
nonkonduktor (tidak dapat menghantarkan arus listrik.
|
2.
|
...
... ... ... ... ... ...
|
adalah
|
benda
hitam yang lunak yang tersusun oleh atom yang berbentuk heksagonal pada
lembaran-lembaran yang sejajar yang terikat secara terpisah-pisah.adalah
|
3.
|
Konduktor
|
adalah
|
....
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
|
4.
|
...
... ... ... ... ... ...
|
adalah
|
benda
yang tidak dapat menghantarkan arus listrik.
|
5.
|
Proses
oksidasi
|
adalah
|
...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
|
6.
|
Karbon
Monoksida
|
adalah
|
...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
|
Setiap definisi pada tabel di atas dapat dibalik.
Baliklah definisi itu agar dapat
menguji kebenarannya. Butir (a) sudah dikerjakan sebagai contoh.
(a) Benda
hitam yang lunak yang tersusun oleh atom yang berbentuk heksagonal pada
lembaran-lembaran yang sejajar yang terikat secara terpisah-pisah disebut
karbon.
(b) ... ...
... ... ... ... . ... ... ... ... ... ... ... ... .... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ..
... ...
... ... ... ... . ... ... ... ... ... ... ... ... .... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ...
... ... ... . ... ... ... ... ... ... ... ... .... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
(c) ...
... ... ... ... ... . ... ... ... ... ... ... ... ... .... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... .
... ...
... ... ... ... . ... ... ... ... ... ... ... ... .... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
(d ... ...
... ... ... ... . ... ... ... ... ... ... ... ... .... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ...
... ... ... ... . ... ... ... ... ... ... ... ... .... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ...
... ... ... ... . ... ... ... ... ... ... ... ... .... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
(e ... ... ... ... ... ... . ... ... ... ...
... ... ... ... .... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ...
... ...
... ... ... ... . ... ... ... ... ... ... ... ... .... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ...
... ... ... ... . ... ... ... ... ... ... ... ... .... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
(f) ...
... ... ... ... ... . ... ... ... ... ... ... ... ... .... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... .
... ...
... ... ... ... . ... ... ... ... ... ... ... ... .... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
|
(2) Di manakah kalian menjumpai karbon? Di alam
bebas, di perhiasan, atau di makanan? Misalnya, makanan dalam kemasan sering
disertai keterangan tentang komposisi kandungan gizi yang ada di dalamnya.
Dengan mengamati keterangan itu, kalian dapat mengidentifikasi apakah makanan
tersebut mengandung karbon atau tidak.
(3) Ada berapakah jenis karbon? Apakah setiap
jenis dapat dibagi lagi menjadi subjenis? Jelaskan dengan disertai beberapa
contoh!
(4) Mengapa karbon dioksida digunakan sebagai
bahan pemadam kebakaran?
Penjelasan
dapat kalian berikan dengan tidak hanya berdasarkan isi teks.
(5) Apakah karbon bermanfaat bagi kita?
Sebaliknya, apakah karbon juga merugikan kita? Apa kerugian yang diakibatkan
karbon? Selain jawaban dari teks, carilah informasi lain dari sumber-sumber
lain untuk menjawab pertanyaan ini.
Kalian dapat
mengaitkan jawaban dengan keberadaan karbon di alam bebas, perhiasan, atau
makanan.
Tugas 2 Meringkas Isi Teks Laporan
Kerjakan
sesuai dengan petunjuk!
(1) Teks laporan yang berjudul “Karbon” dapat
disajikan secara ringkas. Caranya, kalian hanya menulis ulang kalimat-kalimat
inti dari setiap tahap pada struktur teks itu. Misalnya, mula-mula kalian
mengemukakan definisi karbon.
Selanjutnya,
sebutkan jenis-jenis karbon menurut subkelas yang ada.
Sebagai latihan,
teruskan kerangka berikut ini!
(2) Kalian sekarang tahu bahwa dalam membuat
ringkasan, isi ringkasan harus sama dengan isi teks yang diringkas. Kalian juga
dapat memanfaatkan struktur teks itu sebagai panduan. Bandingkan ringkasan
kalian dengan yang dibuat oleh teman-teman kalian, apa memang isinya sama
antara ringkasan dan teks tentang karbon. Jika belum, perbaiki lagi sampai
berhasil!
(3) Cara meringkas seperti itu dapat kalian
terapkan dalam memahami teks-teks pada buku pelajaran untuk mata pelajaran
selain bahasa Indonesia. Sering melalui kegiatan meringkas, proses belajar
kalian akan terasa lebih mudah dan menyenangkan.29 Bahasa Indonesia Ekspresi
Diri dan Akademik
Tugas 3 Menata Struktur Teks Laporan
Kerjakan sesuai
dengan petunjuk!
(1)
Berikut ini adalah laporan tentang
kekeringan di Indonesia. Tulisan itu belum selesai. Teruskan laporan ini agar
dapat dimengerti dengan baik!
Kekeringan
|
Kekeringan adalah keadaan kekurangan air yang
sangat ekstrem dalam waktu lama. Kekeringan timbul tanpa dapat diprediksi
secara tepat.
|
Di Indonesia, hujan turun secara tidak merata
meskipun pada umumnya hujan terjadi di seluruh wilayah negeri. Ada daerah
yang lebih mendapatkan curah hujan dan ada pula daerah yang kurang
mendapatkan curah hujan.
Selain itu, hujan tidak terjadi dalam waktu yang
bersamaan. Di wilayah barat, hujan sudah turun, tetapi di wilayah timur belum
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... . ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... . ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... .
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ...
|
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... . ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ..
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... . ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... .
|
|
(2) Periksalah pekerjaan kalian itu sekali lagi,
apakah teks kalian telah ditata menurut struktur teks yang baik, yang terdiri atas pernyataan
umum/klasifikasi^anggota/aspek yang dilaporkan.
Tugas 4
Menanggapi Isi Teks Laporan
Kerjakan
tugas-tugas berikut ini sesuai dengan petunjuk yang diberikan!
(1) Pekerjaan yang telah kalian buat pada Tugas 3
tersebut dapat kalian sajikan di depan teman-teman kalian dengan membacanya
keras-keras dan teman-teman kalian menyimak secara saksama. Mintalah komentar
dari teman-teman kalian, apakah pekerjaan kalian itu sudah baik. Berdasarkan
masukan teman-teman kalian, perbaikilah pekerjaan kalian itu!
(2) Bergantilah peran, teman-teman yang semula mendengarkan sekarang bertindak
sebagai penyaji dan kalian bertindak sebagai pendengar. Selain itu, berikanlah
pula masukan untuk pekerjaan teman-teman kalian. Masukan itu dapat berupa
usulan, saran, atau komentar.
Tugas 5 Mengolah Data Teks Laporan
Pada tugas ini
kalian diharapkan dapat membangun teks laporan berdasarkan data yang
disediakan. Untuk itu, ikutilah petunjuk yang diberikan pada setiap nomor!
(1) Bacalah teks yang berjudul “Komodo” berikut
ini dengan teliti. Setujukah kalian bahwa teks tersebut tergolong ke dalam teks
laporan?
KOMODO
Gambar 1.4 Komodo
1 Tahukah
kalian binatang melata apakah yang paling besar?
Binatang itu
adalah komodo. Binatang itu hidup di semak-semak belukar dan di daerah hutan di
sejumlah pulau di Indonesia.
2 Komodo
adalah binatang melata terberat di dunia yang mempunyai berat 100 kg atau
lebih. Komodo terbesar yang pernah diukur mempunyai panjang lebih dari 3 meter
dan berat 166 kg, tetapi ukuran komodo rata-rata yang hidup secara liar adalah
sekitar 2,5 meter dengan berat 91 kg.
3 Komodo
mempunyai kulit bersisik yang berwarna abu-abu, moncong yang lancip, tungkai
lengan yang kuat, dan ekor yang berotot. Komodo menggunakan indra penciuman
yang tajam untuk mendeteksi keberadaan bangkai binatang yang terletak beberapa
kilometer di kejauhan. Komodo memburu binatang melata lainnya, seperti binatang
mamalia yang besar, bahkan kadang-kadang bertindak sebagai binatang kanibal.
4 Hampir
semua bagian gigi komodo tertutup oleh gusi. Ketika komodo sedang makan,
gusinya berdarah dan menjadi media ideal bagi berkembangnya bakteri yang
berbahaya. Bakteri yang hidup dalam air liur komodo menyebabkan darah korban
yang digigit keracunan. Komodo akan menggigit binatang mangsanya, lalu
membuntutinya sampai binatang itu lemas tidak berdaya untuk dibawa pergi.
5 Spesies
binatang melata ini terancam punah. Kenyataan itu, antara lain, disebabkan oleh
kegiatan perburuan yang tidak bertanggung jawab, terbatasnya binatang yang
menjadi mangsanya, dan habitatnya yang rusak.(Diadaptasi dari berbagai sumber)
(2) Informasi manakah yang membuat kalian dapat
menentukan bahwa teks tersebut adalah teks laporan? Berikan penjelasan
secukupnya!
(3) Dapatkah urutan paragraf 3 dan 4
dipertukarkan? Jelaskan mengapa demikian!
(4) Tidak semua kalimat berikut ini berisi
ciri-ciri komodo. Bubuhkan tanda centang (√) pada kalimat-kalimat yang sesuai
dan tanda silang (X) pada kalimat-kalimat yang tidak sesuai!
Jawaban
|
Ciri-Ciri Komodo
|
1. ... ...
|
Komodo
adalah binatang melata terbesar dan terberat di dunia.
|
2. ... ...
|
Panjang
komodo secara rata-rata adalah sekitar 2,5 meter dengan berat 91 kg.
|
3. ... ...
|
Komodo
mempunyai kulit bersisik yang berwarna gelap.
|
4. ... ...
|
Komodo
mempunyai kepala yang lancip dan ekor yang panjang.
|
5. ... ...
|
Komodo
mempunyai indra penciuman yang tajam.
|
6. ... ...
|
Komodo
dapat bertindak sebagai pemakan sesama.
|
7. ... ...
|
Gusi
komodo menutup hampir semua bagian giginya.
|
8.
... ...
|
Komodo
mempunyai air liur yang tidak berbahaya.
|
9. ... ...
|
Komodo
hampir punah yang, antara lain, disebabkan oleh kematian sebagai akibat dari
perkelahian.
|
10. ... ...
|
Perburuan
terhadap komodo dapat mempercepat kepunahan komodo.
|
(5) Ceritakan kembali teks laporan tersebut, baik
secara tulis maupun lisan. Mula-mula, buatlah ringkasan dari teks itu secara
tulis. Kemudian, berdasarkan ringkasan itu, ungkapkan teks itu secara lisan di
hadapan teman-teman kalian. Akan tetapi,
pada waktu kalian menyampaikan ringkasan itu, kalian tidak boleh membacanya.
Berilah kesempatan kepada teman-teman kalian
untuk melakukan hal yang sama. Lalu, sekarang giliran kalian untuk bertindak
sebagai pendengar!
0 comments:
Post a Comment