No.
|
Aspek yang dinilai
|
Deskriktor Penilaian
|
||
Level 1
|
Level 2
|
Level 3
|
||
1
|
Ide/isi puisi
|
Ide/gagasan orisinal/tidak mencontoh belum
menggambarkan sesuatu yang utuh
|
Ide/gagasan menggambarkan sesuatu yang utuh, namun
keorisinalnya(tidak mencontoh )masih meragukan
|
Ide/gagasan orisinal/tidak mencontoh dan sudahmenggambarkan sesuatu yang
utuh
|
2
|
Pilihan kata
|
Sudah mampu menggunakan pilihan kata yang tepa dalam
kalimat-kalimatnya dengan kesalahan di atas lima kata
|
Sudah mampu menggunakan pilihan kata yang tepa dalam
kalimat-kalimatnya dengan kesalahan di atas di bawah lima katakata
|
Sudah mampu menggunakan pilihan kata yang tepa dalam
kalimat-kalimatnya dengan tanpa kesalahan
|
3
|
Judul
|
judul kurang menggabarkan isi seluruh isi karangan , namun tidak menarik
|
judul menggabarkan isi karangan, dan menarik, namun
tidak merangsang minat baca
|
judul
menggabarkan isi karangan, dan menarik, serta mudah dipahami,
penulisan sesuai dengan EYD
|
4
|
Struktur
|
Siswa mampu menulis karangan dengan struktur yang
kurang lengkap namun tidak sistematis
|
Siswa mampu menulis karangan dengan struktur
yang lengkap namun tidak sistematis
|
Siswa mampu menulis karangan dengan struktur
yang lengkap namun tidak sistematis
|
5
|
EYD
|
Siswa mampu menulis karangan dengankesalahan ejaan di
atas 15 kesalahan
|
Siswa mampu menulis karangan dengan kesalahan ejaan dengan maksimal 14 kesalahan
|
Siswa mampu menulis karangan dengan tanpa kesalahan
ejaan
|
Level 1=
|
rentang nilai 1.0 s.d 1,5
|
Level 1=
|
rentang nilai1.6 s.d. 2.0
|
Level 3=
|
rentang nilai 2.1
s.d. 4.0
|
LEVEL
|
JUMLAH NILAI
|
RATA-RATA NILAI
|
1
|
||
2
|
||
3
|
Keterangan:
Rubrik Penilaian komunikasi Tulis tersebut dapat di ubah kreterianya sesuai dengan
kesepakatan dengan siswa dengan memperhatikan kemampuan dasar harus dimiliki siswa