Monday, August 5, 2013

INSTRUMEN PENGUKUR KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI EFEKTIF

KETERAMPILAN  BERKOMUNIKASI  EFEKTIF
Nama
:

  Kelas dan NIS
:

Tanggal
:


Petunjuk
Siswa diminta untuk menunjukkan keterampilan berkomunikasi efektif melalui kegiatan membaca, menulis, menyimak, dan berbicara dalam eksplorasi jenis teks yang ditugaskan dalam buku ajar, pengorganisasian komunikasi, dan presentasi lisan.

Kriteria
4
(Amat Baik)
3
(Baik)
2
(Cukup)
1
(Kurang)
0
(Amat Kurang)

Skor

Eksplorasi/penelitian
1)  Penguasaan opik
2)  Penggunaan berbagai referensi (buku, majalah, laman, video,
dokumen, koran,dll.)
3)  Penggunaan refer-ensi primer dan/atau sekunder
Siswa enunjukkan penguasaan topik dengan amat baik terkait proses penelitian dan menggunakan setidaknya 4
referensi dengan
sedikit bantuan
guru.
Siswa menunjukkan pen-guasaan topik dengan baik terkait proses penelitian dan enggunakan setidaknya
2—3 referensi dengan sedikit bantuan guru.
Siswa enunjukkan penguasaan topik dengan cukup baik terkait proses penelitian dan menggunakan
setidaknya 1
referensi dengan 
banyak bantuan
guru.
Siswa tidak
menunjukkan
penguasaan
dasar untuk
proses penelitian; ada sedikit upaya
untuk belajar.

Siswa tidak
memahami
dan menerapkan metode penelitian.
Pengorganisasian komunikasi


1)  Formulasi pertanyaan,
hipotesis, atau tesis
2)  Evaluasi dan seleksi informasi/
pengetahuan
.
Siswa menunjuk-
kan keterampilan
pengorganisasian
dan persiapan
dengan sedikit
bantuan guru
Siswa
menunjukkan
keterampilan
pengorganisasian dan persiapan dengan
memformulasi
pertanyaan.

Siswa menunjuk-
kan pengetahuan
dasar pengor-
ganisasian dan persiapan dengan
memformulasi
pertanyaan.
Siswa tidak
menunjukkan
pengetahuan
dasar pengorganisasian
dan persiapan
dengan
memformulasi
pertanyaan.
Siswa tidak
memahami
dan/atau
menerapkan
keterampilan
pengorganisasian;
tidak tampak
upaya belajar.


Presentasi lisan
1)  engorganisasian presentasi (pengantar,
penjelasan, simpulan)
2)  Penggunaan bahasa dan kosakata terkait
topik
3)  Penggunaan kontak mata
4)  Penggunaan bahasa tubuh yang sesuai
5)  Penggunaan beragam nada bicara
Siswa mampu
melakukan pre-
sentasi lisan den-
gan memenuhi 4
kriteria.

Siswa mampu
melakukan
presentasi
lisan dengan
menggunakan 3
kriteria.

Siswa mampu  melakukan presen-tasi lisan dengan mengguna kan  kriteria.

Siswa menunjukkan presentasi lisan dengan mengguna kan 1 kriteria.
Siswa tidak mampu  memenuhi kriteria dalam presentasi lisan.


Jumlah skor






0 comments:

LINKS FROM ME (2)

GESKRIPSI


BLOG INI DIBANGUN OLEH GURU YANG INGIN MEMPERCEPAT ALUR INFORMASI DALAM IMPLEMENTYASI KURIKULUM 2013 KARENA ITU MOHON DO'A RESTU DAN MOTIVASI
Powered by Blogger.