Nama
|
:
|
|
Kelas dan NIS
|
:
|
|
Tanggal
|
:
|
|
Judul Tugas
|
:
|
Kriteria
|
4
|
3
|
2
|
1
|
0
|
Skor
|
Keterampilan
pemahaman
1) Membaca
informasi
dan/atau menyimak
presentasi kelas
2) Meringkas
dan/atau
membuat sintesis
gagasan utama dan informasi dan/atau mendukung argumen
3) Membedakan
informasi relevan atau tidak relevan
4) Menilai tujuan
dan/
atau sudut pandang
5) Menilai
validitas dan
kejelasan informasi
6) Membuat
inferensi
dan perbandingan
yang akurat dalam membuat kesimpulan
|
Siswa
menunjukkan
keterampilan
pemahaman
secara lengkap
dengan
menggunakan
6 kriteria
dengan sedikit
bantuan dari
guru
|
Siswa
menunjukkan
keterampilan
pemahaman
dengan
menggunakan
4—5 kriteria
dengan sedikit
bantuan dari
guru
|
Siswa
menunjukkan
keterampilan
pemahaman
dengan
menggunakan 3
kriteria dengan
banyak bantuan
dari guru
|
Siswa
menunjukkan
keterampilan
pemahaman
secara minimal
dengan
menggunakan
1—2 kriteria
dengan banyak
bantuan dari
guru
|
Siswa tidak
menunjukkan
keterampilan
pemahaman
|
|
Keterampilan pengelolaan
1)
Mengorganisasikan
informasi/gagasan
2) Menunjukkan
pemahaman secara jelas
3) Memilih format
yang sesuai untuk
menyampaikan tanggapan/solusi/
penerapan
|
Siswa
menunjukkan
keterampilan
pengelolaan
yang amat
bagus dengan
menerapkan
3 kriteria dan
sedikit bantuan
dari guru.
|
Siswa
menunjukkan
keterampilan
pengelolaan
yang memadai
dengan
menerapkan
2 kriteria dan
sedikit bantuan
dari guru.
|
Siswa mengalami
kesulitan dalam
keterampilan
pengelolaan
dengan enerap-
kan 1 kriteria serta
banyak bantuan guru.
|
Siswa mengalami
kesulitan dalam
pengelolaan dan
tidak memenuhi
kriteria yang
ditetapkan.
|
Siswa tidak
menunjukkan
keterampilan
pengelolaan.
|
|
Pembuatan simpulan
1) Menyertakan
perincian untuk
mendukung bukti
penjelasan dari
sudut pandang yang
diajukan
2) Menunjukkan
persamaan dan
perbedaaan
3) Memberikan
simpulan yang jelas
dan bermakna
|
Siswa mampu
membuat
simpulan
yang amat
baik dengan
menerapkan 3
kriteria dengan
sedikit bantuan
dari guru.
|
Siswa mampu
membuat
simpulan
dengan
menerapkan 3
kriteria dengan
sedikit bantuan
dari guru.
|
Siswa mampu
membuat
simpulan yang
memadai dengan
menerap- kan 1
kriteria dengan
banyak bantuan
dari guru.
|
Siswa mengalami
kesulitan dalam
membuat
simpulan, tetapi
menunjukkan
pemahaman
tanpa bantuan
guru.
|
Siswa tidak
mampu
membuat
simpulan.
|
|
Penerapan
1)
Mengidentifikasi dan mengevaluasi informasi dari berbagai
referensi (buku, majalah, dokumen,
koran, laman, pembelajaran kelas)
2)
Menggeneralisasikan
hubungan kondisi yang ada dengan dunia nyata
|
Siswa mampu
mengaitkan
2 kriteria dengan
amat baik dalam
mengutip 4
atau lebih
referensi dengan
sedikit bantuan guru.
|
Siswa mampu
mengaitkan 2
kriteria dengan
memadai dalam
mengutip
2—3 referensi
dengan sedikit
bantuan guru.
|
Siswa mampu
memenuhi 1
kriteria dalam 1
referensi dengan
banyak bantuan
guru.
|
Siswa mengalami
kesulitan dalam
membuat
kutipan referensi.
|
Siswa tidak
mampu
membuat
kutipan.
|
|
Jumlah skor
|
0 comments:
Post a Comment