Nama |
: |
|
Kelas dan NIS |
: |
|
Tanggal |
: |
PetunjukSiswa diminta untuk menunjukkan keterampilan berkomunikasi efektif melalui kegiatan membaca, menulis, menyimak, dan berbicara dalam eksplorasi jenis teks yang ditugaskan dalam buku ajar, pengorganisasian komunikasi, dan presentasi lisan.
Kriteria
|
4
(Amat Baik)
|
3
(Baik)
|
2
(Cukup)
|
1
(Kurang)
|
0
(Amat Kurang)
|
Skor
|
Eksplorasi/penelitian
1) Penguasaan opik
2) Penggunaan berbagai referensi (buku,
majalah, laman, video,
dokumen, koran,dll.)
3) Penggunaan refer-ensi primer dan/atau
sekunder
|
Siswa enunjukkan
penguasaan topik dengan amat baik terkait proses penelitian dan menggunakan
setidaknya 4
referensi dengan
sedikit bantuan
guru.
|
Siswa menunjukkan
pen-guasaan topik dengan baik terkait proses penelitian dan enggunakan
setidaknya
2—3 referensi dengan
sedikit bantuan guru.
|
Siswa enunjukkan
penguasaan topik dengan cukup baik terkait proses penelitian dan menggunakan
setidaknya 1
referensi
dengan
banyak bantuan
guru.
|
Siswa tidak
menunjukkan
penguasaan
dasar untuk
proses penelitian;
ada sedikit upaya
untuk belajar.
|
Siswa tidak
memahami
dan menerapkan
metode penelitian.
Pengorganisasian
komunikasi
|
|
1) Formulasi pertanyaan,
hipotesis, atau
tesis
2) Evaluasi dan seleksi informasi/pengetahuan
.
|
Siswa menunjuk-
kan keterampilan
pengorganisasian
dan persiapan
dengan sedikit
bantuan guru
|
Siswa
menunjukkan
keterampilan
pengorganisasian dan persiapan
dengan
memformulasi
pertanyaan.
|
Siswa menunjuk-
kan pengetahuan
dasar pengor-
ganisasian dan
persiapan dengan
memformulasi
pertanyaan.
|
Siswa tidak
menunjukkan
pengetahuan
dasar
pengorganisasian
dan persiapan
dengan
memformulasi
pertanyaan.
|
Siswa tidak
memahami
dan/atau
menerapkan
keterampilan
pengorganisasian;
tidak tampak
upaya belajar.
|
|
Presentasi lisan
1) engorganisasian presentasi pengantar,
penjelasan,
simpulan)
2) Penggunaan bahasa dan kosakata terkait
topik
3) Penggunaan kontak mata
4) Penggunaan bahasa tubuh yang sesuai
5) Penggunaan beragam nada bicara
|
Siswa mampu
melakukan pre-
sentasi lisan den-
gan memenuhi 4
kriteria.
|
Siswa mampu
melakukan
presentasi
lisan dengan
menggunakan 3
kriteria.
|
Siswa mampu melakukan presen-tasi lisan dengan mengguna
kan kriteria.
|
Siswa menunjukkan
presentasi lisan dengan mengguna kan 1 kriteria.
|
Siswa tidak
mampu memenuhi kriteria dalam
presentasi lisan.
|
|
Jumlah skor
|
0 comments:
Post a Comment