Nama
|
:
|
|
Kelas dan NIS
|
:
|
|
Tanggal
|
:
|
|
Judul Tugas
|
:
|
Kriteria
|
4
|
3
|
2
|
1
|
0
|
Skor
|
Keterampilan
pemahaman
1)
Membaca informasi
dan/atau menyimak
presentasi kelas
2)
Meringkas dan/atau
membuat sintesis
gagasan utama dan informasi dan/atau mendukung
argumen
3)
Membedakan
informasi relevan atau tidak relevan
4)
Menilai tujuan dan/
atau sudut pandang
5)
Menilai validitas dan
kejelasan informasi
6)
Membuat inferensi
dan perbandingan
yang akurat dalam membuat kesimpulan
|
Siswa
menunjukkan
keterampilan
pemahaman
secara lengkap
dengan
menggunakan
6 kriteria
dengan sedikit
bantuan dari
guru
|
Siswa
menunjukkan
keterampilan
pemahaman
dengan
menggunakan
4—5 kriteria
dengan sedikit
bantuan dari
guru
|
Siswa
menunjukkan
keterampilan
pemahaman
dengan
menggunakan 3 kriteria dengan
banyak bantuan
dari guru
|
Siswa
menunjukkan
keterampilan
pemahaman
secara minimal
dengan
menggunakan 1—2 kriteria
dengan banyak
bantuan dari
guru
|
Siswa tidak
menunjukkan
keterampilan
pemahaman
|
|
Keterampilan engelolaan
1)
Mengorganisasikan
informasi/gagasan
2)
Menunjukkan
pemahaman secara jelas
3)
Memilih format
yang sesuai untuk
menyampaikan tanggapan/solusi/
penerapan
|
Siswa menunjukkan
keterampilan
pengelolaan
yang amat
bagus dengan
menerapkan
3 kriteria dan
sedikit bantuan
dari guru.
|
Siswa
menunjukkan
keterampilan
pengelolaan
yang memadai
dengan
menerapkan
2 kriteria dan
sedikit bantuan
dari guru.
|
Siswa mengalami
kesulitan dalam
keterampilan
pengelolaan
dengan enerap-
kan 1 kriteria serta
banyak bantuan guru.
|
Siswa mengalami
kesulitan dalam
pengelolaan dan
tidak memenuhi
kriteria yang
ditetapkan
|
Siswa tidak
menunjukkan
keterampilan
pengelolaan.
|
|
Pembuatan simpulan
1)
Menyertakan
perincian untuk
mendukung bukti
penjelasan dari
sudut pandang yang
diajukan
2)
Menunjukkan
persamaan dan
perbedaaan
3) Memberikan
simpulan yang jelas
dan bermakna
|
Siswa mampu
membuat
simpulan
yang amat
baik dengan
menerapkan 3
kriteria dengan
sedikit bantuan
dari guru.
|
Siswa mampu
membuat
simpulan
dengan
menerapkan 3
kriteria dengan
sedikit bantuan
dari guru.
|
Siswa mampu
membuat
simpulan yang
memadai dengan
menerapkan 1
kriteria dengan
banyak bantuan
dari guru.
|
Siswa mengalami
kesulitan dalam
membuat
simpulan, tetapi
menunjukkan
pemahaman
tanpa bantuan
guru.
|
Siswa tidak
mampu
membuat
simpulan.
|
|
Penerapan
1)
Mengidentifikasi dan mengevaluasi informasi dari berbagai
referensi (buku, majalah, okumen,
koran, laman, pembelajaran kelas)
2)
Menggeneralisasikan
hubungan kondisi yang ada dengan dunia nyata
|
Siswa mampu
mengaitkan
2 kriteria dengan
amat baik dalam
mengutip 4
atau lebih
referensi dengan
sedikit bantuan guru.
|
Siswa mampu
mengaitkan 2
kriteria dengan
memadai dalam
mengutip
2—3 referensi
dengan sedikit
bantuan guru.
|
Siswa mampu
memenuhi 1
kriteria dalam 1
referensi dengan
banyak bantuan
guru.
|
Siswa mengalami
kesulitan dalam
membuat
kutipan referensi.
|
Siswa tidak
mampu
membuat
kutipan.
|
|
JUMLAH SKOR
|
0 comments:
Post a Comment