MATA PELAJARAN
|
ALOKASI
WAKTU PER MINGGU
|
|||
X
|
XI
|
XII
|
||
Kelompok
A (Wajib)
|
|
|||
1.
|
Pendidikan
Agama dan Budi Pekerti
|
3
|
3
|
3
|
2.
|
Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan
|
2
|
2
|
2
|
3.
|
Bahasa
Indonesia
|
4
|
4
|
4
|
4.
|
Matematika
|
4
|
4
|
4
|
5.
|
Sejarah
Indonesia
|
2
|
2
|
2
|
6.
|
Bahasa
Inggris
|
2
|
2
|
2
|
Kelompok
B (Wajib)
|
|
|||
7.
|
Seni
Budaya
|
2
|
2
|
2
|
8.
|
Pendidikan
Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan
|
3
|
3
|
3
|
9.
|
Prakarya
dan Kewirausahaan
|
2
|
2
|
2
|
Jumlah
Jam Pelajaran Kelompok A dan B per minggu
|
24
|
24
|
24
|
|
Kelompok
C (Peminatan)
|
|
|||
Mata
Pelajaran Peminatan Akademik (SMA/MA)
|
18
|
20
|
20
|
|
Mata
Pelajaran Peminatan Akademik dan Vokasi (SMK/MAK)
|
24
|
24
|
24
|
|
JUMLAH
JAM PELAJARAN YANG HARUS DITEMPUH PERMINGGU (SMA/MA)
|
42
|
44
|
44
|
|
JUMLAH
JAM PELAJARAN YANG HARUS DITEMPUH PERMINGGU (SMK/MAK)
|
48
|
48
|
48
|
Tuesday, October 15, 2013
BAB II STRUKTUR KURIKULUM
Published :
3:00 PM
Author :
NURIL ANWAR
BAB II
STRUKTUR KURIKULUM
Struktur kurikulum terdiri atas sejumlah mata pelajaran, beban belajar,
dan kalender pendidikan. Mata pelajaran terdiri atas: - Mata pelajaran wajib
diikuti oleh seluruh peserta didik di satu satuan pendidikan pada setiap satuan
atau jenjang pendidikan - Mata pelajaran pilihan yang diikuti oleh peserta
didik sesuai dengan pilihan
mereka.
Kedua kelompok mata pelajaran tersebut (wajib dan pilihan) terutama
dikembangkan dalam struktur kurikulum pendidikan menengah (SMA dan SMK)
sementara itu mengingat usia dan perkembangan psikologis peserta didik usia 7 –
15 tahun maka mata pelajaran pilihan belum diberikan untuk peserta didik SD dan
SMP.
1. Struktur Kurikulum SD
Beban belajar dinyatakan dalam jam belajar setiap minggu untuk masa
belajar selama satu semester. Beban belajar di SD Tahun I, II, dan III masing-masing 30, 32, 34 sedangkan
untuk Tahun IV, V, dan VI masing-masing 36 jam setiap minggu. Jam belajar SD
adalah 40 menit.
Struktur Kurikulum SD adalah sebagai berikut:
Pembelajaran Tematik
Terintegrasi
Kelompok A adalah mata pelajaran
yang memberikan orientasi kompetensi lebih kepada aspek intelektual dan afektif
sedangkan kelompok B adalah mata pelajaran yang lebih menekankan pada aspek
afektif dan psikomotor.
Integrasi konten IPA dan IPS adalah berdasarkan makna mata pelajaran
sebagai organisasi konten dan bukan sebagai sumber dari konten. Konten IPA dan
IPS diintegrasikan ke dalam mata pelajaran PPKn, Bahasa Indonesia dan
Matematika yang harus ada berdasarkan ketentuan perundang-undangan.
Pembelajaran tematik merupakan pendekatan pembelajaran yang
mengintegrasikan berbagai kompetensi dari berbagai mata pelajaran.
Pengintegrasian tersebut dilakukan dalam 2 (dua) hal, yaitu integrasi sikap,
kemampuan/keterampilan dan pengetahuan dalam
proses pembelajaran serta pengintegrasian berbagai konsep dasar yang
berkaitan. Tema memberikan makna kepada
konsep dasar tersebut sehingga peserta didik tidak mempelajari konsep dasar
tanpa terkait dengan kehidupan nyata. Dengan demikian, pembelajaran memberikan
makna nyata kepada peserta didik. Tema yang dipilih berkenaan dengan alam
dan kehidupan manusia. Keduanya adalah pemberi
makna yang substansial terhadap bahasa, PPKn, matematika dan seni budaya karena
keduanya adalah lingkungan nyata dimana peserta didik dan masyarakat hidup.
Disinilah kemampuan dasar/KD
dari IPA dan IPS yang
diorganisasikan ke mata pelajaran lain yang memiliki peran penting sebagai
pengikat dan pengembang KD mata pelajaran lainnya.
Berdasarkan sudut pandang psikologis, tingkat perkembangan peserta
didik tidak cukup abstrak untuk memahami konten mata pelajaran secara
terpisah-pisah. Pandangan psikologi perkembangan dan Gestalt memberi dasar yang
kuat untuk integrasi KD yang diorganisasikan dalam pembelajaran tematik. Dari
sudut pandang transdisciplinarity maka
pengotakan konten kurikulum secara terpisah ketat tidak memberikan keuntungan bagi
kemampuan berpikir selanjutnya.
2. Struktur Kurikulum SMP
Beban belajar di SMP untuk Tahun VII, VIII, dan IX masing-masing 38 jam
per
minggu. Jam belajar SMP adalah 40 menit.
Struktur Kurikulum SMP adalah sebagai berikut:
MATA PELAJARAN ALOKASI WAKTU
BELAJAR PER MINGGU
VII VIII IX
Kelompok A
1. Pendidikan Agama 3
3 3
2. Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan 3 3 3
3. Bahasa Indonesia 6
6 6
4. Matematika 5
5 5
5. Ilmu Pengetahuan Alam 5
5 5
6. Ilmu Pengetahuan Sosial 4
4 4
7. Bahasa Inggris 4
4 4
Kelompok B
1. Seni Budaya (termasuk muatan
lokal) 3
3 3
2. Pendidikan Jasmani, Olah
Raga, dan Kesehatan
(termasuk muatan lokal)
3 3 3
3. Prakarya
(termasuk muatan lokal)
2 2 2
Jumlah Alokasi Waktu Per Minggu
38 38 38
Kelompok A adalah mata pelajaran yang memberikan orientasi kompetensi
lebih kepada aspek intelektual dan afektif sedangkan kelompok B adalah mata
pelajaran yang lebih menekankan pada aspek afektif dan psikomotor.
3. Struktur Kurikulum SMA
Untuk menerapkan konsep kesamaan antara SMA dan SMK maka dikembangkan kurikulum
Pendidikan Menengah yang terdiri atas Kelompok mata pelajaran Wajib dan Mata
pelajaran Pilihan. Mata pelajaran wajib sebanyak 9 (Sembilan) mata pelajaran dengan beban
belajar 18 jam per minggu. Konten kurikulum (Kompetensi Inti/KI dan KD) dan
kemasan konten serta label konten (mata pelajaran) untuk mata pelajaran wajib
bagi SMA dan SMK adalah sama. Struktur ini menempatkan prinsip bahwa
peserta didik adalah subjek dalam
belajar dan mereka memiliki hak untuk memilih sesuai dengan minatnya.
Mata pelajaran pilihan terdiri atas pilihan akademik (SMA) serta
pilihan akademik dan vokasional (SMK). Mata pelajaran pilihan ini memberikan
corak kepada fungsi satuan pendidikan dan di dalamnya terdapat pilihan sesuai
dengan minat peserta didik. Beban belajar di SMA untuk Tahun X, XI, dan XII
masing-masing 43 jam belajar per minggu. Satu jam belajar adalah 45 menit. Struktur
Kurikulum Pendidikan Menengah kelompok mata pelajaran wajib sebagai berikut.
MATA PELAJARAN
ALOKASI WAKTU BELAJAR
PER MINGGU
X XI XII
Kelompok Wajib
1. Pendidikan Agama 3 3 3
2. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 2
2 2
3. Bahasa Indonesia 4 4 4
4. Matematika 4 4 4
5. Sejarah Indonesia 2 2 2
6. Bahasa Inggris 2 2 2
7. Seni Budaya 2 2 2
8. Prakarya 2 2 2
9. Pendidikan Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan 2
2 2
Jumlah Jam Pelajaran
Kelompok Wajib per minggu 23
23 23
Kelompok Peminatan
Mata Pelajaran Peminatan Akademik (SMA)
20 20 20
Mata Pelajaran Peminatan Akademik dan Vokasi (SMK) 28
28 28
Kompetensi Dasar mata pelajaran
wajib memberikan kemampuan dasar yang sama bagi tamatan Pendidikan Menengah
antara mereka yang belajar di SMA dan SMK. Bagi mereka yang memilih SMA
tersedia pilihan kelompok peminatan (sebagai ganti jurusan) dan pilihan antar
kelompok peminatan dan bebas. Nama Kelompok Peminatan digunakan karena memiliki
keterbukaan untuk belajar di luar kelompok tersebut
sedangkan nama jurusan memiliki konotasi terbatas pada apa yang
tersedia pada jurusan tersebut dan tidak boleh mengambil mata pelajaran di luar
jurusan. Struktur Kelompok Peminatan Akademik (SMA) memberikan keleluasaan bagi
peserta didik sebagai subjek tetapi juga berdasarkan pandangan bahwa semua
disiplin ilmu
adalah sama dalam kedudukannya. Nama kelompok minat diubah dari IPA,
IPS dan Bahasa menjadi Matematika dan Sains, Sosial, dan Bahasa. Nama-nama ini
tidak diartikan sebagai nama kelompok disiplin ilmu karena adanya berbagai
pertentangan fisolosfis pengelompokan disiplin ilmu. Berdasarkan filosofi
rekonstruksi sosial maka nama organisasi kurikulum tidak terikat pada nama
disiplin ilmu. Terlampir di bawah adalah mata pelajaran peminatan dan mata
pelajaran pilihan (pendalaman minat dan lintas minat).
MATA PELAJARAN Kelas X XI XII
Kelompok Wajib 23 23 23
Peminatan Matematika dan Sains
I 1 Matematika
3 4 4
2 Biologi 3
4 4
3 Fisika 3
4 4
4 Kimia 3
4 4
Peminatan Sosial
II 1 Geografi
3 4 4
2 Sejarah 3
4 4
3 Sosiologi dan Antropologi 3
4 4
4 Ekonomi 3
4 4
Peminatan Bahasa
III 1 Bahasa dan Sastra Indonesia 3
4 4
2 Bahasa dan Sastra Inggris 3
4 4
3 Bahasa dan Sastra Asing
lainnya 3 4 4
4 Sosiologi dan Antropologi 3
4 4
Mata Pelajaran Pilihan
Pilihan Pendalaman Minat atau
Lintas Minat 6 4 4
Jumlah Jam Pelajaran Yang Tersedia
73 75 75
Jumlah Jam Pelajaran Yang harus Ditempuh 41
43 43
{liha di: http://www.mediafire.com/#myfiles}
LNKS FROM ME
LINKS FROM ME (2)
GESKRIPSI
Powered by Blogger.
LOKAL TIME
Labels
Labels
- BAHAN AJAR (25)
- DOKUMEN KURIKULUM 2013 (9)
- INSTRUMEN PENILAIAN (34)
- K 2013 UPDATE 2016 (3)
- KURIKULU2013 (46)
- MEDIA (6)
- PEDAGOGI (2)
- PERANGKAT PEMBELAJARAN (3)
- permendikbud2013 (2)
- POETRY READING (1)
- REFERENCE (20)
- STANDAR PENILAIAN (5)
Archive
Popular Posts
- TEKS I(Kegiatan 1 Pemodelan Teks Laporan Hasil Observasi)
- CONTOH RPP KELAS X BAHASA INDONESIA YANG BERBASIS TEKS
- PEDOMAN KEGIATAN PENDAMPINGAN IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013
- TEKS III (Kegiatan 2 Kerja Sama Membangun Teks Eksposisi)
- Gemar Meneroka Alam Semesta
- TEKS II(Kegiatan 1 Pemodelan Teks Prosedur Kompleks)
- TEKS I (Kegiatan 2 Kerja Sama Membangun Teks Laporan Hasil Observasi )
- TEKS II (Kegiatan 3 Kerja Mandiri Membangun Teks Prosedur Kompleks)
- TEKS VI (Kegiatan 3 Kerja Mandiri Membangun Berbagai Jenis Teks Dalam Satu Tema)