PROFIL PENILAIAN
KEGIATAN SISWA
DALAM PELAJARAN TEKS
LAPORAN HASIL OBSERVASI
Nama
|
:
|
|
Judul
|
:
|
|
Tanggal
|
:
|
Skor
|
Kriteria
|
Komentar ISI
|
|
ISI
|
27—30
|
Sangat baik—empurna:
|
menguasai topik
tulisan; substantif; pengembangan pernyataan umum atau
klasifikasi^anggota/aspek yang dilaporkan secara lengkap; relevan dengan
topik yang dibahas
|
22—26
|
Cukup—baik:
|
cukup menguasai permasalahan;
cukup memadai; pengembangan tesis terbatas; relevan dengan topik, tetapi
kurang terperinci
|
|
17—21
|
Sedang—cukup:
|
penguasaan
permasalahan terbatas; substansi kurang;
pengembangan topik tidak memadai
|
|
13—16
|
Sangat kurang—kurang:
|
tidak menguasai permasalahan;
tidak ada substansi; tidak relevan; tidak layak dinilai
|
|
STRUKTUR TEKS
|
18—20
|
Sangat
baik—sempurna:
|
ekspresi lancar;
gagasan terungkap padat dengan jelas; tertata dengan baik; urutan logis
(pernyataan umum atau klasifikasi^anggota/aspek yang dilaporkan); kohesif
|
14—17
|
Cukup—baik: kurang
|
lancar; kurang terorganisasi,
tetapi ide utama ternyatakan; pendukung terbatas; logis, tetapi tidak lengkap
|
|
10—13
|
Sedang—cukup:
|
tidak lancar;
gagasan kacau atau tidak terkait; urutan dan pengembangan kurang logis
|
|
7—9
|
Sangat kurang—kurang:
|
tidak komunikatif; tidak
terorganisasi; tidak layak dinilai
|
|
KOSAKATA
|
18—20
|
Sangat
baik—sempurna:
|
penguasaan kata
canggih; pilihan kata dan ungkapan efektif; menguasai pembentukan kata;
penggunaan register tepat
|
14—17
|
Cukup—baik:
|
penguasaan kata memadai; pilihan,
bentuk, dan penggunaan kata/ungkapan kadang-kadang salah, tetapi tidak
mengganggu
|
|
10—13
|
Sedang—cukup:
|
penguasaan kata
terbatas; sering terjadi kesalahan bentuk, pilihan, dan penggunaan kosakata/ungkapan;
makna membingungkan atau tidak jelas
|
|
7—9
|
Sangat kurang—kurang:
|
pengetahuan tentang kosakata,
ungkapan, dan pembentukan kata rendah; tidak layak nilai
|
|
KALIMAT
|
18—20
|
Sangat
baik—sempurna:
|
konstruksi kompleks
dan efektif; terdapat hanya sedikit kesalahan penggunaan bahasa
(urutan/fungsi kata, artikel, pronomina, preposisi)
|
14—17
|
Cukup—baik:
|
konstruksi sederhana, tetapi
efektif; terdapat kesalahan kecil pada konstruksi kompleks; terjadi sejumlah
kesalahan penggunaan bahasa
(fungsi/urutan kata, artikel, pronomina, preposisi), tetapi makna cukup jelas 10—13
| |
Sedang—cukup:
|
terjadi kesalahan
serius dalam konstruksi kalimat tunggal/kompleks (sering terjadi kesalahan
pada kalimat negasi, urutan/fungsi kata, artikel, pronomina, kalimat fragmen,
pelesapan; makna membingungkan atau kabur
|
||
7—9
|
Sangat kurang—kurang:
|
tidak menguasai tata kalimat;
terdapat banyak kesalahan; tidak komunikatif; tidak layak dinilai
|
|
MEKANIK
|
9—10
|
Sangat
baik—sempurna:
|
menguasai aturan
penulisan; terdapat sedikit kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf
kapital, dan penataan paragraf
|
7—8
|
Cukup—baik:
|
kadang-kadang terjadi kesalahan
ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf, tetapi
tidak mengaburkan makna
|
|
4—6
|
Sedang—cukup:
|
sering terjadi
kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf;
tulisan tangan tidak jelas; makna membingungkan atau kabur
|
|
1—3
|
Sangat kurang—kurang: tidak
menguasai aturan penulisan; terdapat banyak kesalahan ejaan, tanda baca,
penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf; tulisan tidak terbaca; tidak
layak dinilai
|
KOMENTAR:
|
|
... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... .. ... ...
|
|
... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... .. ... ...
|
|
... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... .. ... ...
|
|
... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... .. ... ...
|
|
... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... .. ... ...
|
|
... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... .. ... ...
|
|
... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... .. ... ...
|
|
... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... .. ... ...
|
|
JUMLAH:
|
|
PENILAI:
|
0 comments:
Post a Comment