Friday, August 9, 2013

Penilaian Kemajuan Belajar Siswa Dilakukan Dengan Menggunakan Portofolio.

Portofolio dilakukan berdasarkan fungsi pedagogis 
dan pelaporan.
1)  Fungsi pedagogis portofolio (sebagai metode) adalah untuk
a.  mempromosikan pentingnya keterampilan dalam pembelajaran seumur hidup;
b.  membangkitkan kepedulian meta-linguistik dan metakognitif;
c.  memperbaiki keterampilan penilaian-diri (self-asessment) terkait kebahasaan;
d.  memotivasi siswa bertanggung jawab terhadap pembelajaran, kemampuan mengatur, merefleksikan, dan mengevaluasi tujuan pembelajarannya (learner autonomy); dan
e.  memberikan pernyataan penilaian-diri sebagai alat persiapan silabus.

2)  Fungsi pelaporan portofolio (sebagai bukti karya nyata dan alat penilaian) adalah untuk
a.  membuktikan penguasaan bahasa;
b.  membuktikan pembelajaran yang sudah atau sedang berlangsung;
c.  menunjukkan rekaman antarbudaya dan pengalaman belajar bahasa;
d.  menunjukkan hubungan eksplisit antara tujuan kurikulum dan keterampilan komunikatif dengan standar penguasaan eksternal yang dinyatakan dalam skema UKBI (Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia) atau skema standar lain, seperti Common European Framework of Reference (CEFR) dan Programme for International Student Assessment (PISA).


0 comments:

LINKS FROM ME (2)

GESKRIPSI


BLOG INI DIBANGUN OLEH GURU YANG INGIN MEMPERCEPAT ALUR INFORMASI DALAM IMPLEMENTYASI KURIKULUM 2013 KARENA ITU MOHON DO'A RESTU DAN MOTIVASI
Powered by Blogger.