Tuesday, August 6, 2013

KATA – KATA MOTIVASI LUAR BIASA (for teacher who want to be educator, motivator, and fasilitator in learning



1)            Menggenggam Dunia
Dunia itu sangat kejam, selalu dipenuhi oleh lautan manusia yang buas, saling menguasai dan saling memangsa satu sama lain.
Jika kita lunak terhadap dunia maka ia akan keras terhadap kita, sebaliknya jika kita keras terhadapnya maka duniapun tunduk dengan kita.
Untuk itu jangan biarkan dunia mempermainkan kita dan bila kita ingin meletakan dunia dalam tangan kita maka kita harus terus menggalipotensi diri dan tidak menjadi pribadi yang lembek, berpikir kedepan dan positif serta terus belajar tanpa takut akan kesalahan dalam suatu proses menuju kesuksesan.

2)            Meningkatkan Kualitas Hidup
Banyak manusia takut mati pada usia muda. Padahal manusia itu sendiri tahu bahwa kematian itu tidak bisa dihindari dan tidak mengenal tua dan muda dan merekapun setiap saat hidup dalam ketakutan.
Sesungguhnya yang harus kita hindari adalah bahwa berapa lama kita hidup di Dunia tidaklah terlalu penting, hidup lebih penting secara kualitas daripada kuantitas, bila kita mampu berbuat sesuatu yang berguna bagi kita sendiri dan orang lain dalam setiap sudut kehidupan meskipun singkat tetaplah jadi berarti daripada hidup selamanya tanpa berbuat apa – apa.

3)            Pengubah Hidup
Didalam sebuah kehidupan tidak pernah berjalan ditempat, ia selalu bergerak dinamis dalam setiap detik, dan hanya sedetik saja kita lengah maka kita akan tertinggal. Agar kita bisa mampu mengimbangi dinamika kehidupan maka kita harus selalu memperbaharui kehidupan kita setiap saat, termasuk kita harus mengubah kehidupan kita sendiri bila itu diperlukan.
Didalam hidup tidak ada cara lain, selain harus bisa menyesuaikan pergerakan hidup dan kehidupan zaman tidak akan pernah menyesuaikan kehidupan makhluk hidup yang ada dalamnya.
Selalu memperkaya pengetahuan niscaya kita tidak akan ketinggalan dalam setiap sudut kehidupan. - kata

4)            Penginspirasi Hidup
Hidup itu butuh pedoman dan hidup pun butuh ilham. Untuk itu begitu kita telah menetukan target hidup maka kitapun harus segera menebarkan pandangan untuk mencari segala sesuatu yang dapat menjadi inspirasi dalam mencapai tujuan yang telah ditentukan.
Sang inspirator adalah motor penggerak langkah dan pengingat setiap kali kita lalai dalam setiap menjalankan hidup.

5)            Mewujudkan Impian
Setiap kesuksesan selalu diawali dengan impian, untuk itu menjadi manusia harus berani bermimpi. Dan bermimpilah setinggi – tingginya, setelah bermimpi segeralah menggerakkan kedua tangan dan kaki untuk menggapainya.
Jangan takut impian kita tidak tercapai, asal ada tekad dan kemauan maka kita sudah mendapatkan setengah dari impian kita.


6)            Menciptakan Mental Juara
Tidak ada gunanya kita menjadi yang terbaik tetapi kita tidak mampumenerimanya dengan baik.
Setiap keberhasilan yang didapat harus selalu disertai dengan kemampuan untuk menyikapi keberhasilan itu. Jangan sampai kesuksesan membuat kita menjadi manusia yang picik, sebaliknya dengan kesuksesan harus selalu membuat hati kita terjaga, tetap fitrah pada sifat dasar manusia yang sesungguhnya.
Seorang juara tidak ada yang mampu mengubah dirinya dan kesuksesan pun tidak lebih dari sesuatu yang harus terus dibagi dengan orang lain untuk terus mempertahankan keberhasilan itu sendiri.

7)            Menaklukan Ketakutan
Sesungguhnya ketakutan-ketakutan yang ada dalam diri kita adalah hasil imajinasi kita sendiri. Kita sering melebih – lebihkan sesuatu yang belum tentu sesuai dengan realita.
Dan seharusnya ketakutan itu tidak mendasar dan tidak boleh hinggap dihati kita. Hadapi sesuatu dengan arif niscaya hidup kita akan terbebas dari rasa takut.
Berpikir yang baik, berbicara yang baik dan berbuat yang terbaik akan membuat hidup akan menjadi baik.

8)            Pencetus Ide
Yang paling bernilai dari satu hasil karya bukanlah terletak pada fisik karya tersebut, tetapi terletak pada ide awalnya.
Dan ide itu terlahirpun tidak dengan begutu saja. Ada sejumlah proses yang dilalui. Mulai dari suatu khayalan atau impian untuk melahirkan sesuatu yang belum ada atau menyempurnakan satu karya yang memang sudah ada agar memiliki nilai tambah yang lebih. Selain itu ada juga sejumlah kesalahan yang mewarnai hingga ide itu  benar – benar bisa teraplikasi sesuai yang diinginkan. Jadi untuk menciptakan satu karya yang benar dan berguna merupakan hasil dari setiap perbaikan – perbaikan dari setiap kesalahan.

9)            Pembentuk Watak
Mengubah watak seseorang itu lebih sulit daripada meruntuhkan sebuah gunung yang menjulang karena watak yang terbentuk tidak jadi dalam waktu yang singkat melainkan suatu perjalanan yang panjang.
Baik watak baik maupun buruk tanpa kita sadari bisa terbentuk. Berawalk dari satu kebiasaan yang lama – lama akan mengakar pada diri seseorang dan akhirnya berubah menjadi suatu watak.
Watak baikpun harus selalu dipelihara karena kalau tidak, lama kelamaan kebiasaan buruk yang ada pada diri kita akan menggantikannya menjadi watak yang buruk

10)        Meraih Keberhasilan
Keberhasilan merupakan bonus dari satu pekerjaan yang dilakukan dengan baik untuk itu berpikirlah untuk melakukan sesuatu dengan sebaik mungkin dan jangan pernah memikirkan keberhasilan itu sendiri.
Dan keberhasilanpun tidak identik dengan kemenangan. Ada keberhasilan yang jauh lebih besar dari sekedar kemenangan yaitu mampu menerima kekalahan dengan lapang dada dan jiwa besar. Dan orang – orang yang mampu melakukannya sesungguhnya merekalah orang – orang yang besar.

11)        Menjemput Masa Depan
Banyak orang hari ini masih duduk merenungi masa lalu yang buruk, banyak orang pula hari ini terus memikirkan masa depan yang akan datang.
Mereka adalah orang – orang yang malas dan bodoh. Sesungguhnya masa depan, semua dimulai dari hari ini dan untuk meraih masa depan yang cemerlang tidak cukup hari ini hanya diisi dengan sebuah perenungan atau pikiran tetapi yang dibutuhkan hari ini adalah sebuah tindakan nyata, karena ada sebuah masa depan, semua dimulai dari hari ini.

12)        Pembangkit Semangat.
Sering kali orang memulai satu pekerjaan dengan semangat yang berapi – api tapi tidak lama kemudian semangat itu pun padam. Dan hal itu tidak boleh terjadi karena semangat yang menyala dapat meruntuhkan rintangan – rintangan yang menghadang dalam setiap usaha.
Semangat harus tetap dipelihara untuk melangkah sampai pada titik akhir dan kitapun harus terus memotivasi diri untuk membangkitkan kekuatan dasyat yang tersimpan dalam setiap manusia.

13)        Menjadi Pemenang
Setiap manusia pasti menginginkan suatu kemenangan. Namun kemenangan apa yang kamu harapkan?
Kemenangan baru dapat dikatakan sebagai kemenangan sejati apabila kita mampu menjadiklan keberhasilan sebagai satu tanggung jawab baru dan menerima kegagalan secara satria.
Dan seorang pemenangpun tidak boleh takut dengan kegagalan tetapi ia harus mampu menjadikan kegagalan sebagai cermin untuk melangkah kearah yang lebih baik.

14)        Jalan Menuju Sukses
Jalan menuju sukses tentunya tidak semulus jalan yang dapat membawa kita ke jurang kehancuran untuk itu kita harus pandai – pandai untuk menjalaninya. Banyak onak dan duri yang dapat menghentikan setiap langkah kita. Jalan pelan – pelan jangan sampai kaki kita tertusuk olehnya, kalaupun sudah tertusuk jangan pernah berhenti untuk terus berjalan. Setiap kali kita mampu melewatinya berarti semakin dekat kita sampai pada pintu kesuksesan. Dan sermakin banyak kepahitan yang kita alami peluang kesuksesan yang kita raihpun kian besar.

15)        Lentera Kebahagiaan
Banyak sekali orang mencari kebahagiaan kemana – mana dan tetap tidak bisa mendapatkannya. Padahal kita bisa menyalahkan lentera kebahagiaan yang ada pada diri kita.
Tidaklah usah kita mencari kebahagiaan namun ciptakan kebahagiaan itu sendiri dan kebahagiaan tidak tergantung dimana dan apa yang kita miliki, tetapi ia murni ada pada pikiran dan hati kita.
Jika kita tidak bahagia pada satu tempat sudah dipastikan kitapun tidak akan bahagia pada tempat yang lain. Untuk itu janganlah melakukan pekerjaan yang sia – sia untuk mencari kebahagiaan untuk diri kita sendiri. Dan tidak ada satupun orang lain yang bisa membuat kita bahagia selain diri kita sendiri.

16)        Selalu Terdepan
Ada sebagian orang memulai dengan lari sekencang – kencangnya dengan satu ambisi yang membabi buta untuk menjadi yang terdepan tetapi tidak lama kemudian ia ambrukl di tengah jalan kerena kelelahan.
Ada juga sebagaian orang memulai lari dengan kecepatan seperlunya sambil terus menjaga stamina agar bisa sampi di garis finis dengan selamat. Dan mereka ini adalah orang – orang yang tidak berambisi untuk mengalahkan siapapun. Yang ada pada benaknya adalah bagaimana dirinya mampu sampi ke tempat tujuan dan tidak berhenti ditengah jalan. Karena orang – orang seperti mereka ini paham satu perjalanan sangatlah panjang dan tidak berhenti pada satu garis finish saja. Satu titik  telah tercapai ada titik – titik lain yang harus dicapai yang telah menanti didepan.

17)        Pengambil Keputusan Yang Hebat
Seringkali manusia dihadapkan dalam memutuskan sesuatu dalam waktu yang sangat sempit. Manusia itu tidak punya banyak waktu untuk menimbang. Dan jika situasi yang dihadapi seperti itu maka yang perlu dilakukan adalah berusaha setenang mungkin dan pikiran harus tetap jernih, menggunakan logika dan nurani lalu memantapkan hati untuk putuskan apapun itu.
Ketika sesuatu diputuskan tidak serta merta tanggung jawab sang pengambil keputusan menjadi kurang tetapi ia juga harus mempersiapkan diri untuk menerima konsekwensi dari apa yang ia putuskan.
Mengambil keputusan adalah memilih resiko yang paling minimal dan mencari hasil yang maksimal.

18)        Menaklukan Masa – masa Sulit
Tidak ada makhluk dimuka bumi yang terlepas dari pasang surutnya kehidupan. Bila kita sanggup tertawa untuk setiap menerima setiap kemenangan, lalu bagai mana dengan masa – masa sulit yang menghampiri kita? Jangan menyerah karena itu merupakan bagian hidup yang harus kita lakukan.
Semakin piawai kita mengatasi setiap kesulitan semakin meningkat pula kualitas hidup kita.

19)        Menjual Dengan Sukses
Jika kita menjual sekali lalu orang membeli itu belum termasuk sukses dalam menjual, sebab mungkin karena orang tersebut memang lagi membutuhkan apa yang kita jual.
Jika kita mejual berkali – kali pada orang yang sama dan ditolak hingga akhirnya ia membeli itu baru seorang penjual yang sukses. Karena ia menolalk membeli berkali – kali bisa saja karena ia tidak membutuhkan apa yang kita jual karena seni menjual kita yang baik akhirnya mempu mempengaruhi orang itu untuk membeli.
Didalam menjual bagus tidaknya satu barang tidaklah memegang peranan seratus persen, semua tetap tergantung pada seni penjualan. Barang yang biasa – biasa saja akan menajadi luar biasa jika kita mengerti seni menjual.

20)        Memutar Arah Hidup
Bila kita merasakan hidup yang kita jalani tidak sesuai dengan keinginan hati kita maka segeralah memutar arah.
Jangan takut keadaan yang akan datang yang belum terlihat jelas, karena justru itu adalah satu peluang untuk menuju kehidupan yang lebih baik.
Namun dalam mengubah hidup, kita pun harus cerdik jangan sampai mengorbankan yang besar mendapatkan yang kecil seperti pepatah “Mengharapkan burung yang terbang, burung ditang an dilepaskan” untuk itu kita membutuhkan satu perhitungan yang matang untuk memutuskan guna memutar arah hidup.



21)        Menjadi Pemimpin Yang  Tangguh
Sanggupkah anda mengatakan bahwa suatu keberhasilan adalah berkat usaha anak anda dan setiap kegagalan adalah mutlak kesalahan anda sendiri. Bila anda sanggup melakukan anda sudah layak dikatakan sebagai pemimpin yang tangguh?
Dan bagi seorang pemimpin yang tangguh itu, ia pun tidak mengenal hambatan, karena baginya selalu ada peluang untuk menjadi pemenang.

22)        Cinta dan Kebahagiaan
Cinta akan membawa kebahagiaan bagi siapa saja yang mampu mengungkap tabir dibalik cinta itu sendiri.
Sesungguhnya cinta itu sangat sederhana, sesederhana kata cinta itu sendiri. Bila kita mencintai seseorang banar – benar karena cinta dan tidak mengharapkan apa – apa serta bila kita mampu mencintai seseorang apa adanya tanpa mengharapkan niscaya akan bahagia.

23)        Ketulusan dan Persahabatan
Persahabatan harus didasari dengan ketulusan, karena tanpa ketulusan persahabatan itu tidak mungkin ada.
Seorang sahabat baru menampakan wujudnya di saat kita benar – benar tidak berdaya, disaat semua orang akan pergi meninggalkan kita. Dan persahabatan pun tidak bisa dinilai dengan apapun karena ia terlahir dari sebuah ketulusan dan manusia yang saling mengerti dan saling percaya.

24)        Harapan dan Kesuksesan
Jika manusia hidup tanpa harapan ia tidak bedanya dengan benda mati. Tanpa ada harapan seseorang tidak akan sukses.
Apabila harapan itu adalah semu maka kesuksesan adalah perwujudan yang menjadi nyata. Dan semakin tinggi harapan seseorang maka peluang seseorang untuk meraih kesuksesan yang lebih tinggi pun lebih terbuka karena dengan ada harapan maka tercipta semangat untuk mencapai kesuksesan dan semua kesuksesan berawal dari sebuah harapan.
 
25)        Mennjadi Manusia Yang Berlapang Dada
Tidak ada seseorang pun yang hidupnya menderita bila ia mampu berlapang dada. Berpikir dan berjiwa besar, milihat sesuatu selalu dari segi positifnya membuat seseorang semakin terlatih nuraninya.
Manusia yang berlapang dada tidak pernah menyalahkan apapun, baginya setiap peristiwa pasti ada hikmahnya. Mampu tersenyum dalam keterpurukan dan merasakan alam sekitarnya masih tetap bersahabat dengannya.
Tidak ada yang mampu membuatnya dengki, keberhasilan orang lain pun dianggap sebagai satu anugrah baginya.






0 comments:

LINKS FROM ME (2)

GESKRIPSI


BLOG INI DIBANGUN OLEH GURU YANG INGIN MEMPERCEPAT ALUR INFORMASI DALAM IMPLEMENTYASI KURIKULUM 2013 KARENA ITU MOHON DO'A RESTU DAN MOTIVASI
Powered by Blogger.