No.
|
Jenis Tugas dan Tes
|
Bobot
|
1.
|
Tugas latihan
|
25%
|
2.
|
Tes tengah semester
|
25%
|
3.
|
Tes akhir semester
|
50%
|
Rekapitulasi
Persentase Kegiatan Siswa
Mendengarkan
|
Membaca
|
Berbicara
|
Menulis
|
Menguatkan Tata Bahasa
|
|
Interaktif
|
Produktif
|
||||
10%
|
30%
|
9%
|
14%
|
31%
|
6%
|
Apresiasi kesastraaan terintegrasi dalam tema kegiatan belajar
|
Rekapitulasi Penilaian Kegiatan Siswa
No.
|
Jenis Teks
|
Aspek Penilaian
|
|||||
Isi
|
Struktur Teks
|
Kosakata
|
Kalimat
|
Mekanik
|
|||
1
|
Laporan Hasil
Observasi
|
30
|
pernyataan umum atau
klasifikasi^anggota/aspek
yang dilaporkan
|
20
|
20
|
20
|
10
|
2.
|
Prosedur Kompleks
|
30
|
tujuan^langkah-langkah
|
20
|
20
|
20
|
10
|
3.
|
Eksposisi
|
30
|
pernyataan pendapat (tesis)^ argumentasi^
penegasan ulang pendapat
|
20
|
20
|
20
|
10
|
4.
|
Anekdot
|
30
|
abstraksi^orientasi^krisis^
reaksi^koda
|
20
|
20
|
20
|
10
|
5
|
Negosiasi
|
30
|
pembukaan^isi^penutup
|
20
|
20
|
20
|
10
|
PROFIL
PENILAIAN KEGIATAN SISWA
DALAM
PELAJARAN TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI
Nama
|
:
|
|
Judul
|
:
|
|
Tanggal
|
:
|
Skor
|
Kriteria
|
Komentar ISI
|
|
ISI
|
27—30
|
Sangat baik—empurna:
|
menguasai topik
tulisan; substantif; pengembangan pernyataan umum atau
klasifikasi^anggota/aspek yang dilaporkan secara lengkap; relevan dengan
topik yang dibahas
|
22—26
|
Cukup—baik:
|
cukup menguasai
permasalahan; cukup memadai; pengembangan tesis terbatas; relevan dengan
topik, tetapi kurang terperinci
|
|
17—21
|
Sedang—cukup:
|
penguasaan
permasalahan terbatas; substansi kurang;
pengembangan topik tidak memadai
|
|
13—16
|
Sangat
kurang—kurang:
|
tidak menguasai
permasalahan; tidak ada substansi; tidak relevan; tidak layak dinilai
|
|
STRUKTUR TEKS
|
18—20
|
Sangat
baik—sempurna:
|
ekspresi lancar;
gagasan terungkap padat dengan jelas; tertata dengan baik; urutan logis
(pernyataan umum atau klasifikasi^anggota/aspek yang dilaporkan); kohesif
|
14—17
|
Cukup—baik: kurang
|
lancar; kurang
terorganisasi, tetapi ide utama ternyatakan; pendukung terbatas; logis,
tetapi tidak lengkap
|
|
10—13
|
Sedang—cukup:
|
tidak lancar;
gagasan kacau atau tidak terkait; urutan dan pengembangan kurang logis
|
|
7—9
|
Sangat
kurang—kurang:
|
tidak komunikatif;
tidak terorganisasi; tidak layak dinilai
|
|
KOSAKATA
|
18—20
|
Sangat
baik—sempurna:
|
penguasaan kata
canggih; pilihan kata dan ungkapan efektif; menguasai pembentukan kata;
penggunaan register tepat
|
14—17
|
Cukup—baik:
|
penguasaan kata
memadai; pilihan, bentuk, dan penggunaan kata/ungkapan kadang-kadang salah, tetapi
tidak mengganggu
|
|
10—13
|
Sedang—cukup:
|
penguasaan kata
terbatas; sering terjadi kesalahan bentuk, pilihan, dan penggunaan
kosakata/ungkapan; makna membingungkan atau tidak jelas
|
|
7—9
|
Sangat
kurang—kurang:
|
pengetahuan tentang
kosakata, ungkapan, dan pembentukan kata rendah; tidak layak nilai
|
|
KALIMAT
|
18—20
|
Sangat
baik—sempurna:
|
konstruksi kompleks
dan efektif; terdapat hanya sedikit kesalahan penggunaan bahasa
(urutan/fungsi kata, artikel, pronomina, preposisi)
|
14—17
|
Cukup—baik:
|
konstruksi
sederhana, tetapi efektif; terdapat kesalahan kecil pada konstruksi kompleks;
terjadi sejumlah
kesalahan penggunaan
bahasa (fungsi/urutan kata, artikel, pronomina, preposisi), tetapi makna
cukup jelas
|
|
10—13
|
Sedang—cukup:
|
terjadi kesalahan
serius dalam konstruksi kalimat tunggal/kompleks (sering terjadi kesalahan
pada kalimat negasi, urutan/fungsi kata, artikel, pronomina, kalimat fragmen,
pelesapan; makna membingungkan atau kabur
|
|
7—9
|
Sangat
kurang—kurang:
|
tidak menguasai tata
kalimat; terdapat banyak kesalahan; tidak komunikatif; tidak layak dinilai
|
|
MEKANIK
|
9—10
|
Sangat
baik—sempurna:
|
menguasai aturan
penulisan; terdapat sedikit kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf
kapital, dan penataan paragraf
|
7—8
|
Cukup—baik:
|
kadang-kadang
terjadi kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan
paragraf, tetapi tidak mengaburkan makna
|
|
4—6
|
Sedang—cukup:
|
sering terjadi
kesalahan ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf;
tulisan tangan tidak jelas; makna membingungkan atau kabur
|
|
1—3
|
Sangat
kurang—kurang: tidak menguasai aturan penulisan; terdapat banyak kesalahan
ejaan, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan penataan paragraf; tulisan
tidak terbaca; tidak layak dinilai
|
KOMENTAR:
|
|
... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... .. .
|
|
... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... .. .
|
|
... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ..
|
|
... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ..
|
|
... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... .. .
|
|
... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... .. .
|
|
... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... .. .
|
|
... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... .. .
|
|
JUMLAH:
|
|
PENILAI:
|
0 comments:
Post a Comment