|
Aspek yang Diamati
|
Ya
|
Tidak
|
Catatan
|
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
||||
Apersepsi dan Motivasi
|
||||
1
|
Mengaitkan materi pembelajaran sekarang
dengan pengalaman peserta didik atau pembelajaran sebelumnya.
|
|||
2
|
Mengajukan
pertanyaan menantang.
|
|||
3
|
Menyampaikan
manfaat materi pembelajaran.
|
|||
4
|
Mendemonstrasikan sesuatu yang
terkait dengan materi pembelajaran.
|
|||
Penyampaian Kompetensi dan Rencana Kegiatan
|
||||
1
|
Menyampaikan kemampuan yang akan
dicapai peserta didik.
|
|||
2
|
Menyampaikan
rencana kegiatan misalnya, individual, kerja kelompok, dan melakukan
observasi.
|
|||
Kegiatan Inti
|
||||
Penguasaan Materi Pelajaran
|
||||
1
|
Kemampuan
menyesuiakan materi dengan tujuan pembelajaran.
|
|||
2
|
Kemampuan mengkaitkan materi dengan pengetahuan lain yang
relevan, perkembangan Iptek , dan
kehidupan nyata.
|
|||
3
|
Menyajikan
pembahasan materi pembelajaran
dengan tepat.
|
|||
4
|
Menyajikan
materi secara sistematis (mudah ke
sulit, dari konkrit ke abstrak)
|
|||
Penerapan Strategi Pembelajaran yang Mendidik
|
||||
1
|
Melaksanakan
pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai.
|
|||
2
|
Menfasilitasi kegiatan yang memuat komponen eksplorasi,
elaborasi dan konfirmasi.
|
|||
3
|
Melaksanakan pembelajaran secara runtut.
|
|||
4
|
Menguasai kelas.
|
|||
5
|
Melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual.
|
|||
6
|
Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan
positif (nurturant effect).
|
|||
7
|
Melaksanakan
pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan.
|
|||
Penerapan Pendekatan
scientific
|
||||
1
|
Memberikan
pertanyaan mengapa dan bagaimana.
|
|||
2
|
Memancing peserta
didik untuk bertanya.
|
|||
3
|
Memfasilitasi
peserta didik untuk mencoba.
|
|||
4
|
Memfasilitasi
peserta didik untuk mengamati.
|
|||
5
|
Memfasilitasi
peserta didik untuk menganalisis.
|
|||
6
|
Memberikan
pertanyaan peserta didik untuk menalar
(proses berfikir
yang logis dan sistematis).
|
|||
7
|
Menyajikan kegiatan peserta didik untuk berkomunikasi.
|
|||
Pemanfaatan Sumber Belajar/Media
dalam Pembelajaran
|
||||
1
|
Menunjukkan
keterampilan dalam penggunaan sumber belajar
pembelajaran.
|
|||
2
|
Menunjukkan
keterampilan dalam penggunaan media
pembelajaran.
|
|||
3
|
Menghasilkan
pesan yang menarik.
|
|||
4
|
Melibatkan
peserta didik dalam pemanfaatan
sumber belajar pembelajaran.
|
|||
5
|
Melibatkan
peserta didik dalam pemanfaatan media pembelajaran.
|
|||
Pelibatan Peserta Didik dalam Pembelajaran
|
||||
1
|
Menumbuhkan partisipasi aktif peserta didik
melalui interaksi guru, peserta didik, sumber belajar.
|
|||
2
|
Merespon
positif partisipasi peserta didik.
|
|||
3
|
Menunjukkan
sikap terbuka terhadap respons peserta didik.
|
|||
4
|
Menunjukkan
hubungan antar pribadi yang kondusif.
|
|||
5
|
Menumbuhkan
keceriaan atau antuisme peserta didik dalam belajar.
|
|||
Penggunaan Bahasa
yang Benar dan Tepat dalam Pembelajaran
|
||||
1
|
Menggunakan
bahasa lisan secara jelas dan lancar.
|
|||
2
|
Menggunakan
bahasa tulis yang baik dan benar.
|
|||
Kegiatan Penutup
|
||||
Penutup pembelajaran
|
||||
1
|
Melakukan refleksi atau membuat rangkuman
dengan melibatkan peserta didik.
|
|||
2
|
Memberihan tes lisan atau tulisan .
|
|||
3
|
Mengumpulkan hasil kerja sebagai bahan
portofolio.
|
|||
4
|
Melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan
arahan kegiatan berikutnya dan
tugas pengayaan.
|
|||
Jumlah
|
|
RUMUS
|
NILAI
|
PERINGKAT
|
NILAI
|
Amat Baik ( A)
|
90 ≤ A≤100
|
Baik (B)
|
75≤ B <90
|
Cukup (C)
|
60 ≤ C < 75
|
Kurang (K)
|
K < 60
|
0 comments:
Post a Comment