NO
|
KOMPETENSI
INTI
|
NO
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1.
|
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama
yang
dianutnya
|
1.1
|
Mensyukuri
anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa
Indonesia dan
menggunakannnya
sesuai dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa
|
1.2
|
Mensyukuri
anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan
menggunakannya
sebagai sarana komunikasi dalam memahami,
menerapkan,
dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks anekdot, eksposisi,
laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi
|
||
1.3
|
Mensyukuri
anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan
menggunakannya
sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar,
dan
menyajikan informasi lisan dan tulis
melalui teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks,
dan negosiasi
|
||
2.
|
Menghayati
dan mengamalkan perilaku
jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli
(gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan
dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan
diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
2.1
|
Menunjukkan
sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun dalam
menggunakan
bahasa Indonesia untuk membuat anekdot mengenai
permasalahan
sosial, lingkungan, dan kebijakan publik
|
2.2
|
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, dan proaktif dalam
menggunakan
bahasa Indonesia untuk melaporkan hasil observasi
|
||
2.3
|
Menunjukkan
perilaku jujur, tanggung jawab, dan disiplin dalam menggunakan bahasa
Indonesia untuk menunjukkan tahapan dan langkah yang telah ditentukan
|
||
2.4
|
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, peduli, dan santun dalam menggunakan bahasa
Indonesia untuk bernegosiasi dalam perundingan
|
||
2.5
|
Menunjukkan
perilaku jujur, peduli, santun, dan tanggung jawab dalam
penggunaan
bahasa Indonesia untuk memaparkan pendapat mengenai konflik sosial, politik,
ekonomi, dan kebijakan publik
|
||
`3.
|
Memahami
,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ngintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan
bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
3.1
|
Memahami
struktur dan kaidah teks anekdot, eksposisi, laporan hasil
observasi,
prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun
tulisan
|
3.2
|
Membandingkan
teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik
melalui lisan maupun tulisan
|
||
3.3
|
Menganalisis
teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
|
||
3.4
|
Mengevaluasi
teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur
kompleks,
dan negosiasi berdasarkan
kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan
|
||
4.
|
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait
dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda
sesuai
kaidah keilmuan
|
4.1
|
Menginterpretasi
makna teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi,
prosedur
kompleks, dan negosiasi baik secara lisan maupun tulisan
|
4.2
|
Memproduksi
teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur
kompleks,
dan negosiasi yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang
akan
dibuat baik secara lisan mupun tulisan
|
||
4.3
|
Menyunting
teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur
kompleks,
dan negosiasi sesuai dengan struktur
dan kaidah teks baik secara
lisan
maupun tulisan
|
||
4.4
|
Mengabstraksi
teks anekdot, eksposisi, laporan hasil
observasi, prosedur
kompleks,
dan negosiasi baik secara lisan maupun
tulisan
|
||
4.5
|
Mengonversi
teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur
kompleks,
dan negosiasi ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur
dan
kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
NO
|
KOMPETENSI
INTI
|
NO
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1.
|
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama
yang
dianutnya
|
1.1
|
Mensyukuri
anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan
menggunakannnya
sesuai dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa
|
1.2
|
Mensyukuri
anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan
menggunakannya
sebagai sarana komunikasi dalam memahami,
menerapkan,
dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui cerita pendek, pantun, cerita ulang,
eksplanasi kompleks, dan ulasan/reviu film/drama
|
||
1.3
|
Mensyukuri
anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan
menggunakannya
sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar,
dan
menyajikan informasi lisan dan tulis
melalui cerita pendek, pantun, cerita
ulang, eksplanasi kompleks, dan ulasan/reviu film/drama
|
||
2.
|
Menghayati
dan mengamalkan perilaku
jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli
(gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan
menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan
dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan
diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
2.1
|
Menunjukkan
perilaku tanggung jawab, responsif dan imajinatif dalam
menggunakan
bahasa Indonesia untuk berekspresi
|
2.2
|
Menunjukkan
perilaku tanggung jawab, peduli, dan proaktif dalam menggunakan bahasa
Indonesia untuk memahami dan menyampaikan permasalahan
|
||
2.3
|
Menunjukkan
perilaku jujur, tanggung jawab, dan disiplin dalam menggunakan bahasa
Indonesia untuk bercerita ulang
|
||
2.4
|
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, peduli, dan santun dalam menggunakan bahasa
Indonesia untuk menyampaikan paparan
|
||
2.5
|
Menunjukkan
perilaku jujur, peduli, santun, dan tanggung jawab dalam
penggunaan
bahasa Indonesia untuk menyampaikan penjelasan
|
||
3.
|
Memahami,
menerapkan, dan menganalisis
pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan,
kenegaraan,
dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang
kajian
yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
3.1
|
Memahami
struktur dan kaidah teks cerita pendek, pantun, cerita ulang,
eksplanasi
kompleks, dan ulasan/reviu film/drama baik melalui lisan maupun tulisan
|
3.2
|
Membandingkan
teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi
kompleks,
dan ulasan/reviu film/drama baik melalui lisan maupun tulisan
|
||
3.3
|
Menganalisis
teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan
ulasan/reviu film/drama baik melalui lisan maupun tulisan
|
||
3.4
|
Mengevaluasi
teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan
ulasan/reviu film/drama berdasarkan kaidah-kaidah baik melalui lisan maupun tulisan
|
||
4.
|
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang
dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif,
serta
mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
4.1
|
Menginterpretasi
makna teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan
ulasan/reviu film/drama baik secara lisan maupun tulisan
|
4.2
|
Memproduksi
teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan
ulasan/reviu film/drama yang koheren sesuai dengan karakteristik yang akan dibuat baik secara lisan mupun
tulisan
|
||
4.3
|
Menyunting
teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan
ulasan/reviu film/drama sesuai dengan struktur dan kaidah baik secara lisan maupun tulisan
|
||
4.4
|
Mengabstraksi
teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi
kompleks,
dan ulasan/reviu film/drama baik secara lisan maupun tulisan
|
||
4.5
|
Mengonversi
teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan
ulasan/reviu film/drama ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan
kaidah baik secara lisan maupun
tulisan
|
||
NO
|
KOMPETENSI INTI 1
|
NO
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1
|
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama
yang
dianutnya
|
1.1
|
Mensyukuri
anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan
menggunakannnya
sesuai dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa
|
1.2
|
Mensyukuri
anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa
Indonesia dan
menggunakannya
sebagai sarana komunikasi dalam memahami,
menerapkan,
dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks cerita
sejarah,
berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel
|
||
1.3
|
Mensyukuri
anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan
menggunakannya
sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar,
dan
menyajikan informasi lisan dan tulis
melalui teks cerita sejarah, berita, iklan,
editorial/opini, dan cerita fiksi dalam nove
|
||
2.
|
Menghayati
dan mengamalkan perilaku
jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli
(gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan
menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan
dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan
diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
2.1
|
Menunjukkan
perilaku jujur, responsif dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk menyampaikan cerita sejarah tentang
tokoh-tokoh nasional dan internasional
|
2.2
|
Menunjukkan
perilaku tanggung jawab, peduli, dan santun dalam menggunakan bahasa
Indonesia untuk memahami dan menyampaikan berita
|
||
2.3
|
Menunjukkan
perilaku jujur, tanggung jawab, dan disiplin dalam menggunakan bahasa
Indonesia untuk memahami dan menyampaikan penjelasan dan ajakan
|
||
2.4
|
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, peduli, dan santun dalam enggunakan bahasa
Indonesia untuk memaparkan editorial/opinin tentang konflik sosial, politik,
ekonomi, kebijakan publik, dan lingkungan hidup
|
||
2.5
|
Menunjukkan
perilaku jujur, peduli, santun, dan tanggung jawab dalam
penggunaan
bahasa Indonesia untuk memahami dan menyajikan cerita fiksi dalam novel
|
||
3.
|
Memahami,
menerapkan, menganalisis dan
mengevaluasi
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang
ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan
kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian
yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
3.1
|
Memahami
struktur dan kaidah teks cerita sejarah, berita, iklan,
editorial/opini,
dan cerita fiksi dalam novel baik melalui lisan maupun tulisan
|
3.2
|
Membandingkan
teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita
fiksi
dalam novel baik melalui lisan maupun tulisan
|
||
3.3
|
Menganalisis
teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam
novel baik melalui lisan maupun tulisan
|
||
3.4
|
Mengevaluasi
teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam
novel berdasarkan kaidah-kaidah baik melalui lisan maupun tulisan
|
||
4.
|
Mengolah,
menalar, menyaji, dan mencipta
dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari
yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan
kreatif,
dan mampu menggunakan metoda
sesuai
kaidah keilmuan
|
4.1
|
Menginterpretasi
makna teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi
dalam novel baik secara lisan maupun tulisan
|
4.2
|
Memproduksi
teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam
novel yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun
tulisan
|
||
4.3
|
Menyunting
teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi
dalam
novel sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
||
4.4
|
Mengabstraksi
teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam
novel baik secara lisan maupun tulisan
|
||
4.5
|
Mengonversi
teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi
dalam
novel ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik
secara lisan maupun tulisan
|
0 comments:
Post a Comment