Wednesday, April 20, 2016

PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 SMK TAHUN 2015



PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 SMK
TAHUN 2015
(The Whole School Training)
1. PELATIHAN IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 SMK TAHUN 2016
Pengertian
Pelatihan adalah setiap usaha untuk memperbaiki performansi pekerja pada suatu pekerjaan tertentu yang sedang menjadi tanggung jawabnya, atau satu pekerjaan yang ada kaitan dengan tugasnya (Gomes, 2003:197).
Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 SMK adalah upaya untuk meningkatkan kemampuan peserta latih agar mampu mengelola dan melaksanakan Kurikulum 2013 SMK; mulai dari perancangan dan penyusunan program serta rencana pelaksanaan pembelajaran, proses pembelajaran dan penilaian berdasarkan Kurikulum 2013 SMK.
Tujuan Umum
Secara umum kegiatan pelatihan implementasi Kurikulum 2013 SMK tahun 2016 dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan peserta agar dapat mengimplementasikan Kurikulum 2013 SMK sesuai dengan konsep, strategi, dan karakteristik Kurikulum 2013 baik dalam pembelajaran, penilaian, maupun manajemen.
·         Memperkuat keterlaksanaan implementasi Kurikulum 2013 SMK hasil penyempurnaan di seluruh SMK Sasaran.

Tujuan Khusus
1.       Menjelaskan kebijakan dan dinamika perkembangan kurikulum;
2.       Mengaplikasikan program Gerakan Penumbuhan Budi Pekerti, Literasi dalam Pembelajaran;
3.       Menganalisis dokumen Kurikulum 2013 SMK, meliputi: SKL, KI-KD, dan Silabus;
4.       Merancang RPP berbasis Kurikulum 2013 SMK;
5.       Melaksanakan pembelajaran berpendekatan saintifik dan model-model pembelajaran yang dikembangkan dalam Kurikulum 2013 SMK;
6.       Merancang instrumen dan melaksanakan penilaian proses dan hasil belajar peserta didik serta mengolah dan melaporkannya;
7.       Melaksanakan tugas-tugas pendampingan implementasi Kurikulum 2013 SMK.


Tahapan Pelatihan
a.       Pelatihan Tingkat Nasional (Pusat) untuk melatih 148 Instruktur Nasional, terdiri atas 128 Instruktur Nasional Paket Keahlian, 9 Instruktur Nasional Mata Pelajaran kelompok A dan B, dan 11 Instruktur Nasional Mata Pelajaran kelompok C1 (Dasar Bidang Keahlian);
b.      Pelatihan Tingkat Provinsi untuk melatih 360 Instruktur Provinsi;
c.       Pelatihan Tingkat Kabupaten/Kota/Kluster untuk melatih 19.058 Instruktur Kabupaten/Kota/Kluster; dan
d.      Pelatihan Tingkat Satuan Pendidikan untuk melatih 46.574 GTK di SMK Sasaran termasuk kepala sekolah.




 
 















2.       Kriteria Kelulusan
Peserta dinyatakan berhasil dan memiliki kewenangan untuk menjadi pelatih (instruktur) pada pelatihan kurikulum yang sama, apabila mencapai kriteria berikut.
a.       Perolehan Nilai Akhir > 3.
b.      Sikap (kehadiran 100% dan keaktifan) dengan kategori “Baik”.


4.       Sertifikasi
a.   Hasil penilaian dikelompokkan dalam 3 (tiga) kategori:

b.      Sertifikat Pelatihan diberikan kepada peserta yang memperoleh Nilai Akhir di atas 3, sebagai bukti/ pengakuan “layak” menjadi Instruktur Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 SMK.
c.       Peserta yang memperoleh Nilai Akhir 2.5-3.0 Dipertimbangkan untuk kelulusannya
d.      Peserta yang memperoleh Nilai Akhir di bawah 2.5 tidak lulus 

2.
PENDAMPINGAN IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 SMK
\
Pengertian
Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013 adalah proses pemberian bantuan penguatan pelaksanaan Kurikulum 2013 yang diberikan oleh Guru Pendamping kepada Guru Sasaran melalui model pendampingan di satuan pendidikan di mana pendampingan dilakukan oleh guru yang ada di satuan pendidikan.

(Permendikbud 105 tentang Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013, Pasal 6 ayat 1 (b) dan ayat (3)).

Tujuan Umum
Secara umum kegiatan pendampingan implementasi Kurikulum 2013 SMK dimaksudkan untuk memberikan penguatan dan jaminan terlaksananya implementasi Kurikulum 2013 SMK sesuai dengan konsep, strategi, dan karakteristik Kurikulum 2013, baik dalam pembelajaran, penilaian, maupun manajemen.
Tujuan Khusus
1.       Memperkuat pemahaman dan membangun kepercayaan diri unsur-unsur sekolah dalam melaksanakan pembelajaran berbasis Kurikulum 2013 SMK;
2.       Memperkuat keterlaksanaan implementasi Kurikulum 2013 SMK di seluruh SMK Sasaran;
3.       Membantu memberikan solusi kontekstual dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi saat mengimplementasikan Kurikulum 2013 SMK di sekolah masing-masing, dan
4.       Membangun budaya mutu sekolah melalui penerapan kurikulum secara inovatif, kontekstual, taat asas, dan berkelanjutan.

Hasil yang Diharapkan
1.       Tersosialisasikannya hasil penyempurnaan Kurikulum 2013 SMK, sehingga warga sekolah memahami hasil penyempurnan kurikulum tersebut serta kebijakan implementasinya.
2.       Tersusunnya Rencana Kegiatan di sekolah, khususnya RPP masing-masing mata pelajaran berdasarkan karakteristik dan tuntutan Kurikulum 2013 SMK.
3.       Terlaksananya proses pelaksanaan kegiatan, khususnya proses pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2013 SMK.
4.       Terlaksananya proses penilaian otentik (authentic assessment) sebagaimana dipersyaratkan oleh Kurikulum 2013.

Prinsip-prinsip Pendampingan ... (1)
1.       Profesional; semata-mata kepentingan profesional peningkatan kinerja.
2.       Kolegial; hubungan kesejawatan antara pemberi dan penerima pendampingan.
3.       Saling percaya:
Ø  Guru Sasaran yakin bahwa Guru Pendamping berkemampuan dan ihlas membantu meningkatkan keprofesionalannya.
Ø  Guru Pendamping yakin bahwa Guru Sasaran mau dan mampu meningkatkan kemampuannya dan siap menerima pendampingan.
4.       Berdasarkan kebutuhan; materi pendampingan didasarkan atas kebutuhan GTK Sasaran untuk mengimplementasikan Kurikulum 2013 SMK, dan cara-cara yang digunakan pun sesuai dengan kemampuan dan kesiapan penerima pendampingan.
5.       Kolektif dan menyeluruh; menyentuh seluruh aspek kesekolahan SMK; menyatukan dan meningkatkan berbagai peran dan fungsi yang berbeda-beda menjadi kekuatan kolektif untuk memperlancar proses implementasi Kurikulum 2013 yang berkualitas.
6.       Berkelanjutan: hubungan profesional  antara Guru Sasaran dan Guru Pendamping terus berlanjut, meskipun secara program kegiatan pendampingan sudah berakhir.

Materi Pendampingan
q  Fokus pada fasilitasi implementasi Kurikulum 2013 SMK oleh guru mata pelajaran di SMK tempatnya bertugas.
q  Materi pendampingan mencakup 3 (tiga) aspek, yaitu:
a.       penyusunan RPP,
b.      proses pembelajaran, dan
c.       Penilaian hasil belajar.

Pelaksanaan Pendampingan
1.       Model pendampingan berbasis sekolah (The Whole School Training).
§  In House Training (IHT): penyampaian informasi dan analisis materi pendampingan, penyelesaian tugas-tugas (latihan), dan penyusunan program tindak lanjut.
§  On the Job Training (OJT): implementasi program tindak lanjut.
2.       IHT
§  Penguatan pemahaman tentang bahan pendampingan.
§  Latihan untuk menguasai kemampuan mengimplementasikan Kurikulum 2013 SMK.
3.       OJT
§  Membantu GTK Sasaran mengembangkan kemampuannya dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 SMK.
§  Memastikan bahwa proses pendampingan berlangsung sebagaimana yang diharapkan.








0 comments:

LINKS FROM ME (2)

GESKRIPSI


BLOG INI DIBANGUN OLEH GURU YANG INGIN MEMPERCEPAT ALUR INFORMASI DALAM IMPLEMENTYASI KURIKULUM 2013 KARENA ITU MOHON DO'A RESTU DAN MOTIVASI
Powered by Blogger.