Kegiatan 2 Kerja Sama Membangun Berbagai Jenis Teks Dalam Satu Tema Dari Berbagai Jenis Teks Yang Digunakan
Tugas 1 Menghadapi Teks Eksposisi dari Dua Sisi
Program Akselerasi Sangat Diperlukan
1.
Program Akselerasi sangat dibutuhkan oleh pelajar yang mempunyai
ritme belajar cepat. Meskipun sering dikatakan terlalu mahal, itu
tidak berarti bahwa program ini tidak diperlukan.
|
Pernyataan Pendapat
|
2 . Sebagian
besar orang mengatakan bahwa sayang sekali apabila program akselerasi
ditutup karena program ini sudah banyak membuat siswa berhasil
menyelesaikan studi dengan cepat sampai jenjang perguruan tinggi.
Mereka mengatakan Teks dalam Kehidupan Nyata bahwa siswa-siswa dari
program akselerasi juga dapat menyesuaikan diri dengan siswa-siswa
dari program reguler.
|
Argumentasi 1
|
3 Mereka
juga tidak setuju apabila alasan yang digunakan untuk menutup program
akselerasi adalah biaya yang mahal. Dapat ditunjukkan bahwa apabila
keseluruhan biaya dijumlahkan, jumlah itu hampir sama besar dengan
jumlah biaya
yang
dikeluarkan pada program reguler. Apabila ada biaya yang dikatakan
sedikit lebih mahal, itu wajar karena mereka mendapatkan pemadatan
materi sekolah reguler.
|
Argumentasi 2
|
4 Selain
itu, yang lebih penting adalah bahwa program akselerasi dapat
mewadahi bakat dan minat siswa yang dapat belajar dengan langkah yang
lebih cepat. Itu berarti bahwa program ini dapat meningkatkan
efisiensi waktu.
|
Argumentasi 3
|
5 Dengan
demikian, berdasarkan alasan di atas, program akselerasi tidak perlu
ditutup. Sebaliknya, program ini tetap dipertahankan dengan
memperbaiki kekurangan yang ada.
| Pernyataan Ulang Pendapat |
Tugas
kalian sekarang adalah menulis kembali tahap pernyataan pendapat atau
pernyataan ulang pendapat dan setiap argumentasi tersebut menjadi
satu kalimat dengan kata-kata sendiri.
Pernyataan pendapat/pernyataan ulang pendapat:
...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... . ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ..... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... . ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ..... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... . ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ..... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
|
Argumentasi:
(a...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... . ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ..... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
(b) ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... . ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ..... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
(c) ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... . ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ..... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
|
Buatlah tiga kalimat yang saling berkaitan. Rangkaikan ketiganya dengan menggunakan konjungsi juga yang kalian letakkan pada kalimat kedua dan konjungsi selain itu yang kalian letakkan pada kalimat ketiga.
(i) ...
... ...... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ..... ... ... (ii) ... ...
...... ... ... ... ... ... juga
... ... ...... ... ... ... ... ... ... ... ......... ... ... ... ...
... ... ...... ... ... ... ... .... Selain itu, ... ... ...... ... ...
... ... ... ... ... ......... ... ... ... ... ... ... ...... ... ...
... ... ... ... ... ...... ... ... ... ... ....
|
Betulkah Program Akselerasi Dibutuhkan?
Program
akselerasi tidak selalu cocok bagi semua siswa. Program ini tidak
perlu dibuka karena program ini tidakmempertimbangkan siswa yang tidak
menginginkan irama belajar yang cepat.
|
Pendapat pernyataan
|
Pertama,
program akselerasi terkesan eksklusif, yaitu hanya menerima siswa
tertentu.Program ini hanya diperuntukkan bagi siswa yang menginginkan ritme belajar cepat. Kadang-kadang keinginan itu tidak didasari oleh kesiapan dan kemampuan diri siswa yang bersangkutan. Jadi, apabila siswa tidak betul-betul siap dengan kerja keras dan mampu mengikuti irama belajar yang serba cepat, mereka tidak dapat mencapai prestasi yang maksimal.
|
Argumentasi 1
|
Kedua,
dari segi biaya, program akselerasi dinilai lebih mahal jika
dibandingkan dengan program reguler. Program ini dapat dianggap
bertentangan dengan
prinsip keadilan. Hanya siswa yang kaya yang bisa masuk ke program
ini. Siswa yang kurang mampu tidak dapat mengikuti program ini
meskipun mereka pintar
|
Argumentasi 2
|
Di
samping itu, program akselerasi dapat mengurangi rasa kebersamaan.
Siswa yang masuk ke program ini sering dikatakan sebagai siswa yang
lebih pintar. Di pihak lain, siswa yang tidak dapat masuk ke program
ini dikatakan sebagai siswa yang tidak pintar. Akibatnya, nilai
kebersamaan di antara dua kelompok siswa itu kurang terpupuk.
|
Argumentasi 1
|
Terbukti
bahwa program akselerasi lebih banyak menimbulkan dampak negatif
daripada dampak positif. Oleh karena itu, tidak mengherankan apabila
beberapa pihak menginginkan program akselerasi ditutup.
|
Pernyataan Ulang Pendapat
|
Berikut ini adalah sejumlah alasan yang mendukung penutupan program akselerasi. (Konjungsi) ...
... ...... ... ...... ... ...... ... ...... ... ...... ... ...... ...
...... ... ......V... ...... ... ...... ... ...... ... ...... ...
...... ... ...... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
...
...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... .. ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... . (Konjungsi) ... ... ...... ... ... ...
... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... . (Konjungsi) ... ... ...... ... ... .. ... ...... ... ....... ... ... ... ... ... ... ... ...
(7) Formulasikan
dengan kalimat kalian sendiri pengulangan kembali yang disampaikan
pada tahap penegasan ulang pendapat. ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
|
Tugas 2 Memecahkan Persoalan dalam Teks Eksposisi
Orang Indonesia Harus Tetap Belajar Bahasa Indonesia
Kita
merasa prihatin bahwa orang Indonesia tidak dapat berbahasa Indonesia
dengan baik dan benar. Meskipun menggunakan bahasa Indonesia
sehari-hari, mereka harus tetap mempelajari bahasa tersebut.
|
Pernyataan Pendapat
|
Pertama,
, ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ...... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
|
Argumentasi 1
|
Kedua,
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ..... ... ...
... ... ... ...
|
Argumentasi 2
|
Selain
itu, ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ...
|
Argumentasi 3
|
Terakhir, ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ...
|
Argumentasi 4
|
Berdasarkan kenyataan itu, dapat ditegaskan bahwa orang Indonesia tidak perlu belajar bahasa Indonesia.
|
Pernyataan Ulang Pendapat
|
Orang indonesia tidak perlu mempelajari bahasa tersebut.
Setiap hari orang Indonesia berbahasa Indonesia dan mereka saling mengerti. Oleh karena itu,
|
Pernyataan,
Pendapat
|
Alasan yang pertama adalah……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
|
Argumentasi 1
|
Kedua,
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
|
Argumentasi 2
|
Selanjutnya, ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ...... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ..... ... ... ...
...
|
Argumentasi 3
|
Terakhir, ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ..... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...... ... ... ...
... ... ...... ... ... ... ... ... ...
|
Argumentasi 4
|
Berdasarkan kenyataan itu, dapat ditegaskan bahwa orang Indonesia tidak perlu belajar bahasa Indonesia.
|
Pernyataan Ulang Pendapat
|
0 comments:
Post a Comment