PELAJARAN III
Berpendapat di Forum Ekonomi dan Politik
Pada
era global ini, pasar cenderung bergerak bebas. Kebebasan ekonomi pasar
diperjuangkan sejalan dan seiring dengan kebebasan politik. Pada saat
yang sama, muncul juga perjuangan untuk menegakkan kebebasan
berpendapat. Sehubungan dengan tiga hal kebebasan tersebut, pelajaran
ini berkenaan dengan kegiatan berpendapat dalam forum ekonomi dan
politik. Setelah belajar menyusun teks prosedur kompleks dalam pelajaran
sebelumnya, melalui pelajaran ini, kalian melakukan kegiatan
berpendapat dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis secara baik dan
benar. Kalian akan dihadapkan pada ragam bahasa yang digunakan untuk
membahas dan mengajukan pendapat di berbagai topik ekonomi dan politik,
termasuk kebijakan publik yang memicu konflik sosial.
Gambar 3.1 Praktik kebebasan berpendapat
Sumber: Dokumentasi Kemdikbud
Gambar di atas mengilustrasikan bahwa pada prinsipnya setiap orang boleh berpendapat. Kebebasan
berpendapat tersebut terpadu dalam satu forum dengan kebebasan politik. Kegiatan politik yang dibelenggu
sering diikuti atau didahului dengan pelarangan berpendapat. Kebebasan berpendapat yang dirampas
merupakan
tanda kehidupan politik yang tidak sehat di Demokrasi yang dijalankan
oleh sebuah negara ditandai oleh adanya kebebasan berpendapat. sebuah
negara. Negara yang tidak memberikan kesempatan untuk berpendapat tidak
akan menjamin kehidupan bernegara yang demokratis. Berikut adalah
gambar-gambar
yang melukiskan pelarangan orang berpendapat di negara yang tidak demokratis.
Gambar 3.2 Simbol perampasan kebebasan berpendapat
Sumber: Dokumentasi Kemdikbud
Demokrasi
yang dianut oleh sebuah negara ditandai oleh adanya kebebasan
berpendapat. Perampasan kebebasan berpendapat, sebagaimana digambarkan
di atas, dapat dipastikan dapat menghilangkan kebebasan berpolitik.
Hilangnya kebebasan berpolitik juga berimbas pada hilangnya kebebasan
warga negara untuk melakukan kegiatan ekonomi. Kebebasan berpendapat
dan berpolitik itu diperjuangkan agar satu negara dapat berlomba dengan
negara lain untuk meningkatkan kesejahteraan warga melalui pertumbuhan
ekonomi.
Di negara demokratis, perjuangan untuk kebebasan berpendapat di forum
ekonomi dan politik tentu bukan tindakan anarkistis. Kebebasan
berpendapat dilandasi budaya santun yang berlaku di masyarakat. Melalui
pelajaran ini, kalian berlatih mengemukakan pendapat dalam teks
eksposisi tentang isu ekonomi dan politik yang sedang hangat dibicarakan
di masyarakat.
Selama pelajaran ini berlangsung, kalian diminta untuk melakanakan tugas tambahan membaca buku.
Carilah
buku yang berisi pendapat pakar perekonomian Indonesia atau pendapat
pengamat politik Indonesia. Bacalah buku itu dan tuliskanlah hasil baca
buku kalian.
Kegiatan 1 Pemodelan Teks Eksposisi
Pada kegiatan belajar ini, kalian diharapkan dapat mengenali pengungkapan pendapat dalam bentuk teks
eksposisi
serta dapat menerapkannya pada konteks kebebasan berpendapat di forum
ekonomi dan politik. Kalian akan menggunakan beberapa teks tentang
ekonomi dan politik untuk media pembelajaran. Sebagai pembuka, bacalah
terlebih dahulu puisi atau sajak “Seonggok Jagung” pada Tugas 1 untuk
mendapatkan gambaran
bahwa
apabila orang tidak dapat mengemukakan pendapat pada forum yang tepat,
pada dasarnya ia tidak dapat mengaktualisasikan dirinya. Pada Tugas 2,
3, dan 4, kalian akan mengeksplorasi cara-cara mengajukan pendapat lebih
lanjut.
Tugas 1 Menghayati Pesan Puisi "Seonggok Jagung"
Bacalah
puisi berikut ini dengan penuh penghayatan berdasarkan puisi yang telah
kamu pelajari! Lalu, jawablah pertanyaan-pertanyaan yang diberikan di
bawahnya!
SEONGGOK JAGUNG
Karya W.S. Rendra
Seonggok jagung di kamar,
Takkan menolong seorang pemuda
Yang pandangan hidupnya hanya berasal dari buku,
Dan tidak dari kehidupan…
Yang tidak terlatih dalam metode,
Dan hanya penuh hafalan kesimpulan,
Yang hanya terlatih sebagai pemakai,
Tetapi kurang latihan bebas berkarya,
Pendidikan telah memisahkannya dari kehidupannya!
Aku bertanya
Apakah gunanya pendidikan,
Bila hanya akan membuat seseorang menjadi asing
Di tengah kenyataan persoalannya?
Apakah gunanya pendidikan bila hanya mendorong seseorang
Menjadi layang-layang di ibu kota,
Menjadi sekrup-sekrup di schlumberger, freeport, dan sebagainya,
Kikuk pulang ke daerahnya?
Apakah gunanya seseorang
Belajar teknik, kedokteran, filsafat, sastra,
Atau apa saja,
Ketika ia pulang ke rumahnya, lalu berkata:
“di sini aku merasa asing dan sepi!!”
(1) Puisi
karya W.S. Rendra di atas menggambarkan seorang pemuda yang hanya
tinggal berdiam; terkungkung di dalam rumah sehingga ia tidak hidup
bebas bergerak dan berekspresi di luar rumah. Setelah membaca puisi
tersebut, bandingkan isinya dengan kesempatan kalian untuk berpendapat
dalam kehidupan sehari-hari!
(2) Bagaimanakah kesempatan kalian untuk berpendapat di rumah?
(3) Bagaimanakah kesempatan kalian untuk berpendapat di masyarakat?
(4) Setujukah
kalian bahwa pendidikan sekolah yang sekarang diselenggarakan di negara
tercinta ini secara terus- menerus sedang mengembangkan kesempatan
untuk berpendapat bagi siswa?
(5) Sebagai siswa, apakah kalian merasa bebas atau tidak untuk berpendapat di sekolah?
(6) Dengan cara apakah biasanya kalian mengajukan pendapat di sekolah?
Siapa yang biasanya mendengarkan pendapat kalian di sekolah?
(7) Saat mengikuti pelajaran di kelas, kapan kalian diberi kesempatan untuk berpendapat?
(8) Apakah pendapat kalian sering disetujui atau ditolak? Tahukah kalian mengapa disetujui atau ditolak?
Tugas 2 Membaca Teks Eksposisi tentang Ekonomi Indonesia
Bacalah
teks yang berjudul “Ekonomi Indonesia akan Melampaui Jerman dan
Inggris” berikut ini. Sebelum membaca, jawablah terlebih dahulu
pertanyaan-pertanyaan berikut ini. Setelah membaca, kerjakan
tugas-tugasnya!
(1)
Menurut kalian, negara manakah yang memiliki ekonomi yang paling bagus
di dunia dan negara manakah yang memiliki ekonomi yang paling buruk?
(2) Apabila dibandingkan dengan negara lain, ekonomi Indonesia berada pada urutan ke berapa?
(3) Mungkinkah Indonesia memiliki ekonomi yang setara dengan ekonomi negara-negara maju?
(4) Syarat-syarat apakah yang harus dipenuhi agar ekonomi Indonesia menjadi setara dengan ekonomi negara-negara maju?
(5) Apakah yang ditempuh oleh pemerintah agar syarat-syarat itu terpenuhi?
(6) Apakah yang seharusnya ditempuh oleh setiap warga agar ekonomi Indonesia maju?
(7) Apakah yang seharusnya dilakukan oleh sekolah agar ekonomi Indonesia maju?
(8) Apakah yang dapat kalian lakukan agar ekonomi Indonesia maju?
Ekonomi Indonesia Akan Melampaui Jerman Dan Inggris
Gambar 3.3 Sidang pembahasan ekonomi Indonesia
Sumber: Foto Junanto Herdiawan
1.
Indonesia menjadi buah bibir pada saat pelaksanaan Sidang Tahunan
International Monetery Fund (IMF)/World Bank (WB) 2012 Tokyo, 9—14
Oktober 2012 lalu. Newsletter resmi yang dibagikan IMF kepada seluruh peserta
sidang mengangkat satu topik khusus mengenai Indonesia. Media itu
mengangkat hasil riset dari McKinsey dan Standard Chartered yang
mengatakan bahwa ekonomi Indonesia akan melampaui Jerman dan Inggris pada tahun 2030.
2
. Keyakinan itu tentu beralasan. Indonesia diperkirakan memiliki
sekitar 90 juta orang yang berada di kelompok consuming class. Angka ini
adalah angka terbesar di dunia setelah Cina dan India. Dengan kekuatan
itu pula, pada
tahun
2030 Indonesia akan menjadi kekuatan ekonomi nomor tujuh dunia dengan
nilai pendapatan nasional sebesar 1,8 triliun dolar AS dari sektor
pertanian, konsumsi, dan energi.
3
Indonesia saat ini sedang berada pada laju transformasi yang pesat
menuju ke arah tersebut. Saat ini, ekonomi Indonesia berada pada posisi
16 dunia dengan pendapatan domestik nasional sebesar 846 miliar dolar AS
tahun
2011.
Angka itu akan terus tumbuh hingga mencapai 1,8 triliun dolar AS mulai
tahun 2017. Pada tahun 2030 hanya Amerika Serikat, Cina, India, Jepang,
Brasil, dan Rusia, yang berada di atas ekonomi Indonesia.
4
Kekuatan terbesar ekonomi Indonesia tidak hanya berupa ekspor yang
didukung oleh kekuatan tenaga kerja dan komoditas, tetapi juga kekuatan
konsumsi domestik dan jasa-jasa, yang menjadi motor penggerak ekonomi
nasional.
Melihat potensi yang sedemikian besar, dalam beberapa 83 Bahasa
Indonesia Ekspresi Diri dan Akademikside meeting sidang IMF yang sempat
saya ikuti, para investor asing mengharapkan makin banyak pilihan
investasi di Indonesia.
5
Harapan para investor tersebut tentu merupakan peluang dan tantangan
bagi Indonesia. Upaya melakukan pendalaman pasar keuangan (financial
deepening) menjadi penting dalam memberikan ragam pilihan investasi
bagi
para investor. Di sisi lain, pembenahan di sektor riil dan
infrastruktur perlu terus dilakukan secara serius guna mendukung arah
untuk menjadikan ekonomi Indonesia yang terbesar di Asia Tenggara.
6
Saat ini, pertumbuhan ekonomi Indonesia yang berada pada kisaran5
persen hingga 6 persen, apabila dapat terus dipertahankan, akan menambah
jumlah masyarakat kelas menengah hingga 90 juta orang dengan pendapatan
per kapita lebih dari 3.600 dolar AS. Apabila kita mampu mendorong
pertumbuhan hingga 7 persen, jumlah itu bertambah lagi dengan masyarakat
menengah mencapai 170 juta orang.
7
Berbagai perkembangan dari sidang akbar IMF di Tokyo pekan lalu kembali
mengingatkan kita tentang besarnya potensi Indonesia dan sempitnya
momentum yang sedang kita lalui saat ini.
8
Apabila potensi itu tidak diwujudkan dalam aksi dan momentum yang baik
dilewatkan begitu saja karena kita begitu asyik dengan urusan lain,
prediksi para investor tersebut tidak akan menjadi kenyataan. Tentunya
pilihan ada di tangan kita semua saat ini.
Pernyataan pendapat
(tesis)
|
Indonesia
menjadi buah bibir pada saat pelaksanaan Sidang Tahunan International
Monetery Fund (IMF)/World Bank (WB) 2012 Tokyo, 9—14 Oktober 2012 lalu.
Newsletter resmi yang dibagikan IMF pada
seluruh
peserta sidang mengangkat satu topik khusus mengenai Indonesia. Media
itu mengangkat hasil riset dari McKinsey dan Standard Chartered
yang mengatakan bahwa ekonomi Indonesia akan melampaui Jerman danInggris pada tahun 2030.
|
Argumentasi
|
Keyakinan
itu tentu beralasan. Indonesia diperkirakan memiliki sekitar 90 juta
orang yang berada di kelompok consuming class. Angka itu adalah angka
terbesar di dunia setelah Cina dan India. Dengan kekuatan itu pula, pada
tahun 2030 Indonesia akan menjadi kekuatan ekonomi nomor tujuh dunia
dengan nilai pendapatan nasional sebesar 1,8 triliun dolar AS dari
sektor pertanian, konsumsi, dan energi.
Indonesia
saat ini sedang berada pada laju transformasi yang pesat menuju ke arah
tersebut. Saat ini, ekonomi Indonesia berada pada posisi 16 dunia
dengan pendapatan domestik nasional sebesar 846 miliar dolar AS tahun
2011. Angka itu akan terus tumbuh hingga mencapai 1,8 triliun dolar AS
mulai tahun 2017. Pada tahun 2030, hanya Amerika Serikat, Cina, India,
Jepang, Brasil, dan Rusia, yang berada di atas ekonomi
Indonesia.Kekuatan terbesar ekonomi Indonesia tidak hanya berupa ekspor
yang didukung oleh kekuatan tenaga kerja dan komoditas, tetapi juga
kekuatan konsumsi domestik dan jasa-jasa, yang menjadi motor penggerak
ekonomi nasional. Melihat potensi yang sedemikian besar, dalam beberapa
side meeting
|
|
sidang
IMF yang sempat saya ikuti, para investor asing mengharapkan makin
banyak pilihan investasi diIndonesia. Harapan para investor tersebut
tentu merupakan peluang dan tantangan bagi Indonesia. Upaya melakukan
pendalaman pasar keuangan (financial deepening) menjadi penting dalam
memberikan ragam pilihan investasi bagi para investor. Di sisi lain,
pembenahan di sektor riil dan infrastruktur perlu
terus dilakukan secara serius guna mendukung arah untuk menjadikan ekonomi Indonesia yang terbesar di Asia Tenggara.
Saat
ini, pertumbuhan ekonomi Indonesia yang berada pada kisaran 5 persen
hingga 6 persen, apabila dapat terus dipertahankan, akan menambah jumlah
masyarakat kelas menengah hingga 90 juta orang dengan pendapatan per
kapita lebih dari 3600 dolar AS. Apabila kita mampu mendorong
pertumbuhan hingga 7 persen, jumlah
itu bertambah lagi dengan masyarakat menengah encapai 170 juta orang.
|
Penegasan ulang Pendapat
|
Berbagai
perkembangan dari sidang akbar IMF di Tokyo pekan lalu kembali
mengingatkan kita tentang besarnya potensi Indonesia dan sempitnya
momentum yang sedang kita lalui saat ini. Apabila potensi itu tidak
diwujudkan dalam aksi dan momentum yang baik dilewatkan begitu saja
karena kita begitu asyik dengan urusan lain, prediksi para investor
tersebut tidak akan menjadi kenyataan. Tentunya pilihan ada di tangan
kita semua saat ini.
|
(1)
Teks itu ditulis oleh Junanto Herdiawan, seorang ekonom dan pegiat ilmu
filsafat. Dapatkah kalian menyusun struktur teks itu ke dalam
pernyataan pendapat (tesis)^argumentasi^penegasan ulang pendapat?
Bandingkan jawaban kalian dengan struktur teks berikut ini. Perhatikan
bagian-bagian yang dicetak tebal. Tahukah kalian bahwa bagian-bagian
yang dicetak tebal itu menunjukkan apa? Kalian dapat menjawab pertanyaan
itu dengan menghubungkan penjelasan kalian dengan struktur teks
tersebut.
(2)
Setujukah kalian dengan pendapat penulis teks bahwa pada masa yang akan
datang ekonomi Indonesia lebih bagus daripada ekonomi Jerman dan
Inggris?
Saya setuju karena ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... .. ... ... ... ... ... ....
...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ...... ... ... ... ... .
...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ...... ... ... ... ... .
...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ...... ... ... ... ... .
|
Saya tidak setuju karena ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... .. ... ... ... ..
...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ...... ... ... ... ... ...
...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ...... ... ... ... ... ...
...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ...... ... ... ... ... ...
|
(3)
Dengan membandingkan pernyataan pendapat pada paragraf 1 dan penegasan
ulang pendapat pada paragraf 8--9, betulkah keduanya mengandung makna
yang sama? Jelaskan lebih lanjut!
(4)
Berapakah jumlah argumentasi yang disampaikan oleh penulis teks?
Berapakah argumentasi yang seharusnya ada dalam eksposisi? Apa yang
menentukan hal itu?
(5)
Pendapat penulis teks itu dinyatakan sebagai berikut Media itu
mengangkat hasil riset dari McKinsey dan Standard Chartered yang
mengatakan bahwa
ekonomi Indonesia akan melampaui Jerman dan Inggris pada tahun 2030.
(6) Tulislah kembali pendapat itu dengan kalimat kalian sendiri!
...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... . ... ... ... ... ..... ... ... ... ... ...
...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... . ... ... ... ... ..... ... ... ... ... ...
...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... . ... ... ... ... ..... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ...... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... . ... ... ... ... .....
|
(7)
Pernyataan ulang pendapat penulis dinyatakan secara tidak langsung
sebagai berikut: ... besarnya potensi Indonesia dan sempitnya momentum
yang sedang kita lalui saat ini. Apabila potensi itu tidak diwujudkan
dalam aksi dan momentum yang baik dilewatkan begitu saja karena kita
begitu asyik dengan urusan lain, prediksi para investor tersebut tidak
akan menjadi kenyataan.
Tulislah kembali pernyataan itu dengan kalimat kalian sendiri!
...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... . ... ... ... ... ..... ... ... ... ... ...
...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
...... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... .. ... ... ... ... .... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
|
(8) Apakah argumentasi yang diajukan oleh penulis teks disusun menurut urutan pentingnya?
Jika tidak, urutkanlah dengan menggunakan penanda argumentasi Yang
terpenting adalah ... ...; Yang berikutnya adalah ... ...; Selanjutnya,
... ...; dan sejenisnya.
(9)
Mengapa ekonomi Indonesia harus dibandingkan dengan ekonomi
negara-negara lain? Apakah hal itu digunakan untuk membangun
argumentasi?
(10)
Apa risikonya apabila perkiraan penulis teks bahwa ekonomi Indonesia
akan lebih baik daripada ekonomi negara-negara maju tidak terbukti?
Tugas 3 Membedah Struktur Teks Eksposisi
Pada
tugas ini, kalian diajak untuk menyusun kembali teks “Ekonomi
Indonesia yang akan Melampaui Jerman dan Inggris” yang telah kalian
baca. Kalian diharapkan menggunakan kata-kata sendiri tanpa mengurangi
isi teks tersebut.
(1)
Bacalah teks “Ekonomi Indonesia yang akan Melampaui Jerman dan Inggris”
tersebut sekali lagi. Susunlah kembali teks itu dengan mengatakan
pokok-pokoknya saja. Untuk mengerjakan itu, kalian hanya melengkapi
kotak-kotak yang kosong pada diagram di bawah ini.
Tahukah kalian bahwa kotak-kotak yang kosong itu berisi argumentasi
yang mendukung pendapat bahwa ekonomi Indonesia berpotensi melampaui
ekonomi Jerman dan Inggris?
(2)
Diagram yang sudah kalian lengkapi pada nomor (1) di atas dapat kalian
gunakan sebagai pedoman untuk menyusun teks baru dengan isi yang
sama. Untuk memudahkan kalian, di bawah ini tahap pernyataan pendapat
dan penegasan ulang pendapat sudah dibuat. Kalian hanya meneruskannya
dengan memformulasikan argumentasi-argumentasi yang diajukan oleh
penulis teks yang diawali oleh penanda wacana Pertama, ..., Kedua, ...,
Ketiga, ... ..., dan Keempat, ... ...
Kalian juga boleh membuat judul baru seperti contoh berikut ini.
KEUNGGULAN EKONOMI INDONESIA PADA TAHUN 2030
Pada
tahun 2030 ekonomi Indonesia akan melampaui Jerman dan Inggris. Banyak
ilmuwan menyetujui pendapat tersebut. Argumentasi yang dikemukakan
bervariasi yang secara ringkas dapat dikemukakan sebagai berikut.
Pertama,
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... .. ... ... ...
...... ... ... ... ... ... ... ... ... ...... ... ...
...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... . ... ... ... ... ... ... ... ..... ... ...
|
Kedua,
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... .. ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ...... ... ... ... ... ...
...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...... ... ... ...
...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... .. ... ... ... ... ... ... ... .... ... ... ... ...
|
Ketiga...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... .. ... ... ...
...... ... ... ... ... ... ... ... ... ...... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ...... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... . ... ... ... ... ... ...
... ..... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ......
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
|
Keempat...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... .. ... ... ...
...... ... ... ... ... ... ... ... ... ...... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ......
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... .. ... ... ... ... ... ... ... .... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... .....
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... .. ... ... ... ... ... ... ... .... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
|
Berdasarkan
argumentasi itu, kita mempunyai keyakinan bahwa ekonomi Indonesia pada
tahun 2030 akan lebih bagus daripada ekonomi sejumlah negara maju.
Keyakinan itu disepakati oleh para ilmuwan.
(3) Teks eksposisi yang kalian hasilkan itu dapat kalian ringkas lagi menjadi satu kalimat.
Untuk itu, lanjutkan permulaan kalimat ini.
Ekonomi Indonesia akan lebih bagus daripada ekonomi negara-negara maju karena ..., ..., ..., ..., dan ....
(4)
Bandingkan pekerjaan kalian dengan pekerjaan teman-teman kalian.
Kalimat-kalimat kalian boleh berbeda asalkan mengandung isi yang sama.
Tugas 4 Memahami Teks tentang Manfaat Ekonomis
Jamu
Tradisional Bacalah teks dengan judul “Manfaat Jamu Tradisional”
berikut ini. Lalu kerjakan tugas-tugas sesuai dengan petunjuk yang
diberikan!
MANFAAT JAMU TRADISIONAL
1.
Seiring dengan kemajuan zaman, banyak hal mengalami kemajuan. Yang
paling mencolok adalah kemajuan teknologi yang makin canggih dalam
berbagai aspek kehidupan. Selain itu, secara ekonomis, masyarakat juga
dapat makin menjangkau teknologi informasi dan teknologi kesehatan.
2.
Walaupun demikian, obat tradisional atau yang sering disebut jamu masih
mendapat tempat di hati masyarakat. Jamu dipercaya mempunyai banyak
kelebihan jika dibandingkan dengan obat-obatan modern seperti yang
banyak beredar di pasaran. Jamu juga dianggap lebih sesuai dengan kebanyakan penyakit modern, seperti diabetes.
3.
Berikut adalah kelebihan-kelebihan obat tradisional (Katno, Balitro
Tawangmangu, dan S. Pramono, Fakultas Farmasi UGM Yogyakarta, Tribun
Yogya edisi 16 Oktober 2011).
(1)
Obat tradisional mempunyai efek samping yang lebih kecil apabila
digunakan secara tepat, baik waktu penggunaan, takaran, cara pemakaian,
pemilihan bahan maupun penyesuaian dengan indikasi tertentu.
Gambar 3.4 Jamu tradisional dan bahan ramuan jamu
Sumber: Dokumentasi Kemendikbud
(2) Ada efek komplementer dan/atau sinergisme dalam ramuan obat tradisional (komponen bioaktif tanaman obat).
(3) Satu tanaman yang sangat murah mempunyai banyak manfaat farmakologi.
(4)
Obat tradisional lebih sesuai untuk penyakit metabolik, seperti
diabetes, kolesterol, batu ginjal, dan hepatitis (metabolik) dan
penyakit degeneratif, seperti rematik, asma, tukak lambung, ambeien, dan
pikun.
4
Keunggulan obat tradisional jika dibandingkan dengan obat modern lebih
aman dan ekonomis. Apabila dikonsumsi dalam waktu lama dan
terus-menerus, obat modern akan mengakibatkan efek samping yang dapat
memicu penyakit baru.(Diadaptasi dari
http://4loveandlife.blogspot.com/2012/06/manfaat-jamu-tradisional.html)
(1)
Kalian sudah mengetahui bahwa pada tahap awal eksposisi ditandai oleh
pernyataan pendapat. Pada teks di atas, paragraf 1 bukan merupakan tahap
pernyataan pendapat, melainkan semacam pandangan awal untuk memosisikan
jamu tradisional di peta kemajuan teknologi.
Lalu, berada di manakah tahap pernyataan pendapat?
Betulkah tahap itu diletakkan pada butir 2?
Formulasikan pernyataan pendapat itu dengan kalimat kalian sendiri dengan melanjutkan kalimat yang belum selesai ini!
Jamu masih mendapat tempat di hati masyarakat dan ... ... . ... ... ... ... ... ... ..... ... ... ... ... ... ...
...
... ...... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... .. ..... ... ... ... ... ... ... ...
... .... ...... ... ...
...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ..... ...
... ... ... ... ... ...
...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... . ..... ... ...
... ... ... ... ... ...
|
(2)
Tahap argumentasi diletakkan pada paragraf 3. Terdapat 4 argumentasi
yang disampaikan oleh penulis mengenai kepercayaan bahwa jamu
tradisional masih mengungguli obat-obatan modern. Tulis ulang keempat
argumentasi itu dengan kalimat kalian sendiri!
(a)
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
|
(b)
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... .
|
(c)
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... .. ... ... ... ... ... ... .... ... ... ... ... ... ...
|
(d)
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
.. ... ... ... ... ... ... .... ... ... ... ... ... ... ... ..
|
(3) Terletak pada paragraf berapakah tahap penegasan ulang pendapat?
Jawaban
kalian betul apabila tahap itu diletakkan pada paragraf keempat.
Nyatakan kembali dengan kalimat kalian sendiri. Buatlah kalimat kalian
sejajar dengan isi pada tahap pernyataan pendapat dengan meneruskan
kalimat yang belum selesai ini.
Berdasarkan argumentasi itu, betul bahwa ... ... ... ... ... ... ... .. ... ... . ... ... ... ... ..... .
...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... . ... . ... ... ... ... .....
...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... . ... . ... ... ... ... .......
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ...... ... . ... ... ... ... ..... ... ...
|
(4)
Setelah kalian mencermati teks “Ekonomi Indonesia akan Melampaui Jerman
dan Inggris” dan “Manfaat Jamu Tradisional”, setujukah kalian bahwa
teks eksposisi adalah teks yang digunakan untuk mengajukan pendapat
pribadi?
Akan
tetapi, perlu kita sadari bahwa pendapat itu akan diterima oleh orang
lain atau tidak sangat bergantung pada kuat atau tidaknya dan logis
tidaknya argumentasi yang diberikan. Masalah ini akan kalian pelajari
pada Kegiatan 2
berikut ini.
0 comments:
Post a Comment