PELAJARAN III
Berpendapat di
Forum Ekonomi dan Politik
Pada
era global ini, pasar cenderung bergerak bebas. Kebebasan ekonomi pasar
diperjuangkan sejalan dan seiring dengan kebebasan politik. Pada saat yang
sama, muncul juga perjuangan untuk menegakkan kebebasan berpendapat. Sehubungan
dengan tiga hal kebebasan tersebut, pelajaran ini berkenaan dengan kegiatan
berpendapat dalam forum ekonomi dan politik. Setelah belajar menyusun teks
prosedur kompleks dalam pelajaran sebelumnya, melalui pelajaran ini, kalian
melakukan kegiatan berpendapat dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis secara
baik dan benar. Kalian akan dihadapkan pada ragam bahasa yang digunakan untuk
membahas dan mengajukan pendapat di berbagai topik ekonomi dan politik,
termasuk kebijakan publik yang memicu konflik sosial.
Gambar 3.1 Praktik kebebasan berpendapat
Sumber: Dokumentasi Kemdikbud
Gambar di atas
mengilustrasikan bahwa pada prinsipnya setiap orang boleh berpendapat.
Kebebasan
berpendapat tersebut terpadu dalam satu forum dengan
kebebasan politik. Kegiatan politik yang dibelenggu
sering diikuti
atau didahului dengan pelarangan berpendapat. Kebebasan berpendapat yang
dirampas
merupakan
tanda kehidupan politik yang tidak sehat di Demokrasi yang dijalankan oleh
sebuah negara ditandai oleh adanya kebebasan berpendapat. sebuah negara. Negara
yang tidak memberikan kesempatan untuk berpendapat tidak akan menjamin
kehidupan bernegara yang demokratis. Berikut adalah gambar-gambar
yang
melukiskan pelarangan orang berpendapat di negara yang tidak demokratis.
Gambar
3.2 Simbol perampasan kebebasan berpendapat
Sumber:
Dokumentasi Kemdikbud
Demokrasi
yang dianut oleh sebuah negara ditandai oleh adanya kebebasan berpendapat.
Perampasan kebebasan berpendapat, sebagaimana digambarkan di atas, dapat
dipastikan dapat menghilangkan kebebasan berpolitik. Hilangnya kebebasan berpolitik
juga berimbas pada hilangnya kebebasan warga negara untuk melakukan kegiatan ekonomi. Kebebasan berpendapat dan
berpolitik itu diperjuangkan agar satu negara dapat berlomba dengan negara lain
untuk meningkatkan kesejahteraan warga melalui pertumbuhan ekonomi.
Di negara demokratis, perjuangan untuk
kebebasan berpendapat di forum ekonomi dan politik tentu bukan tindakan
anarkistis. Kebebasan berpendapat dilandasi budaya santun yang berlaku di
masyarakat. Melalui pelajaran ini, kalian berlatih mengemukakan pendapat dalam
teks eksposisi tentang isu ekonomi dan politik yang sedang hangat dibicarakan
di masyarakat.
Selama pelajaran ini berlangsung,
kalian diminta untuk melakanakan tugas tambahan membaca buku.
Carilah buku
yang berisi pendapat pakar perekonomian Indonesia atau pendapat pengamat
politik Indonesia. Bacalah buku itu dan tuliskanlah hasil baca buku kalian.
Kegiatan 1 Pemodelan Teks Eksposisi
Pada
kegiatan belajar ini, kalian diharapkan dapat mengenali pengungkapan pendapat
dalam bentuk teks
eksposisi
serta dapat menerapkannya pada konteks kebebasan berpendapat di forum ekonomi
dan politik. Kalian akan menggunakan beberapa teks tentang ekonomi dan politik
untuk media pembelajaran. Sebagai pembuka, bacalah terlebih dahulu puisi atau
sajak “Seonggok Jagung” pada Tugas 1 untuk mendapatkan gambaran
bahwa apabila
orang tidak dapat mengemukakan pendapat pada forum yang tepat, pada dasarnya ia
tidak dapat mengaktualisasikan dirinya. Pada Tugas 2, 3, dan 4, kalian akan
mengeksplorasi cara-cara mengajukan pendapat lebih lanjut.
Tugas 1 Menghayati Pesan Puisi
"Seonggok Jagung"
Bacalah puisi
berikut ini dengan penuh penghayatan berdasarkan puisi yang telah kamu
pelajari! Lalu, jawablah pertanyaan-pertanyaan yang diberikan di bawahnya!
SEONGGOK JAGUNG
Karya W.S. Rendra
Seonggok jagung
di kamar,
Takkan menolong
seorang pemuda
Yang pandangan
hidupnya hanya berasal dari buku,
Dan tidak dari
kehidupan…
Yang tidak
terlatih dalam metode,
Dan hanya penuh
hafalan kesimpulan,
Yang hanya
terlatih sebagai pemakai,
Tetapi kurang
latihan bebas berkarya,
Pendidikan telah
memisahkannya dari kehidupannya!
Aku bertanya
Apakah gunanya
pendidikan,
Bila hanya akan
membuat seseorang menjadi asing
Di tengah
kenyataan persoalannya?
Apakah gunanya
pendidikan bila hanya mendorong seseorang
Menjadi
layang-layang di ibu kota,
Menjadi
sekrup-sekrup di schlumberger, freeport, dan sebagainya,
Kikuk pulang ke
daerahnya?
Apakah gunanya
seseorang
Belajar teknik,
kedokteran, filsafat, sastra,
Atau apa saja,
Ketika ia pulang
ke rumahnya, lalu berkata:
“di sini aku
merasa asing dan sepi!!”
(1)
Puisi karya W.S. Rendra di atas menggambarkan
seorang pemuda yang hanya tinggal berdiam; terkungkung di dalam rumah sehingga ia tidak hidup bebas
bergerak dan berekspresi di luar rumah. Setelah membaca puisi tersebut, bandingkan isinya dengan kesempatan
kalian untuk berpendapat dalam kehidupan sehari-hari!
(2)
Bagaimanakah kesempatan kalian untuk
berpendapat di rumah?
(3)
Bagaimanakah kesempatan kalian untuk
berpendapat di masyarakat?
(4)
Setujukah kalian bahwa pendidikan sekolah yang
sekarang diselenggarakan di negara tercinta ini secara terus- menerus sedang
mengembangkan kesempatan untuk berpendapat bagi siswa?
(5)
Sebagai siswa, apakah kalian merasa bebas atau
tidak untuk berpendapat di sekolah?
(6)
Dengan cara apakah biasanya kalian mengajukan
pendapat di sekolah?
Siapa yang
biasanya mendengarkan pendapat kalian di sekolah?
(7) Saat mengikuti pelajaran di kelas, kapan
kalian diberi kesempatan untuk berpendapat?
(8) Apakah
pendapat kalian sering disetujui atau ditolak? Tahukah kalian mengapa disetujui
atau ditolak?
Tugas 2 Membaca Teks Eksposisi
tentang Ekonomi Indonesia
Bacalah teks
yang berjudul “Ekonomi Indonesia akan Melampaui Jerman dan Inggris” berikut
ini. Sebelum membaca, jawablah terlebih dahulu pertanyaan-pertanyaan berikut
ini. Setelah membaca, kerjakan
tugas-tugasnya!
(1) Menurut kalian, negara manakah yang memiliki
ekonomi yang paling bagus di dunia dan negara manakah yang memiliki ekonomi
yang paling buruk?
(2) Apabila dibandingkan dengan negara lain,
ekonomi Indonesia berada pada urutan ke berapa?
(3) Mungkinkah Indonesia memiliki ekonomi yang
setara dengan ekonomi negara-negara maju?
(4) Syarat-syarat apakah yang harus dipenuhi agar
ekonomi Indonesia menjadi setara dengan ekonomi negara-negara maju?
(5) Apakah yang ditempuh oleh pemerintah agar
syarat-syarat itu terpenuhi?
(6) Apakah yang seharusnya ditempuh oleh setiap
warga agar ekonomi Indonesia maju?
(7) Apakah yang seharusnya dilakukan oleh sekolah
agar ekonomi Indonesia maju?
(8) Apakah yang dapat kalian lakukan agar ekonomi
Indonesia maju?
Ekonomi Indonesia Akan
Melampaui Jerman Dan Inggris
Gambar 3.3
Sidang pembahasan ekonomi Indonesia
Sumber: Foto Junanto Herdiawan
1. Indonesia menjadi buah bibir pada saat pelaksanaan
Sidang Tahunan International Monetery Fund (IMF)/World Bank (WB) 2012 Tokyo,
9—14 Oktober 2012 lalu. Newsletter resmi yang dibagikan IMF kepada seluruh peserta sidang
mengangkat satu topik khusus mengenai Indonesia. Media itu mengangkat hasil riset
dari McKinsey dan Standard Chartered yang mengatakan bahwa ekonomi Indonesia
akan melampaui Jerman dan Inggris pada tahun
2030.
2 . Keyakinan itu tentu beralasan. Indonesia
diperkirakan memiliki sekitar 90 juta orang yang berada di kelompok consuming
class. Angka ini adalah angka terbesar di dunia setelah Cina dan India. Dengan
kekuatan itu pula, pada
tahun 2030
Indonesia akan menjadi kekuatan ekonomi nomor tujuh dunia dengan nilai
pendapatan nasional sebesar 1,8 triliun dolar AS dari sektor pertanian,
konsumsi, dan energi.
3 Indonesia saat ini sedang berada pada laju
transformasi yang pesat menuju ke arah tersebut. Saat ini, ekonomi Indonesia
berada pada posisi 16 dunia dengan pendapatan domestik nasional sebesar 846
miliar dolar AS tahun
2011. Angka
itu akan terus tumbuh hingga mencapai 1,8 triliun dolar AS mulai tahun 2017.
Pada tahun 2030 hanya Amerika Serikat, Cina, India, Jepang, Brasil, dan Rusia,
yang berada di atas ekonomi Indonesia.
4 Kekuatan terbesar ekonomi Indonesia tidak
hanya berupa ekspor yang didukung oleh kekuatan tenaga kerja dan komoditas,
tetapi juga kekuatan konsumsi domestik dan jasa-jasa, yang menjadi motor
penggerak ekonomi
nasional.
Melihat potensi yang sedemikian besar, dalam beberapa 83 Bahasa Indonesia
Ekspresi Diri dan Akademikside meeting sidang IMF yang sempat saya ikuti, para
investor asing mengharapkan makin banyak pilihan investasi di Indonesia.
5 Harapan para investor tersebut tentu
merupakan peluang dan tantangan bagi Indonesia. Upaya melakukan pendalaman pasar
keuangan (financial deepening) menjadi penting dalam memberikan ragam pilihan
investasi
bagi para
investor. Di sisi lain, pembenahan di sektor riil dan infrastruktur perlu terus
dilakukan secara serius guna mendukung arah untuk menjadikan ekonomi Indonesia
yang terbesar di Asia Tenggara.
6 Saat ini, pertumbuhan ekonomi Indonesia yang
berada pada kisaran5 persen hingga 6 persen, apabila dapat terus dipertahankan,
akan menambah jumlah masyarakat kelas menengah hingga 90 juta orang dengan
pendapatan per kapita lebih dari 3.600 dolar AS. Apabila kita mampu mendorong
pertumbuhan hingga 7 persen, jumlah itu bertambah lagi dengan masyarakat
menengah mencapai 170 juta orang.
7 Berbagai perkembangan dari sidang akbar IMF
di Tokyo pekan lalu kembali mengingatkan kita tentang besarnya potensi
Indonesia dan sempitnya momentum yang sedang kita lalui saat ini.
8 Apabila potensi itu tidak diwujudkan dalam
aksi dan momentum yang baik dilewatkan begitu saja karena kita begitu asyik
dengan urusan lain, prediksi para investor tersebut tidak akan menjadi
kenyataan. Tentunya pilihan ada di tangan kita
semua saat ini.
Pernyataan
pendapat
(tesis)
|
Indonesia
menjadi buah bibir pada saat pelaksanaan Sidang Tahunan International
Monetery Fund (IMF)/World Bank (WB) 2012 Tokyo, 9—14 Oktober 2012 lalu. Newsletter resmi yang dibagikan IMF pada
seluruh
peserta sidang mengangkat satu topik khusus mengenai Indonesia. Media itu
mengangkat hasil riset dari McKinsey dan Standard Chartered
yang
mengatakan bahwa ekonomi Indonesia akan melampaui Jerman danInggris pada
tahun 2030.
|
Argumentasi
|
Keyakinan
itu tentu beralasan. Indonesia
diperkirakan memiliki sekitar 90 juta orang yang berada di kelompok consuming class. Angka itu adalah angka
terbesar di dunia setelah Cina dan India. Dengan kekuatan itu pula, pada
tahun 2030 Indonesia akan menjadi kekuatan ekonomi nomor tujuh dunia dengan
nilai pendapatan nasional sebesar 1,8 triliun dolar AS dari sektor pertanian,
konsumsi, dan energi.
Indonesia
saat ini sedang berada pada laju transformasi yang pesat menuju ke arah
tersebut. Saat ini, ekonomi Indonesia berada pada posisi 16 dunia dengan
pendapatan domestik nasional sebesar 846 miliar dolar AS tahun 2011. Angka
itu akan terus tumbuh hingga mencapai 1,8 triliun dolar AS mulai tahun 2017.
Pada tahun 2030, hanya Amerika Serikat, Cina, India, Jepang, Brasil, dan
Rusia, yang berada di atas ekonomi Indonesia.Kekuatan terbesar ekonomi
Indonesia tidak hanya berupa ekspor yang didukung oleh kekuatan tenaga kerja
dan komoditas, tetapi juga kekuatan konsumsi domestik dan jasa-jasa, yang
menjadi motor penggerak ekonomi nasional. Melihat potensi yang sedemikian
besar, dalam beberapa side meeting
|
|
sidang
IMF yang sempat saya ikuti, para investor asing mengharapkan makin banyak
pilihan investasi diIndonesia. Harapan para investor tersebut tentu merupakan
peluang dan tantangan bagi Indonesia. Upaya melakukan pendalaman pasar
keuangan (financial deepening) menjadi penting dalam memberikan ragam pilihan
investasi bagi para investor. Di sisi lain, pembenahan di sektor riil dan
infrastruktur perlu
terus
dilakukan secara serius guna mendukung arah untuk menjadikan ekonomi
Indonesia yang terbesar di Asia Tenggara.
Saat
ini, pertumbuhan ekonomi Indonesia yang berada pada kisaran 5 persen hingga 6
persen, apabila dapat terus dipertahankan, akan menambah jumlah masyarakat
kelas menengah hingga 90 juta orang dengan pendapatan per kapita lebih dari
3600 dolar AS. Apabila kita mampu mendorong pertumbuhan hingga 7 persen,
jumlah
itu
bertambah lagi dengan masyarakat menengah encapai 170 juta orang.
|
Penegasan
ulang Pendapat
|
Berbagai
perkembangan dari sidang akbar IMF di Tokyo pekan lalu kembali mengingatkan
kita tentang besarnya potensi
Indonesia dan sempitnya momentum yang sedang kita lalui saat ini. Apabila
potensi itu tidak diwujudkan dalam aksi dan momentum yang baik dilewatkan
begitu saja karena kita begitu asyik dengan urusan lain, prediksi para
investor tersebut tidak akan menjadi kenyataan. Tentunya pilihan ada di tangan kita semua
saat ini.
|
(1)
Teks itu ditulis oleh Junanto Herdiawan, seorang ekonom dan pegiat ilmu
filsafat. Dapatkah kalian menyusun struktur teks itu ke dalam pernyataan
pendapat (tesis)^argumentasi^penegasan ulang pendapat?
Bandingkan jawaban kalian dengan struktur
teks berikut ini. Perhatikan bagian-bagian yang dicetak tebal. Tahukah kalian
bahwa bagian-bagian yang dicetak tebal itu menunjukkan apa? Kalian dapat
menjawab pertanyaan itu dengan menghubungkan penjelasan kalian dengan struktur
teks tersebut.
(2) Setujukah kalian dengan pendapat penulis teks
bahwa pada masa yang akan datang ekonomi Indonesia lebih bagus daripada ekonomi Jerman dan Inggris?
Saya setuju karena ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... .. ... ... ...
... ... ....
...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ...... ... ... ... ... .
...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ...... ... ... ... ... .
...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ...... ... ... ... ... .
|
Saya tidak setuju karena ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... .. ... ...
... ..
... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
...... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
...... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
...... ... ... ... ... ...
|
(3) Dengan membandingkan pernyataan pendapat pada
paragraf 1 dan penegasan ulang pendapat pada paragraf 8--9, betulkah keduanya
mengandung makna yang sama? Jelaskan lebih lanjut!
(4) Berapakah jumlah argumentasi yang disampaikan
oleh penulis teks? Berapakah argumentasi yang seharusnya ada dalam eksposisi?
Apa yang menentukan hal itu?
(5) Pendapat penulis teks itu dinyatakan sebagai
berikut Media itu mengangkat hasil riset dari McKinsey dan Standard Chartered
yang mengatakan bahwa
ekonomi
Indonesia akan melampaui Jerman dan Inggris pada tahun 2030.
(6) Tulislah kembali pendapat itu dengan
kalimat kalian sendiri!
... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... .
... ... ... ... ..... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... .
... ... ... ... ..... ... ... ... ... ...
...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... . ... ... ... ... ..... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ...... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... . ... ... ... ... .....
|
(7) Pernyataan ulang pendapat penulis dinyatakan
secara tidak langsung sebagai berikut: ... besarnya potensi Indonesia dan
sempitnya momentum yang sedang kita lalui saat ini. Apabila potensi itu tidak
diwujudkan dalam aksi dan momentum yang baik dilewatkan begitu saja karena kita
begitu asyik dengan urusan lain, prediksi para investor tersebut tidak akan
menjadi kenyataan.
Tulislah kembali
pernyataan itu dengan kalimat kalian sendiri!
... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... .
... ... ... ... ..... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... .. ... ... ... ... .... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
|
(8) Apakah argumentasi yang diajukan oleh penulis
teks disusun menurut urutan pentingnya?
Jika tidak, urutkanlah dengan menggunakan
penanda argumentasi Yang terpenting
adalah ... ...; Yang berikutnya adalah ... ...; Selanjutnya, ... ...; dan
sejenisnya.
(9) Mengapa ekonomi Indonesia harus dibandingkan
dengan ekonomi negara-negara lain? Apakah hal itu digunakan untuk membangun
argumentasi?
(10) Apa risikonya apabila perkiraan penulis teks
bahwa ekonomi Indonesia akan lebih baik daripada ekonomi negara-negara maju
tidak terbukti?
Tugas 3 Membedah Struktur Teks
Eksposisi
Pada
tugas ini, kalian diajak untuk menyusun
kembali teks “Ekonomi Indonesia yang akan Melampaui Jerman dan Inggris” yang
telah kalian baca. Kalian diharapkan menggunakan kata-kata sendiri tanpa
mengurangi isi teks tersebut.
(1) Bacalah teks “Ekonomi Indonesia yang akan
Melampaui Jerman dan Inggris” tersebut sekali lagi. Susunlah kembali teks itu
dengan mengatakan pokok-pokoknya saja. Untuk mengerjakan itu, kalian hanya
melengkapi kotak-kotak yang kosong pada diagram di bawah ini.
Tahukah
kalian bahwa kotak-kotak yang kosong itu berisi argumentasi yang mendukung
pendapat bahwa ekonomi Indonesia berpotensi melampaui ekonomi Jerman dan
Inggris?
(2) Diagram yang sudah kalian lengkapi pada nomor
(1) di atas dapat kalian gunakan sebagai
pedoman untuk menyusun teks baru dengan isi yang sama. Untuk memudahkan kalian, di bawah ini tahap
pernyataan pendapat dan penegasan ulang pendapat sudah dibuat. Kalian hanya meneruskannya
dengan memformulasikan argumentasi-argumentasi yang diajukan oleh penulis teks
yang diawali oleh penanda wacana Pertama, ..., Kedua, ..., Ketiga, ... ..., dan
Keempat, ... ...
Kalian juga boleh membuat judul baru
seperti contoh berikut ini.
KEUNGGULAN EKONOMI
INDONESIA PADA TAHUN
2030
Pada
tahun 2030 ekonomi Indonesia akan melampaui Jerman dan Inggris. Banyak ilmuwan
menyetujui pendapat tersebut. Argumentasi yang dikemukakan bervariasi yang
secara ringkas dapat dikemukakan sebagai berikut.
Pertama,
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... .. ... ... ... ......
... ... ... ... ... ... ... ... ...... ... ...
...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ...
...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... . ... ... ... ... ...
... ... ..... ... ...
|
Kedua, ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... .. ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...... ... ... ... ...
...
...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ...... ... ... ...
...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... .. ... ... ... ... ... ... ...
.... ... ... ... ...
|
Ketiga...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... .. ... ... ... ......
... ... ... ... ... ... ... ... ...... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... .
... ... ... ... ... ... ... ..... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ......
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ...
|
Keempat...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... .. ... ... ... ......
... ... ... ... ... ... ... ... ...... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ......
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... .. ... ... ... ... ... ... ... ....
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... .....
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
.. ... ... ... ... ... ... ... ....
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
|
Berdasarkan
argumentasi itu, kita mempunyai keyakinan bahwa ekonomi Indonesia pada tahun
2030 akan lebih bagus daripada ekonomi sejumlah negara maju. Keyakinan itu
disepakati oleh para ilmuwan.
(3) Teks eksposisi yang kalian hasilkan itu dapat
kalian ringkas lagi menjadi satu kalimat.
Untuk itu, lanjutkan permulaan kalimat
ini.
Ekonomi
Indonesia akan lebih bagus daripada ekonomi negara-negara maju karena ..., ...,
..., ..., dan ....
(4) Bandingkan pekerjaan kalian dengan pekerjaan
teman-teman kalian. Kalimat-kalimat kalian boleh berbeda asalkan mengandung isi yang sama.
Tugas
4 Memahami Teks tentang Manfaat Ekonomis
Jamu
Tradisional Bacalah teks dengan judul “Manfaat Jamu Tradisional” berikut ini.
Lalu kerjakan tugas-tugas sesuai dengan petunjuk yang diberikan!
MANFAAT JAMU TRADISIONAL
1. Seiring dengan kemajuan zaman, banyak hal
mengalami kemajuan. Yang paling mencolok adalah kemajuan teknologi yang makin
canggih dalam berbagai aspek kehidupan. Selain itu, secara ekonomis, masyarakat
juga
dapat makin
menjangkau teknologi informasi dan teknologi kesehatan.
2. Walaupun demikian, obat tradisional atau yang
sering disebut jamu masih mendapat tempat di hati masyarakat. Jamu dipercaya
mempunyai banyak kelebihan jika dibandingkan dengan obat-obatan modern seperti
yang
banyak beredar
di pasaran. Jamu juga dianggap lebih sesuai dengan kebanyakan penyakit modern,
seperti diabetes.
3. Berikut adalah kelebihan-kelebihan obat
tradisional (Katno, Balitro Tawangmangu, dan S. Pramono, Fakultas Farmasi UGM
Yogyakarta, Tribun Yogya edisi 16 Oktober 2011).
(1) Obat tradisional mempunyai efek samping yang
lebih kecil apabila digunakan secara tepat, baik waktu penggunaan, takaran,
cara pemakaian, pemilihan bahan maupun penyesuaian dengan indikasi
tertentu.
Gambar
3.4 Jamu tradisional dan bahan ramuan jamu
Sumber:
Dokumentasi Kemendikbud
(2) Ada efek komplementer dan/atau sinergisme
dalam ramuan obat tradisional (komponen bioaktif tanaman obat).
(3) Satu tanaman yang sangat murah mempunyai
banyak manfaat farmakologi.
(4) Obat tradisional lebih sesuai untuk penyakit
metabolik, seperti diabetes, kolesterol, batu ginjal, dan hepatitis (metabolik)
dan penyakit degeneratif, seperti rematik, asma, tukak lambung, ambeien, dan
pikun.
4 Keunggulan obat tradisional jika dibandingkan
dengan obat modern lebih aman dan ekonomis. Apabila dikonsumsi dalam waktu lama
dan terus-menerus, obat modern akan mengakibatkan efek samping yang dapat
memicu penyakit baru.(Diadaptasi dari
http://4loveandlife.blogspot.com/2012/06/manfaat-jamu-tradisional.html)
(1) Kalian sudah mengetahui bahwa pada tahap awal
eksposisi ditandai oleh pernyataan pendapat. Pada teks di atas, paragraf 1
bukan merupakan tahap pernyataan pendapat, melainkan semacam pandangan awal
untuk memosisikan jamu tradisional di peta kemajuan teknologi.
Lalu, berada
di manakah tahap pernyataan pendapat?
Betulkah tahap
itu diletakkan pada butir 2?
Formulasikan
pernyataan pendapat itu dengan kalimat kalian sendiri dengan melanjutkan
kalimat yang belum selesai ini!
Jamu
masih mendapat tempat di hati masyarakat dan ... ... . ...
... ... ... ... ... ..... ... ... ... ... ... ...
... ... ...... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... .. .....
... ... ... ... ... ... ... ... .... ...... ... ...
...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ..... ... ... ... ... ... ... ...
...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... . ..... ... ... ... ... ... ... ... ...
|
(2) Tahap argumentasi diletakkan pada paragraf 3.
Terdapat 4 argumentasi yang disampaikan oleh penulis mengenai kepercayaan bahwa
jamu tradisional masih mengungguli obat-obatan modern. Tulis ulang keempat
argumentasi itu dengan kalimat kalian sendiri!
(a) ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
|
(b) ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... .
|
(c) ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... .. ...
... ... ... ... ... .... ... ... ... ... ... ...
|
(d) ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... .. ... ...
... ... ... ... .... ... ... ... ... ... ... ... ..
|
(3) Terletak pada paragraf berapakah tahap
penegasan ulang pendapat?
Jawaban kalian
betul apabila tahap itu diletakkan pada paragraf keempat. Nyatakan kembali
dengan kalimat kalian sendiri. Buatlah kalimat kalian sejajar dengan isi pada
tahap pernyataan pendapat dengan meneruskan kalimat yang belum selesai ini.
Berdasarkan argumentasi itu, betul bahwa ... ...
... ... ... ... ... .. ... ... . ... ... ... ... ..... .
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... . ... . ... ... ...
... .....
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... . ... . ... ... ...
... ....... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...... ... . ... ... ...
... ..... ... ...
|
(4) Setelah kalian mencermati teks “Ekonomi
Indonesia akan Melampaui Jerman dan Inggris” dan “Manfaat Jamu Tradisional”, setujukah kalian bahwa teks
eksposisi adalah teks yang digunakan untuk mengajukan pendapat pribadi?
Akan tetapi,
perlu kita sadari bahwa pendapat itu akan diterima oleh orang lain atau tidak
sangat bergantung pada kuat atau tidaknya dan logis tidaknya argumentasi yang
diberikan. Masalah ini akan kalian pelajari pada Kegiatan 2
berikut ini.
0 comments:
Post a Comment