Friday, August 9, 2013

FORMAT PENILAIAN DAN RUBRIK

PERNYATAAN PRIBADI


Nama Siswa
:

Kelas & NIS
:

Tanggal
:

Petunjuk:

Siswa diminta untuk menjawab pertanyaan di bawah ini dengan penuh kejujuran dan tanggung jawab.

Pengenalan Diri Sendiri dan Keluarga
Uraian  Jawaban
Kegiatan sekolah:
a)  Manakah bagian kegiatan kelas (tema, genre, atau
jenis teks) yang paling menantang dalam
pembelajaran bahasa Indonesia?
b)  Manakah kegiatan ekstrakurikuler (kepemimpinan, kegiatan sosial, dsb.) yang paling menantang eingintahuan?

Rencana studi lanjut:
a.  Apakah bidang yang diinginkan untuk studi lanjut?
b.  Mengapa bidang tersebut dipilih untuk studi lanjut?
c.  Di universitas manakah studi lanjut tersebut hendak dilakukan?

Rencana karier:
Apakah bidang pekerjaan yang diinginkan setelah lulus studi
lanjut?
Apa cita-cita yang diimpikan?
Penutup (Sertakan informasi yang dianggap relevan)



REKAMAN KEGIATAN


Nama Siswa
:

Kelas & NIS
:

Tanggal
:

Petunjuk:

Siswa diminta untuk menuliskan kegiatan yang telah atau sedang ditempuh dan diminta untuk memberikan kesan (termasuk dalam hal kebahasaan) selama keikutsertaannya dalam kegiatan tersebut. Jika mampu berprestasi, siswa diminta untuk menyebutkan apakah yang dapat membuatnya berhasil? Jika siswa gagal berprestasi, siswa diminta untuk menyebutkan apa hambatannya.

No.
Nama Kegiatan
Prestasi yang Dicapai

































PENILAIAN PRESENTASI LISAN


Nama
:

Kelas & NIS
:

Tanggal
:


No.
Aspek
Kurang (1)
Baik (2)
Amat Baik (3)
1.
Persiapan
Gagasan siswa tidak terorganisasi dan siswa tidak menguasai isi.
Gagasan siswa terorganisasikan;
siswa tampak terlatih dan
siap melakukan presentasi.
Gagasan siswa terorganisasikan,
terkembang, dan terkait untuk mendukung tujuan; tujuan presentasi ditunjukkan secara jelas.
2.
Penyampaian
Penyajian siswa tergantung banyak pada catatan/media visual; siswa lebih banyak membaca daripada melakukan presentasi.
Siswa dapat menyampaikan
dan tidak membaca materi presentasi.

Presentasi siswa tampak alami dan santai tanpa mengurangi keseriusan.

3.
Penampilan
Pilihan pakaian siswa dan penampilan diri tidak sesuai dengan konteks; siswa kurang menghormati siswa lain.
Pilihan pakaian siswa dan penampilan diri sesuai dengan konteks; siswa menghormati siswa lain.
Pilihan pakaian siswa
dan penampilan diri sesuai dengan konteks; penampilan
sesuai dengan harapan.
4.
Komunikasi
nonverbal
Variasi ekspresi
siswa dan kontak
mata hanya sedikit.
Siswa menggunakan
ekspresi wajah dan ontak mata untuk menjaga komunikasi dengan siswa lain.
Secara konsisten siswa menggunakan ekspresi wajah dan kontak mata dengan penuh makna.
Gerakan siswa
mengganggu dan/atau tidak tepat.
Penggunaan gerakan siswa dapat membantu presentasi.
 Gerakan siswa menghidupkan presentasi.

5.
Komunikasi
verbal
Siswa seolah-olah berbicara pada diri sendiri; berbicara
terlalu cepat sehingga yang
dikatakan tidak dapat dipahami dengan baik;
dan/atau tidak terdengar.
Pengucapan umumnya
dilakukan dengan baik; jeda terjaga dengan baik;
volume suara dijaga sesuai dengan situasi.

Pengucapan siswa secara konsisten baik sehingga presentasi mudah dipahami; jeda terjaga dengan baik.

6.
Pemanfaatan
peranti bahasa
Penguasaan peranti bahasa
terbatas; presentasi dipenuhi dengan bahasa gaul, jargon; peranti kebahasaan yang
digunakan sangat membosankan.
Penggunaan peranti bahasa sesuai dengan
tujuan meskipun eberapa bagian presentasi tidak begitu jelas.
Peranti bahasa dimanfaatkan secara jelas, tepat, dan
canggih.

7.
Alat bantu
visual
Penggunaan teknologi visual
mengganggu dan/atau tidak
mendukung presentasi.
Siswa memadukan
penggunaan teknologi dan/atau audio-visual;
penggunaannya mendukung presentasi.
Siswa secara kreatif
mengintegrasikan
teknologi/visual untuk presentasi.

8.
Tanggapan
terhadap
pertanyaan
Tanggapan terhadap
pertanyaan peserta kurang
dikembangkan atau tidak jelas.
Tanggapan terhadap
pertanyaan peserta
pada umumnya relevan, tetapi penjelasan masih
kurang.
Tanggapan terhadap
pertanyaan peserta
terfokus dan relevan; ringkasan disampaikan apabila diperlukan.
9.
Isi
Siswa masih kurang menguasai topic
Siswa telah menguasai topik

Siswa telah menguasai topik yang sangat lengkap dengan perinciannya.Komentar:





Komentar

... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...

... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...

... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...

... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...





0 comments:

LINKS FROM ME (2)

GESKRIPSI


BLOG INI DIBANGUN OLEH GURU YANG INGIN MEMPERCEPAT ALUR INFORMASI DALAM IMPLEMENTYASI KURIKULUM 2013 KARENA ITU MOHON DO'A RESTU DAN MOTIVASI
Powered by Blogger.