PERNYATAAN PRIBADI
Nama Siswa
|
:
|
|
Kelas & NIS
|
:
|
|
Tanggal
|
:
|
Petunjuk:
Pengenalan
Diri Sendiri dan Keluarga
|
Uraian Jawaban
|
Kegiatan sekolah:
a) Manakah bagian kegiatan kelas
(tema, genre, atau
jenis teks) yang paling menantang dalam
pembelajaran bahasa Indonesia?
b) Manakah kegiatan
ekstrakurikuler (kepemimpinan, kegiatan sosial, dsb.) yang paling menantang
eingintahuan?
|
|
Rencana studi lanjut:
a. Apakah bidang yang diinginkan
untuk studi lanjut?
b. Mengapa bidang tersebut
dipilih untuk studi lanjut?
c. Di universitas manakah studi
lanjut tersebut hendak dilakukan?
|
|
Rencana karier:
Apakah bidang pekerjaan yang diinginkan setelah lulus studi
lanjut?
Apa cita-cita yang diimpikan?
Penutup (Sertakan informasi yang dianggap relevan)
|
REKAMAN KEGIATAN
Nama Siswa
|
:
|
|
Kelas & NIS
|
:
|
|
Tanggal
|
:
|
Petunjuk:
No.
|
Nama Kegiatan
|
Prestasi yang Dicapai
|
PENILAIAN PRESENTASI LISAN
Nama
|
:
|
|
Kelas & NIS
|
:
|
|
Tanggal
|
:
|
No.
|
Aspek
|
Kurang (1)
|
Baik (2)
|
Amat Baik (3)
|
|
1.
|
Persiapan
|
Gagasan siswa tidak
terorganisasi dan siswa tidak menguasai isi.
|
Gagasan siswa
terorganisasikan;
siswa tampak
terlatih dan
siap melakukan
presentasi.
|
Gagasan siswa
terorganisasikan,
terkembang, dan
terkait untuk mendukung tujuan; tujuan presentasi ditunjukkan secara jelas.
|
|
2.
|
Penyampaian
|
Penyajian siswa tergantung banyak
pada catatan/media visual; siswa lebih banyak membaca daripada melakukan
presentasi.
|
Siswa dapat menyampaikan
dan tidak membaca materi presentasi.
|
Presentasi siswa
tampak alami dan santai tanpa mengurangi keseriusan.
|
|
3.
|
Penampilan
|
Pilihan pakaian
siswa dan penampilan diri tidak sesuai dengan konteks; siswa kurang
menghormati siswa lain.
|
Pilihan pakaian
siswa dan penampilan diri sesuai dengan konteks; siswa menghormati siswa
lain.
|
Pilihan pakaian
siswa
dan penampilan diri
sesuai dengan konteks; penampilan
sesuai dengan
harapan.
|
|
4.
|
Komunikasi
nonverbal
|
Variasi ekspresi
siswa dan kontak
mata hanya sedikit.
|
Siswa menggunakan
ekspresi wajah dan
ontak mata untuk menjaga komunikasi dengan siswa lain.
|
Secara konsisten
siswa menggunakan ekspresi wajah dan kontak mata dengan penuh makna.
|
|
Gerakan siswa
mengganggu dan/atau
tidak tepat.
|
Penggunaan gerakan
siswa dapat membantu presentasi.
|
Gerakan siswa menghidupkan presentasi.
|
|||
5.
|
Komunikasi
verbal
|
Siswa seolah-olah berbicara pada
diri sendiri; berbicara
terlalu cepat sehingga yang
dikatakan tidak dapat dipahami
dengan baik;
dan/atau tidak terdengar.
|
Pengucapan umumnya
dilakukan dengan baik; jeda
terjaga dengan baik;
volume suara dijaga sesuai dengan
situasi.
|
Pengucapan siswa secara konsisten
baik sehingga presentasi mudah dipahami; jeda terjaga dengan baik.
|
|
6.
|
Pemanfaatan
peranti bahasa
|
Penguasaan peranti
bahasa
terbatas; presentasi
dipenuhi dengan bahasa gaul, jargon; peranti kebahasaan yang
digunakan sangat
membosankan.
|
Penggunaan peranti
bahasa sesuai dengan
tujuan meskipun
eberapa bagian presentasi tidak begitu jelas.
|
Peranti bahasa
dimanfaatkan secara jelas, tepat, dan
canggih.
|
|
7.
|
Alat bantu
visual
|
Penggunaan teknologi visual
mengganggu dan/atau tidak
mendukung presentasi.
|
Siswa memadukan
penggunaan teknologi dan/atau
audio-visual;
penggunaannya mendukung
presentasi.
|
Siswa secara kreatif
mengintegrasikan
teknologi/visual untuk presentasi.
|
|
8.
|
Tanggapan
terhadap
pertanyaan
|
Tanggapan terhadap
pertanyaan peserta
kurang
dikembangkan atau
tidak jelas.
|
Tanggapan terhadap
pertanyaan peserta
pada umumnya
relevan, tetapi penjelasan masih
kurang.
|
Tanggapan terhadap
pertanyaan peserta
terfokus dan
relevan; ringkasan disampaikan apabila diperlukan.
|
|
9.
|
Isi
|
Siswa masih kurang menguasai topic
|
Siswa telah menguasai topik
|
Siswa telah menguasai topik yang
sangat lengkap dengan perinciannya.Komentar:
|
|
Komentar
|
|||||
... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
|
|||||
... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
|
|||||
... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
|
|||||
... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
|
|||||
0 comments:
Post a Comment