Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
|
|
KI 2 :
|
Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
Memahami, menerapkan,
menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural,
dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
|
|
Mengolah, menalar,
menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta
bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
|
Kompetensi
Dasar
|
\Materi
Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
1.1 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan
menggunakan-nnya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa.
|
-
-
|
||||
2.1 Menunjukkan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun
dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk membuat anekdot mengenai permasalahan sosial, ingkungan, dan kebijakan publik.
|
|||||
|
-
|
||||
2.2
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, dan proaktif dalam
menggunakan bahasa Indonesia untuk menceritakan hasil observasi.
|
|||||
1.3 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan
bahasa Indonesia dan menggunakan-nya sebagai sarana komunikasi dalam
mengolah, menalar,
dan menyajikan
informasi lisan dan tulis melalui teks anekdot, laporan hasil observasi,
prosedur kompleks, dan negosiasi.
|
-
|
||||
2.3
Menunjukkan
perilaku jujur, tanggung jawab, dan disiplin dalam
menggunakan bahasa Indonesia untukmenunjukkan tahapan dan langkah yang telah
ditentukan.
|
|||||
2.4
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, peduli, dan santun dalam
menggunakan bahasa Indonesia untuk bernegosiasi merundingkan masalah
perburuhan, perdagangan, dan kewirausahaan.
|
|||||
2.5
Menunjukkan
perilaku jujur, peduli, santun, dan tanggung jawab dalam
penggunaan bahasa Indonesia untuk memaparkan konflik sosial, politik,
ekonomi,dan kebijakan publik.
|
|||||
3.1 Memahami struktur dan kaidah teks anekdot baik melalui lisan maupun tulisan
|
·
Pengenalan struktur isi teks anekdot
·
Pengenalan ciri bahasa teks anekdot
·
Pemahaman isi teks anekdot
·
Makna kata, istilah, dan ungkapan dalam teks anekdot
·
Pemahaman isi teks anekdot
|
Mengamati
· Peserta
didik membaca contoh
teks anekdot dengan rasa ingin tahu.
· Peserta
didik mencermati uraian yang berkaitan dengan struktur isi teks anekdot (abstrak, orientasi,
krisis, respon, dan coda).
· Peserta didik membaca contoh teks anekdot yang lain.
Mempertanyakan
· Peserta
didik mempertanyakan struktur isi teks anekdot
(abstrak, orientasi, krisis, respon, dan coda) dengan cermat.
· Peserta
didik membuat pertanyaan yang berhubungan dengan isi teks
anekdot dengan bahasa yang komunikatif.
Mengeksplorasi
· Peserta
didik menemukan struktur isi teks anekdot (abstrak,
orientasi, krisis, respon, dan coda).
· Peserta
didik menemukan ciri bahasa teks anekdot (pertanyaan
retoris, proses material, dan konjungsi temporal).
· Peserta
didik menjelaskan makna kata,
istilah, dan ungkapan dalam teks anekdot.
Mengasosiasikan
· Peserta
didik mendiskusikan dan menyimpulkan hasil temuan terkait dengan struktur isi (abstrak,
orientasi, krisis, respon, dan coda) dan ciri bahasa teks anekdot (pertanyaan
retoris, proses material, dan konjungsi temporal).
·
Peserta didik mendiskusikan
dan menyimpulkan makna kata, istilah, ungkapan teks anedot
dalam diskusi kelas dengan saling menghargai.
Mengomunikasikan
· Peserta
didik mengomunikasi-kan dan saling menilai kebenaran/ketepatan kesimpulan antarkelompok.
·
Peserta didik mempresentasikan makna kata,
istilah, ungkapan teks anedot dengan rasa percaya diri.
· Peserta
didik
menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun.
|
Tugas
·
Para
Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks anekdot.
·
Secara
individual Peserta didik diminta menginter-pretasi makna teks anekdot baik secara lisan maupun
tulisan.
Observasi: Guru mengamati kegiatan Peserta didik dalam proses
mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan terhadap hasil pengamatan anekdot.
Portofolio : Guru menilai
laporan Peserta didik tentang struktur dan kaidah teks anekdot.
Tes tertulis:
Guru menilai
kemampuan Peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menginterpretasi makna teks anekdot baik secara lisan maupun tulisan.
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU PESERTA DIDIK BAHASA INDONESIA SMA/SMK/MA
KELAS X (WAJIB), KEMDIKBUD
|
4.1 Menginterpretasi
makna teks anekdot
baik secara lisan maupun tulisan
|
|||||
3.2 Membandingkan teks anekdot baik melalui lisan maupun tulisan
|
·
Persamaan/perbedaan struktur isi dan ciri bahasa dua teks anekdot
·
Langkah-langkah penulisan teks anekdot (mengamati, menemukan topik, mengembangkan
sesuai dengan struktur isi dan ciri bahasa)
|
Mengamati
·
Peserta didik membaca dua teks anekdot.
·
Peserta didik mengamati peristiwa/kejadian yang unik atau aneh.
Mempertanyakan
·
Peserta didik mempertanyakan persamaan dan
perbedaan dua teks anekdot.
·
Peserta didik membuat pertanyaan tentang
peristiwa unik atau aneh yang diamati.
Mengeksplorasi
·
Peserta didik mengidentifikasi persamaan struktur isi dua teks anedot yang dibaca.
·
Peserta didik mengidentifikasi persamaan ciri bahasa dua teks anedot yang dibaca.
·
Peserta didik mengidentifikasi perbedaan
struktur isi dua teks anedot yang dibaca.
·
Peserta didik mengidentifikasi perbedaan ciri bahasa dua teks anedot yang dibaca.
·
Peserta didik membuat teks anekdot sesuai dengan struktur isi teks anekdot (abstrak, orientasi,
krisis, respon, coda), ciri bahasa (pertanyaan retoris, proses
material, konjungsi temporal), dan kelucuan.
Mengasoasiasikan
·
Peserta didik mendiskusikan dan
menyimpulkan persamaan dan
perbedaan dua teks anekdot.
·
Peserta didik mencari
hubungan antara topik dengan struktur isi teks anekdot
Mengomunikasikan
·
Peserta didik menjelaskan persamaan dan
perbedaan dua teks anekdot.
·
Peserta didik membacakan teks anekdot dengan intonasi dan ekspresi yang tepat serta saling memberikan komentar.
|
Tugas:
·
Para
Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami persamaan dan perbedaan dua
buah teks anekdot yang dibaca.
·
Secara
individual peserta didik diminta memproduksi teks anekdot yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik
secara lisan maupun tulisan.
Observasi: Guru mengamati kegiatan peserta didik dalam proses
mengumpulkan data, analisis data, dan pembuatan laporan.
Portofolio : Guru menilai
laporan peserta didik tentang persamaan dan perbedaan dua buah teks anekdot yang dibaca.
Tes tertulis: Guru menilai
kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan memproduksi teks anekdot yang koheren sesuai dengan
karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan.
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU PESERTA DIDIK BAHASA INDONESIA SMA/SMK/MA
KELAS X (WAJIB)
|
4.2 Memproduksi
teks anekdot baik secara lisan maupun tulisan
|
|||||
3.3 Menganalisis
teks anekdot baik melalui lisan maupun tulisan
|
·
Analisis isi teks
anekdot
·
Penyuntingan isi sesuai dengan
struktur isi teks anekdot
·
Penyuntingan bahasa sesuai dengan
struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca
|
Mengamati
·
Peserta didik membaca teks anekdot.
·
Peserta didik membaca teks anekdot yang ditulis teman.
Mempertanyakan
·
Peserta didik mempertanyakan isi teks anekdot.
·
Peserta didik mempertanyakan struktur dan kaidah
teks anekdot.
Mengeksplorasi
·
Peserta didik menganalisis isi teks anekdot(aspek kelucuan, sindiran, dan pengandaian) dengan cermat.
· Peserta
didik
menganalisis bahasa teks anekdot (pilihan kata, gaya bahasa, dan konjungsi )
dengan cermat.
·
Peserta didik menyunting teks yang ditulis
teman dari aspek struktur isi dan bahasa teks anekdot dengan cermat.
·
Peserta didik memperbaiki teks anekdot berdasarkan hasil suntingan.
Mengasosiasikan
· Peserta
didik membandingkan hasil
analisis dan saling melengkapi untuk mencari kebenaran.
·
Peserta didik menemukan dan menyimpulkan
struktur dan kaidah teks anekdot yang baik.
Mengomunikasikan
· Peserta
didik
mempresentasikan hasil analisis dengan rasa percaya diri.
· Peserta
didik
menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun.
·
Peserta didik membacakan teks anekdot dengan intonasi dan ekspresi yang tepat.
· Peserta didik mengomentari /menanggapi struktur isi dan bahasa teks
anekdot yang dibacakan teman/kelompok
lain dengan santun.
|
Tugas:
·
Para
Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks anekdot.
·
Secara
individual peserta didik diminta menyunting teks anekdot sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara
lisan maupun tulisan.
Observasi: Guru mengamati
kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan
pembuatan laporan.
Portofolio : Guru menilai
laporan peserta didik tentang struktur dan kaidah teks anekdot.
Tes tertulis : Guru menilai
kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menyunting teks anekdot sesuai dengan struktur dan
kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU PESERTA DIDIK BAHASA INDONESIA SMA/SMK/MA
KELAS X (WAJIB)
|
4.3 Menyunting
teks anekdot sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun
tulisan
|
|||||
3.4
Mengidentifikasi teks anekdot secara lisan maupun tulisan
|
· Identifikasi karakteristik teks anekdot
· Langkah-langkah membuat abstraksi teks eksposisi
|
Mengamati
·
Peserta didik membaca contoh teks enekdot.
Mempertanyakan
·
Peserta didik mempertanyakan garis besar
(abstraksi) teks anekdot yang dibaca.
Mengekplorasi
·
Peserta didik mengidentifikasi ciri-ciri teks
anekdot.
·
Peserta didik menuliskan garis besar isi (abstraksi)
teks anekdot dalam
beberapa kalimat secara terpadu.
Mengasosiasikan
·
Peserta didik membandingkan garis besar isi
(abstraksi) anekdot antarPeserta didik untuk mencari yang terbaik.
Mengkomunikasikan
·
Peserta didik menuliskan laporan kerja kelompok tentang karakteristik
teks cerita sejarah.
·
Peserta didik membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas dan Peserta didik lain
memberikan tanggapan.
· Peserta didik mempresentasi-
kan abstraksi teks
aneknot yang
terbaik.
|
Tugas:
·
Para
Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks anekdot.
·
Secara
individual peserta didik diminta menyunting teks anekdot sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara
lisan maupun tulisan.
Observasi: Guru mengamati kegiatan peserta didik dalam proses
mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio : Guru menilai
laporan peserta didik tentang struktur dan kaidah teks anekdot.
Tes tertulis : Guru menilai
kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menyunting teks anekdot sesuai dengan struktur dan
kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU PESERTA DIDIK BAHASA INDONESIA SMA/SMK/MA
KELAS X (WAJIB)
|
4.4 Mengabstraksi
teks anekdot baik secara lisan maupun tulisan
|
|||||
3.5
Mengevaluasi teks anekdot baik melalui lisan maupun
tulisan
|
·
Evaluasi struktur isi dan bahasa
teks anekdot
·
Langkah- langkah konversi
teks anekdot menjadi teks monolog
·
Langkah- langkah konversi
teks anekdot menjadi teks drama pendek
|
Mengamati
·
Peserta didik membaca contoh hasil evaluasi (kekurangan/kelebihan) struktur isi dan bahasa teks anekdot.
·
Peserta didik membaca contoh teks anekdot dan
memahami isinya.
Mempertanyakan
·
Peserta didik mempertanyakan contoh hasil evaluasi (kekurangan/kelebihan) struktur isi dan bahasa teks anekdot.
·
Peserta didik mempertanyakan isi
teks anekdot yang dibaca.
Mengeksplorasi
·
Peserta didik membaca contoh teks anekdot.
·
Peserta didik mengevaluasi (kekurangan/kelebihan) struktur
isi dan bahasa teks anekdot dengan cermat.
·
Peserta didik menulis ulang teks anekdot dalam bentuk uraian
monolog
·
Peserta didik membuat
naskah drama pendek (untuk 10 menit) yang berisi kritik sosial dengan
memperhatikan struktur teks anekdot: abstraksi, orientasi, krisis, reaksi, dan
coda.
Mengasosiasikan
· Peserta
didik mendiskusikan dan
menyimpulkan
hasil evaluasi (kekurangan/kelebihan) terhadap teks anekdot
dengan teman atau kelompok lain.
·
Peserta didik mencari
kesesuaian antara teks anekdot dengan tulisan cerita ulang teks anekdot.
Mengomunikasikan
· Peserta
didik
mempresentasikan hasil evaluasi (kekurangan/kelebihan)
terhadap
teks anekdot dengan rasa percaya diri.
· Peserta
didik
menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun.
·
Peserta didik memeragakan /mementaskan hasil konversi
teks anekdot
· Peserta
didik mengomentari pementasan teks
anekdot
|
Tugas:
·
Para
Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami kaidah-kaidah penulisan teks anekdot.
·
Secara
individual peserta didik diminta mengonversi teks anekdot ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan
kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi: Guru mengamati kegiatan peserta didik dalam proses
mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang
kaidah-kaidah penulisan teks anekdot.
Tes tertulis : menilai kemampuan peserta didik
dalam memahami, menerapkan, dan mengonversi teks anekdot
ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara
lisan maupun tulisan.
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU PESERTA DIDIK BAHASA INDONESIA SMA/SMK/MA
KELAS X (WAJIB)
|
4.5 Mengonversi teks anekdot ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur
dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
|||||
3.1 Memahami struktur dan kaidah teks eksposisi baik melalui lisan maupun
tulisan
|
·
Pengenalan struktur isi teks laporan hasil observasi
·
Pengenalan ciri bahasa teks
eksposisi
·
Pemahaman isi teks eksposisi
·
Makna kata, istilah, ungkapan dalam teks eksposisi
·
Pemahaman isi teks eksposisi
|
Mengamati
· Peserta
didik membaca contoh
teks eksposisi
· Peserta
didik mencermati uraian yang berkaitan dengan struktur isi teks eksposisi (judul, klasifikasi umum, dan deskripsi).
Mempertanyakan
· Peserta
didik mempertanyakan struktur isi teks eksposisi (judul, klasifikasi umum, dan deskripsi) yang dibaca
dan diamati
· Peserta
didik membuat pertanyaan yang berhubungan dengan isi teks
eksposisi.
Mengeksplorasi
·
Peserta didik menemukan ciri bahasa teks eksposisi (misalnya pengklasifikasian
benda-benda, proses
pembentukan kata, penggunaan istilah, konjungsi, dan kalimat)
Mengasosiasikan
· Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan hasil temuan terkait dengan struktur isi
teks eksposisi (judul, klasifikasi umum, dan deskripsi) dan
ciri bahasa teks eksposisi (misalnya
penggklasifikasian benda-benda, proses pembentukan kata,
penggunaan istilah, konjungsi, dan kalimat).
·
Peserta didik mendiskusikan dan
menyimpulkan makna kata,
istilah, dan isi teks eksposisi dalam diskusi kelas dengan saling
menghargai.
Mengomunikasikan
· Peserta
didik membacakan hasil diskusi tentang struktur isi teks eksposisi.
·
Peserta didik mempresentasikan makna kata,
istilah, dan isi teks eksposisi dengan rasa percaya diri.
· Peserta
didik
menanggapi presentasi teman /kelompok lain secara santun.
|
Tugas
·
Para
Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks eksposisi.
·
Secara
individual peserta didik diminta
menginterpretasi
makna teks eksposisi baik secara
lisan maupun tulisan.
Observasi: mengamati
kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data,
dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang
struktur dan kaidah teks eksposisi.
Tes tertulis:
menilai
kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menginterpretasi
makna teks eksposisi baik secara
lisan maupun tulisan.
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU PESERTA DIDIK BAHASA INDONESIA SMA/SMK/MA
KELAS X (WAJIB)
Learning
English through General Science, 1984:29
BUKU PESERTA DIDIK BAHASA INDONESIA SMA/SMK/MA
KELAS X (WAJIB)
|
4.1 Menginterpretasi
makna teks eksposisi baik secara lisan maupun tulisan
|
|||||
3.2 Membandingkan teks eksposisi baik melalui lisan maupun tulisan
|
·
Persamaan/perbedaan struktur isi dan ciri bahasa dua teks eksposisi
·
Langkah-langkah penulisan teks eksposisi sesuai dengan struktur isi (menentukan judul, menuliskan klasifikasi umum, menuliskan deskripsi) dan ciri bahasa
|
Mengamati
·
Peserta didik membaca dua teks eksposisi.
Mempertanyakan
·
Peserta didik mempertanyakan isi kedua teks
eksposisi.
·
Peserta didik menyusun pertanyaan terhadap objek
yang diamati.
Mengeksplorasi
·
Peserta didik mengidentifikasi persamaan struktur isi dua teks eksposisi yang dibaca.
·
Peserta didik mengidentifikasi persamaan ciri bahasa dua teks
laporan hasil observasi yang dibaca.
·
Peserta didik mengidentifikasi perbedaan
struktur isi dua teks eksposisi yang dibaca.
·
Peserta didik mengidentifikasi perbedaan ciri bahasa dua teks eksposisi yang dibaca.
·
Peserta didik menulis teks
eksposisi berdasarkan langkah-langkah penulisan teks eksposisi
sesuai dengan struktur isi teks (menentukan judul, menuliskan klasifikasi umum, dan
menuliskan deskripsi).
Mengasosiasikan
·
Peserta didik mendiskusikan persamaan dan
perbedaan dua teks eksposisi dalam diskusi kelas.
·
Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan
teks eksposisi berdasarkan langkah-langkah penulisan teks eksposisi
sesuai dengan struktur isi teks (menentukan judul, menuliskan klasifikasi umum, dan
menuliskan deskripsi).
Mengomunikasikan
·
Peserta didik menjelaskan persamaan dan
perbedaan kedua teks berdasarkan hasil diskusi kelas.
·
Peserta didik menyajikan teks
eksposisi yang ditulis.
·
Peserta didik menanggapi /mengomentari penyajian teks eksposisi dari setiap kelompok.
|
Tugas:
·
Para
Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami persamaan dan perbedaan dua
buah teks eksposisi yang dibaca.
·
Secara
individual peserta didik diminta memproduksi teks eksposisi yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik
secara lisan maupun tulisan
Observasi: mengamati
kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan
pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang
persamaan dan perbedaan dua buah teks berita yang dibaca.
Tes tertulis : menilai kemampuan peserta didik
dalam memahami, menerapkan, dan memproduksi teks eksposisi yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik
secara lisan maupun tulisan.
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU PESERTA DIDIK BAHASA INDONESIA SMA/SMK/MA
KELAS X (WAJIB)
|
4..2 Memproduksi teks eksposisi yang koheren sesuai dengan karakteristik
teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan
|
|||||
3.3 Menganalisis
teks eksposisi baik melalui lisan maupun tulisan
|
·
Analisis isi teks eksposisi
·
Analisis bahasa teks eksposisi
·
Penyuntingan isi sesuai dengan
struktur isi teks eksposisi
·
Penyuntingan bahasa sesuai
dengan: struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca
|
Mengamati
· Peserta
didik membaca teks eksposisi
·
Peserta didik membaca teks eksposisi yang ditulis teman.
Mempertanyakan
· Peserta
didik mempertanyakan isi teks eksposisi yang dibaca.
·
Peserta didik mempertanyakan isi teks eksposisi
yang ditulis teman.
Mengekplorasi
· Peserta
didik menganalisis isi
teks eksposisi (judul,
klasifikasi umum, dan deskripsi) dengan
cermat.
· Peserta
didik
menganalisis bahasa teks
eksposisi (pilihan kata/istilah, gaya bahasa, dan
konjungsi ) dengan cermat.
·
Peserta didik menyunting teks eksposisi yang ditulis teman dari aspek struktur isi dan bahasa teks eksposisi dengan cermat.
· Peserta
didik memperbaiki teks eksposisi berdasarkan hasil suntingan.
Mengasosiasikan
· Peserta
didik membandingkan hasil
analisisnya dengan hasil analisis teman untuk menemukan hasil analisis terbaik.
· Peserta
didik mendiskusikan dan menyimpulkan hasil penyuntingan dengan penulis/teman
yang menulis.
Mengomunikasikan
· Peserta
didik
mempresentasikan hasil analisis dengan rasa percaya diri.
· Peserta
didik
menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun.
· Peserta
didik mengirimkan teks eksposisi kepada penerbit.
|
Tugas:
·
Para
Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks eksposisi.
·
Secara
individual peserta didik diminta menyunting teks
eksposisi sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan
maupun tulisan.
Observasi: mengamati
kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data,
dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang
struktur dan kaidah teks eksposisi.
Tes tertulis:
menilai
kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menyunting teks berita sesuai dengan struktur dan
kaidah teks eksposisi baik secara
lisan maupun tulisan.
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU PESERTA DIDIK BAHASA
INDONESIA SMA/SMK/MA KELAS X
(WAJIB)
Teks berjudul “ Sistem Peredaran Darah
Manusia” diadaptasi dari Reading and Thinking in English, Vol.
1, 1986: 14
|
4.3 Menyunting
teks eksposisi sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan
maupun tulisan
|
|||||
3.4 Mengidentifikasi teks
eksposisi baik secara lisan maupun tulisan
|
·
Identifikasi karakteristik teks eksposisi
·
Langkah-langkah membuat abstraksi
teks eksposisi
|
Mengamati
· Peserta
didik membaca teks tentang karakteristik teks eksposisi.
· Peserta
didik mencermati uraian yang berkaitan dengan karakteristik teks eksposisi.
Mempertanyakan
·
Peserta
didik bertanya jawab tentang
hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.
Mengeksplorasi
·
Peserta
didik mencari dari berbagai sumber informasi tentang karakteristik teks
eksposisi.
Mengasosiasikan
· Peserta
didik mendiskusikan tentang karakteristik teks eksposisi.
· Peserta
didik menyimpulkan hal-hal terpenting dalam karakteristik teks eksposisi.
Mengomunikasikan
· Peserta
didik menuliskan laporan kerja kelompok tentang karakteristik teks eksposisi.
·
Peserta didik membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas dan Peserta didik lain
memberikan tanggapan.
·
Peserta
didik mengabstraksi teks eksposisi secara
lisan maupun tulisan.
|
Tugas:
·
Para
Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks eksposisi.
·
Secara
individual peserta didik diminta menyunting teks berita sesuai dengan struktur
dan kaidah teks eksposisi baik
secara lisan maupun tulisan.
Observasi: mengamati
kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data, dan
pembuatan laporan.
Portofolio : Guru menilai
laporan peserta didik tentang struktur dan kaidah teks eksposisi.
Tes tertulis:
Guru menilai kemampuan peserta didik dalam memahami,
menerapkan, dan menyunting teks eksposisi
sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara. lisan maupun tulisan
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU PESERTA DIDIK BAHASA INDONESIA SMA/SMK/MA
KELAS X (WAJIB)
|
4.4 Mengabstraksi
teks eksposisi baik secara lisan maupun tulisan
|
|||||
3.5 Mengevaluasi teks eksposisi berdasarkan kaidah-kaidah teks baik
melalui lisan maupun tulisan
|
.
Evaluasi struktur isi dan bahasa
teks eksposisi
·
Langkah- langkah konversi
teks eksposisi menjadi teks monolog
·
Langkah- langkah konversi
teks eksposisi menjadi teks drama pendek
|
Mengamati
·
Peserta didik membaca teks tentang kaidah-kaidah penulisan teks eksposisi.
·
Peserta didik mencermati uraian yang berkaitan dengan
kaidah-kaidah
penulisan teks eksposisi.
Mempertanyakan
·
Peserta
didik bertanya jawab tentang
hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.
Mengeksplorasi
·
Peserta
didik mencari dari berbagai sumber informasi tentang kaidah-kaidah
penulisan teks eksposisi.
Mengasosiasikan
·
Peserta didik mendiskusikan tentang kaidah-kaidah penulisan teks eksposisi.
·
Peserta didik menyimpulkan hal-hal terpenting
dalam kaidah-kaidah penulisan teks eksposisi.
Mengomunikasikan
·
Peserta didik menuliskan laporan kerja kelompok tentang kaidah-kaidah
penulisan teks eksposisi.
·
Peserta didik membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas dan
Peserta didik lain memberikan tanggapan.
· Peserta
didik mengonversi teks eksposisi
ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara
lisan maupun tulisan.
|
Tugas:
·
Para
Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami kaidah-kaidah penulisan teks eksposisi.
·
Secara
individual peserta didik diminta mengonversi teks berita ke dalam bentuk yang lain
sesuai dengan struktur dan kaidah teks eksposisi
baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi: mengamati
kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data,
dan pembuatan laporan.
Portofolio : Guru menilai
laporan peserta didik tentang kaidah-kaidah penulisan teks berita.
Tes tertulis : Guru menilai
kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan mengonversi teks eksposisi
ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara
lisan maupun tulisan.
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU PESERTA DIDIK BAHASA INDONESIA SMA/SMK/MA
KELAS X (WAJIB)
Teks berjudul “”Harimau”diadaptasi darii
|
4.5 Mengonversi
teks eksposisi ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah
teks baik secara lisan maupun tulisan
|
|||||
3.1 Memahami struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi baik melalui lisan maupun tulisan
|
·
Pengenalan struktur isi teks laporan hasil
observasi
·
Pengenalan ciri bahasa teks laporan hasil observasi
·
Pemahaman isi teks laporan hasil observasi
·
Makna kata, istilah, ungkapan dalam teks laporan
hasil observasi
·
Pemahaman isi teks laporan hasil observasi
|
Mengamati
·
Peserta didik membaca teks tentang struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi.
·
Peserta didik mencermati uraian yang berkaitan dengan
struktur
dan kaidah teks laporan hasil observasi.
Mempertanyakan
·
Peserta
didik bertanya jawab tentang
hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.
Mengeksplorasi
·
Peserta
didik mencari dari berbagai sumber informasi tentang struktur dan kaidah teks
laporan hasil observasi.
Mengasosiasikan
·
Peserta didik mendiskusikan struktur
dan kaidah teks laporan hasil observasi.
·
Peserta didik menyimpulkan hal-hal terpenting
dalam struktur dan kaidah teks laporan
hasil observasi.
Mengomunikasikan
·
Peserta didik menuliskan laporan kerja kelompok tentang struktur dan
kaidah teks laporan hasil observasi.
·
Peserta didik membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas dan
Peserta didik lain memberikan tanggapan.
·
Peserta
didik menginterpretasi makna teks laporan
hasil observasi baik secara lisan maupun tulisan.
|
Tugas:
·
Para
Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi.
·
Secara
individual peserta didik diminta menginterpretasi makna teks laporan hasil observasi baik
secara lisan maupun tulisan.
Observasi: Guru mengamati kegiatan peserta didik dalam proses
mengumpulkan data, analisis data, dan
pembuatan laporan.
Portofolio : Guru menilai
laporan peserta didik tentang struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi.
Tes tertulis : Guru menilai kemampuan peserta didik
dalam memahami, menerapkan, dan menginterpretasi makna teks laporan hasil observasi, baik secara
lisan maupun tulisan.
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU PESERTA DIDIK BAHASA INDONESIA SMA/SMK/MA
KELAS X (WAJIB)
Learning English through General Science, 1984:29
|
4.1Menginterpretasi makna teks laporan hasil observasi baik secara lisan maupun tulisan
|
|||||
3.2 Membandingkan teks laporan hasil observasi baik melalui lisan maupun tulisan
|
·
Persamaan/perbedaan struktur isi dan ciri bahasa dari dua teks laporan
hasil observasi
·
Langkah-langkah penulisan teks laporan
hasil observasi sesuai dengan struktur isi
(pernyataan pendapat, penegasan ulang pendapat, dan jumlah argumentasi) dan
ciri bahasa
|
Mengamati
·
Peserta didik membaca dua
buah teks laporan hasil observasi.
·
Peserta didik mencermati uraian yang berkaitan dengan
persamaan
dan perbedaan dua buah teks laporan hasil
observasi yang dibaca.
Mempertanyakan
·
Peserta
didik bertanya jawab tentang
hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.
Mengeksplorasi
·
Peserta
didik mencari dari berbagai sumber informasi tentang teks laporan hasil observasi.
Mengasosiasikan
·
Peserta didik mendiskusikan persamaan
dan perbedaan dua buah teks laporan hasil
observasi yang dibaca.
·
Peserta didik menyimpulkan hal-hal terpenting
dari persamaan dan perbedaan dua buah teks laporan
hasil observasi yang dibaca.
Mengomunikasikan
·
Peserta didik menuliskan laporan kerja kelompok tentang persamaan
dan perbedaan dua buah teks laporan hasil
observasi yang dibaca.
·
Peserta didik membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas dan
Peserta didik lain memberikan tanggapan.
·
Peserta didik memproduksi teks berita yang
koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan
|
Tugas:
·
Para
Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami persamaan dan perbedaan dua
buah teks laporan hasil observasi
yang dibaca.
·
Secara
individual peserta didik diminta memproduksi teks laporan hasil observasi yang koheren sesuai dengan
karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi: Guru mengamati
kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data,
dan pembuatan laporan.
Portofolio : Guru menilai
laporan peserta didik tentang persamaan dan perbedaan dua buah teks laporan hasil observasi yang dibaca.
Tes tertulis : menilai kemampuan peserta didik
dalam memahami, menerapkan, dan memproduksi teks laporan hasil observasi
yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun
tulisan.
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU PESERTA DIDIK BAHASA INDONESIA SMA/SMK/MA
KELAS X (WAJIB)
|
4.2 Memproduksi teks laporan hasil observasi yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik
secara lisan maupun tulisan
|
|||||
3.3 Menganalisis teks laporan hasil observasi baik melalui lisan maupun tulisan
|
·
Analisis isi teks laporan
hasil observasi
·
Analisis bahasa teks laporan
hasil observasi
·
Penyuntingan isi sesuai dengan
struktur isi teks laporan hasil observasi
·
Penyuntingan bahasa sesuai
dengan: struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca
|
Mengamati
·
Peserta didik membaca teks tentang struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi.
·
Peserta didik mencermati uraian yang berkaitan dengan
struktur
dan kaidah teks laporan hasil observasi.
Mempertanyakan
·
Peserta
didik bertanya jawab tentang
hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.
Mengeksplorasi
·
Peserta
didik mencari dari berbagai sumber informasi tentang struktur dan kaidah teks
laporan hasil observasi.
Mengasosiasikan
·
Peserta didik mendiskusikan tentang struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi.
·
Peserta didik menyimpulkan hal-hal terpenting
dalam struktur dan kaidah teks laporan
hasil observasi.
Mengomunikasikan
·
Peserta didik menuliskan laporan kerja kelompok tentang struktur dan
kaidah teks laporan hasil observasi.
·
Peserta didik membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas dan
Peserta didik lain memberikan tanggapan.
·
Peserta didik menyunting teks laporan hasil observasi sesuai dengan struktur dan kaidah
teks berita baik secara lisan maupun
tulisan.
|
Tugas:
·
Para
Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi.
· Secara
individual peserta didik diminta menyunting teks
berita sesuai dengan struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi,: mengamati kegiatan peserta didik
dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang
struktur dan kaidah teks laporan hasil
observasi.
Tes tertulis : menilai kemampuan peserta didik dalam
memahami, menerapkan, dan menyunting teks
laporan hasil observasi sesuai
dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU PESERTA DIDIK BAHASA INDONESIA SMA/SMK/MA
KELAS X (WAJIB)
Teks berjudul “ Sistem Peredaran Darah Manusia” diadaptasi dari Reading and Thinking in
English, Vol. 1, 1986: 14
|
4.3 Menyunting teks laporan hasil observasi sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
|||||
3.4 Mengidentifikasi teks laporan hasil observasi baik secara lisan maupun tulisan
|
· Karakteristik teks laporan hasil observasi
·
Langkah-langkah membuat abstraksi
teks laporan hasil observasi
|
Mengamati
·
Peserta didik membaca teks tentang karakteristik teks laporan hasil observasi.
·
Peserta didik mencermati uraian yang berkaitan dengan
karakteristik
teks laporan hasil observasi.
Mempertanyakan
·
Peserta
didik bertanya jawab tentang
hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.
Mengeksplorasi
·
Peserta
didik mencari dari berbagai sumber informasi tentang karakteristik teks laporan hasil observasi.
Mengasosiasikan
·
Peserta didik mendiskusikan tentang karakteristik teks laporan hasil observasi.
·
Peserta didik menyimpulkan hal-hal terpenting
dalam karakteristik teks laporan hasil
observasi.
Mengomunikasikan
·
Peserta didik menuliskan laporan kerja kelompok tentang karakteristik
teks laporan hasil observasi.
·
Peserta didik membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
Peserta didik lain memberikan tanggapan.
·
Peserta
didik mengabstraksi teks laporan hasil
observasi secara lisan maupun tulisan.
|
Tugas:
·
Para
Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi.
·
Secara
individual peserta didik diminta menyunting teks iklan sesuai dengan struktur
dan kaidah teks laporan hasil observasi
baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi: mengamati kegiatan peserta
didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data,
dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang
struktur dan kaidah teks laporan hasil
observasi.
Tes tertulis : menilai kemampuan peserta didik
dalam memahami, menerapkan, dan menyunting teks laporan hasil observasi sesuai
dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU PESERTA DIDIK BAHASA INDONESIA SMA/SMK/MA
KELAS X (WAJIB)
|
4.4 Mengabstraksi teks laporan hasil observasi baik secara lisan maupun tulisan
|
|||||
3.5 Mengevaluasi teks laporan hasil observasi berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui
lisan maupun tulisan
|
·
Evaluasi struktur isi dan bahasa
teks laporan hasil laporan hasil observasi
·
Langkah- langkah konversi teks laporan
hasil observasi menjadi teks monolog
·
Langkah- langkah konversi teks laporan
hasil observasi menjadi teks drama pendek
|
Mengamati
·
Peserta didik membaca teks tentang kaidah-kaidah penulisan teks laporan
hasil observasi.
· Peserta didik mencermati uraian yang berkaitan dengan
kaidah-kaidah
penulisan teks laporan hasil observasi.
Mempertanyakan
·
Peserta
didik bertanya jawab tentang
hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.
Mengeksplorasi
·
Peserta
didik mencari dari berbagai sumber informasi tentang kaidah-kaidah
penulisan teks laporan hasil observasi.
Mengasosiasikan
· Peserta didik mendiskusikan tentang kaidah-kaidah penulisan teks laporan
hasil observasi.
·
Peserta didik menyimpulkan hal-hal terpenting
dalam kaidah-kaidah penulisan teks laporan hasil observasi.
Mengomunikasikan
· Peserta didik menuliskan laporan kerja kelompok tentang kaidah-kaidah
penulisan teks laporan hasil observasi.
·
Peserta didik membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas dan
Peserta didik lain memberikan tanggapan.
·
Peserta
didik mengonversi teks laporan hasil
observasi ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah
teks baik secara lisan maupun tulisan.
|
Tugas:
·
Para
Peserta didik diminta berdiskusi untuk emahami kaidah-kaidah penulisan teks
laporan hasil observasi.
·
Secara
individual peserta didik diminta mengonversi teks iklan ke dalam bentuk yang
lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks laporan
hasil observasi baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi: mengamati kegiatan peserta
didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang
kaidah-kaidah penulisan teks laporan hasil observasi.
Tes tertulis:
menilai
kemampuan peserta didik dalam memahami, enerapkan, dan mengonversi teks laporan
hasil observasi ke dalam bentuk
yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun
tulisan.
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU PESERTA DIDIK BAHASA
INDONESIA SMA/SMK/MA KELAS X
(WAJIB)
Teks berjudul
“”Harimau”diadaptasi darii
|
4.5 Mengonversi teks laporan hasil observasi ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik
secara lisan maupun tulisan
|
0 comments:
Post a Comment