No.
|
Kriteria
|
Kelompok
|
|||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
||
1
|
Kreativitas
|
||||||||
2
|
Kejelasan atau
keterangan jawaban lengkap
|
||||||||
3
|
Kebenaran
jawaban
|
||||||||
4
|
Kerjasama
dengan sesama anggota kelompok
|
||||||||
5
|
Keakuratan interpretasi
jawaban/gambar
|
||||||||
6
|
Penggunaan
strategi benar dan tepat
|
||||||||
7
|
Kerapian atau
keindahan
|
||||||||
Nilai
|
Kriteria
|
4
|
Menunjukkan kreatifitas yang tinggi
dalam pemecahan masalah, kejelasan
atau keterangan jawaban sangat lengkap, kebenaran jawaban masalah sangat
tepat, kerjasama kelompok sangat baik, interpretasi jawaban masalah/gambar
sangat akurat, penggunaan strategi benar dan tepat, kerapian atau keindahan
sangat baik, tersedia laporan kerja dan disajikan dengan baik di depan kelas.
|
3
|
Menunjukkan kreatifitas yang cukup
dalam pemecahan masalah, kejelasan
atau keterangan jawaban cukup lengkap, kebenaran jawaban masalah cukup tepat,
kerjasama kelompok cukup baik, interpretasi jawaban masalah/gambar cukup
akurat, penggunaan strategi benar dan tepat, kerapian atau keindahan cukup
baik, tersedia laporan kerja dan disajikan dengan cukup baik di kelas.
|
2
|
Menunjukkan kreatifitas yang rendah
dalam pemecahan masalah, kejelasan
atau keterangan jawaban cukup lengkap, kebenaran jawaban masalah cukup tepat,
kerjasama kelompok cukup baik, interpretasi jawaban masalah/gambar kurang
akurat, penggunaan strategi benar dan tepat, kerapian atau keindahan kurang
baik, tersedia laporan kerja tetapi tidak disajikan di kelas.
|
1
|
Menunjukkan kreatifitas yang rendah
dalam pemecahan masalah, kejelasan
atau keterangan jawaban tidak lengkap, kebenaran jawaban tidak tepat,
kerjasama kelompok kurang baik, interpretasi jawaban masalah/gambar tidak
akurat, penggunaan strategi benar dan tepat, kerapian atau keindahan tidak
baik, tidak tersedia laporan kerja dan tidak disajikan di depan kelas.
|
0
|
Tidak melakukan
tugas proyek
|
muncul adalah gambar? Jelaskan jawaban Anda.
muncul semua gambar. Tentukan banyak lambungan koin minimum supaya peluang
memenangkan taruhan adalah 0,04.
memenangkan taruhan adalah 0,04 adalah
Tingkat
|
Kriteria
|
4
|
Jawaban menunjukkan pengetahuan
matematika mendasar yang berhubungan dengan tugas ini.
Ciri-ciri:
Semua jawaban benar tetapi ada cara
yang tidak sesuai atau ada satu jawaban salah. Sedikit kesalahan perhitungan dapat
diterima
|
3
|
Jawaban menunjukkan pengetahuan
matematika mendasar yang berhubungan dengan tugas ini.
Ciri-ciri:
Semua jawaban benar tetapi ada cara
yang tidak sesuai atau ada satu jawaban salah. Sedikit kesalahan perhitungan
dapat diterima, atau
Salah satu bagian a atau
kedua-duanya dijawab salah. Siswa tidak membuat diagram pohon tetapi jawaban
lain benar. Sedikit kesalahan perhitungan dapat diterima, atau
Bagian a dijawab benar, tetapi
bagian b atau c salah atau tidak dijawab tetapi metode yang digunakan sesuai.
|
2
|
Jawaban menunjukkan keterbatasan
atau kurangnya pengetahuan matematika yang berhubungan dengan masalah ini.
Ciri-ciri:
Dua bagian pertanyaan dijawab salah
atau tidak selesai dikerjakan tetapi satu pertanyaan dijawab dengan tepat
menggunakan prosedur yang benar
|
1
|
Jawaban hanya
menunjukkan sedikit atau sama sekali tidak ada pengetahuan matematika yang berhubungan dengan
masalah ini.
Ciri-ciri:
Semua jawaban salah, atau
Jawaban benar
tetapi tidak ada bukti bahwa jawaban diperoleh melalui prosedur yang benar.
|
0
|
Tidak ada jawaban
atau lembar kerja kosong
|
Kriteria
|
Skala Penilaian
|
Skor
|
||||
0
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
Pendekatan
pemecahan masalah (bobot 4)
· Sistematika pemecahan
masalah
· Bentuk penyelesaian masalah
|
X
X
|
16
16
|
||||
Ketepatan
Perhitungan (Bobot 4)
· Ketepatan pengunaan rumus
(prinsip peluang)
· Kebenaran hasil yang diperoleh
|
X
X
|
16
16
|
||||
Gambar (Bobot 2)
· Ketepatan gambar sebagai
interpretasi masalah
·
Kesesuaian gambar
dalam pemecahan masalah
· Kerapian dan penyajian
|
X
X
X
|
8
8
8
|
||||
Penjelasan (Bobot 1,5)
·
Kejelasan uraian
jawaban
· Pemahaman terhadap aspek hubungan
|
X
X
|
6
6
|
||||
Jumlah Skor (Nilai yang diperoleh)
|
100
|
|
|
|
Komampuan
:
Memecahkan Masalah
|
Nama
Siswa : ………..…………........
Tanggal : ................................
|
||||||||||||||||||||
Indikator Keterampilan Problem Solving
|
|||||||||||||||||||||
· Memahami masalah dengan baik dengan banyak
penjelasan guru
· Merencanakan pemecahan masalah dengan
baik tetapi banyak bantuan dari guru dan teman
· Menyelesaikan masalah dengan baik tetapi
banyak bantuan dari guru dan teman
· Mengevaluasi hasil peme cahan masalah
dengan baik dan banyak bantuan dari guru dan teman
|
· Memahami masalah dengan baik dengan
sedikit penjelasan guru
· Merencanakan pemecahan masalah dengan
baik dengan sedikit bantuan dari guru dan teman
· Menyelesaikan masalah dengan baik dan
sedikit bantuan dari guru dan teman
· Mengevaluasi hasil pemecahan masalah
dengan baik dan sedikit bantuan dari guru dan teman
|
· Memahami masalah dengan baik tanpa
penjelasan guru
· Merencanakan pemecahan masalah dengan
baik tanpa bantuan guru dan teman
· Menyelesaikan masalah dengan baik tanpa
bantuan guru dan teman
· Mengevaluasi hasil pemecahan masalah
dengan baik tanpa bantuan guru dan teman
|
|||||||||||||||||||
Rendah Sedang Tinggi
|
|||||||||||||||||||||
Komentar
Guru :
…………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………….….
|
|||||||||||||||||||||
Komentar Orang Tua :
…………………………………………………….…………………………………….
…………………………………………………………………………………………..
|
- Melukis jaring-jaring kubus, balok, serta menghitungluas permukaannya.
- Keluarga ingin memasang ubin untuk lantai. Lara memutuskan untuk membeli ubin berukuran 30 x 30 cm2. Berapa banyak ubin yang dibutuhkan? Tunjukkan pekerjaan Anda.
- Lara membutuhkan untuk membeli baseboard untuk menempelkannya sepanjang dasar dinding. Berapa panjang baseboard yang dibutuhkan? Tunjukkan pekerjaanmu.
Prilaku yang
didemonstrasikan siswa
|
Skor Asesmen
|
||
Skor Ideal
|
Skor yang diberikan Oleh
|
||
Siswa
|
Guru
|
||
|
10
10
10
10
10
|
Level
|
Kriteria
|
Superior (4)
|
·
Memahami/menggunakan konsep bagian-bagian
kubus dan balok (bidang, rusuk,
diagonal bidang, bidang diagonal, diagonal ruang kubus dan balok) dengan
benar.
·
Strategi/prosedur perhitungan luas
bagian-bagian kubus dan balok cocok.
·
Perhitungannya semua benar
·
Penjelasan tertulisnya mudah dipahami
|
Memuaskan (3)
|
·
Memahami/menggunakan konsep bagian-bagian
kubus dan balok (bidang, rusuk,
diagonal bidang, bidang diagonal, diagonal ruang kubus dan balok) dengan
benar.
·
Strategi/prosedur perhitungan luas
bagian-bagian kubus dan balok cocok.
·
Perhitungannya hampir semua benar
·
Penjelasan tertulisnya cukup mudah dipahami
|
Cukup Memuaskan (2)
|
·
Memahami/menggunakan konsep bagian-bagian
kubus dan balok (bidang, rusuk,
diagonal bidang, bidang diagonal, diagonal ruang kubus dan balok) dengan
benar.
·
Strategi/prosedur perhitungan luas
bagian-bagian kubus dan balok cocok.
·
Perhitungannya sebagian benar
·
Penjelasan tertulisnya cukup mudah dipahami
|
Tidak Memuaskan (1)
|
·
Tidak memahami konsep konsep bagian-bagian
kubus dan balok (bidang, rusuk,
diagonal bidang, bidang diagonal, diagonal ruang kubus dan balok).
·
Menggunakan strategi/prosedur salah/acak dalam
menghitung luas bagian-bagian kubus atau balok
·
Penjelasan tertulisnya sulit dipahami
|
- TUJUAN
- PETUNJUK
No
|
Aspek
|
Senang
|
Tidak Senang
|
|||
I
|
Bagaimana sikap
Anda terhadap komponen
a. Materi pelajaran
b. Buku Siswa
c. Lembar Kerja Siswa (LKS)
d. Suasana belajar di kelas
e. Cara guru mengajar
|
....................
....................
....................
....................
....................
|
......................
......................
......................
......................
......................
|
|||
Berikan alasan
Ananda secara singkat atas jawaban yang diberikan
|
||||||
Baru
|
Tidak Baru
|
|||||
II
|
Bagaimana
pendapatmu terhadap komponen
a. Materi pelajaran
b. Buku Siswa
c. Lembar Kerja Siswa (LKS)
d. Suasana belajar di kelas
e. Cara guru mengajar
|
....................
....................
....................
....................
....................
|
......................
......................
......................
......................
......................
|
|||
Berikan alasan
Ananda secara singkat atas jawaban yang diberikan
|
||||||
Berminat
|
Tidak
Berminat
|
|||||
III
|
Apakah kamu
berminat mengikuti kegiatan belajar selanjutnya seperti yang telah kamu ikuti
sekarang?
|
.......................
|
......................
|
|||
Berikan alasan
Ananda secara singkat atas jawaban yang diberikan
|
||||||
Ya
|
Tidak
|
|||||
IV
|
Bagaimana
pendapat Anda terhadap aktivitas belajar matematika di kelas dan di luar
kelas
a.
Apakah
Ananda merasa terbebani terhadap tugas matematika yang diberikan guru?
b.
Aktivitas
belajar matematika menurut saya adalah menarik
|
.....................
.....................
|
......................
......................
|
|||
Berikan alasan
Ananda secara singkat atas jawaban yang diberikan
|
||||||
Bermanfaat
|
Tidak Bermanfaat
|
|||||
V
|
Bagaimana
menurut pendapat mu, apakah matematika bermanfaat dalam kehidupan?
|
|||||
Berikan alasan
Ananda secara singkat atas jawaban yang diberikan
|
||||||
Nilai
|
Kriteria Penilaian
|
4
|
Peserta didik memberikan respon senang dan baru
terhadap komponen pembelajaran matematika, berminat, tertarik dan tidak
merasa terbebanni terhadap tugas dan aktivitas belajar matematika, tetapi
merasakan kebermanfaatan belajar matematika.
|
3
|
Peserta didik memberikan respon senang dan baru
terhadap komponen pembelajaran matematika, berminat, tertarik dan tidak
merasa terbebanni terhadap tugas dan aktivitas belajar matematika, tetapi
tidak merasakan kebermanfaatan belajar matematika.
|
2
|
Peserta didik memberikan respon senang dan baru
terhadap komponen pembelajaran matematika tetapi tidak berminat, tidak
tertarik dan merasa terbebanni terhadap tugas dan aktivitas belajar
matematika, serta tidak merasakan kebermanfaatan belajar matematika.
|
1
|
Peserta didik memberikan respon tidak senang
terhadap komponen pembelajaran matematika, tidak berminat, tidak tertarik dan
merasa terbebanni terhadap tugas dan aktivitas belajar matematika, serta
tidak merasakan kebermanfaatan belajar matematika.
|
ASESMEN-DIRI DALAM KELOMPOK (SELF-ASSESSMENT
IN GROUP)
|
|||||
·
Nama :
…………………………….…………….
|
|||||
·
Anggota
Kelompok : ……………………………………………..
|
|||||
·
Kegiatan
Kelompok : ……………………………………………
|
|||||
Untuk
pertanyaan 1 sampai dengan 5 tulis masing-masing huruf sesuai dengan
pendapatmu
|
|||||
·
A = Selalu
|
|||||
·
B = Jarang
|
|||||
·
C = Jarang Sekali
|
|||||
·
D = Tidak pernah
|
|||||
1
|
Selama diskusi saya memberikan saran kepada kelompok
untuk didiskusikan
|
||||
2
|
Selama diskusi saya memberikan saran kepada
kelompok untuk didiskusikan.
|
||||
3
|
Ketika Kami berdiskusi, setiap anggota memberi- kan
masukan untuk didiskusikan
|
||||
4
|
Semua anggota kelompok harus melakukan
sesuatu dalam kegiatan kelompok
|
||||
5
|
Setiap anggota kelompok mengerjakan kegiatan-nya
sendiri dalam kegiatan kelompok
|
||||
Selama kegiatan, saya
..............................................
|
|||||
Mendengarkan
|
Mengendalikan kelompok
|
||||
Bertanya
|
Mengganggu kelompok
|
||||
Merancang gagasan
|
Tidur
|
||||
6
|
Selama kegiatan kelompok, tugas apa yang kamu lakukan?
|
- Apakah kamu berpartisipasi dalam diskusi ?
- Apakah kamu telah mempersiapkan diri sebelum masuk kelas, atau telah mengerjakan PR, sehingga kamu dapat menjawab pertanyaan di kelas?
- Apakah kamu bertanya ketika kamu tidak paham ?
- Jika ada teman bertanya (kepada guru/kepadamu/kepada teman lain), apakah kamu menyimaknya ?
Nama:________________________ |
Kelas:_____________________ |
NIS :________________________ |
|
Hari/Tanggal
|
Partisipasi
apa yang kamu lakukan ?
|
Nama Anda :___________________ |
Tanggal:_________________ |
Nama Pasangan Anda :_____________________________ |
|
Skor
|
Kriteria
|
5
|
§ Menunjukkan
pemahaman yang lebih terhadap konsep-konsep
§ Menggunakan
strategi-strategi yang sesuai
§ Komputasinya
benar
§ Tulisan
penjelasannya patut dicontoh
§ Melebihi
permintaan masalah yang diinginkan
|
4
|
§ Menunjukkan
pemahaman terhadap konsep-konsep
§ Menggunakan
strategi yang sesuai
§ Komputasi
sebagian besar benar
§ Tulisan
penjelasannya efektif
§
Memenuhi semua permintaan masalah yang diinginkan
|
3
|
§ Menunjukkan
pemahaman terhadap sebagian besar konsep-konsep
§ Tidak
menggunakan strategi yang sesuai
§ Komputasi
sebagian besar benar
§ Tulisan
penjelasannya memuaskan
§
Memenuhi sebagian besar permintaan masalah yang diinginkan
|
2
|
§ Menunjukkan
sedikit pemahaman terhadap konsep-konsep
§ Tidak
menggunakan strategi yang sesuai
§ Komputasi
banyak yang salah
§ Tulisan
penjelasannya tidak memuaskan
§ Tidak
memenuhi permintaan masalah yang diinginkan
|
1
|
§ Menunjukkan
ketidakpahaman terhadap konsep-konsep
§ Tidak
menggunakan strategi yang sesuai
§ Tulisan
penjelasannya tidak memuaskan
§ Tidak
memenuhi permintaan masalah yang diinginkan
|
0
|
§ Tidak
ada jawaban
|
0 comments:
Post a Comment