Tuesday, July 23, 2013

Asesmen Otentik



A.        Asesmen Otentik dan Kelas Bagi Siswa SMA Kelas I

1.          Contoh Tes Otentik (Aplikasi (C3) Bentuk Uraian)


Satuan pendidikan : SMA
Mata Pelajaran        : Matematika
Semester/Kelas        : Genap/X
Kompetensi dasar

Menggunakan sifat dan aturan tentang koefisien, diskriminan, sumbu simetri, titik puncak grafik fungsi kuadrat dalam memecahkan masalah.

    Indikator
    Siswa mampu menerapkan konsep dan aturan fungsi kuadrat dalam pemecahan masalah sehari-hari

Masalah Otentik
Salah satu pembaharuan penanganan limbah pabrik kertas Indo Rayon (Toba Pulp) di Kabupaten Toba Samosir, daerah limbah dilokasikan pada sebidang tanah berbentuk persegi panjang yang lebarnya 80 m dan panjangnya  200 m. Peraturan pemerintah mensyaratkan bahwa daerah limbah paling sedikit memiliki luas 10.000 m2 dan memiliki zona pengamanan dengan lebar serba sama di sekeliling daerah limbah, seperti terlihat pada gambar.


 






Berdasarkan peraturan pemerintah tersebut, pimpinan Indorayon menetapkan realisasi luas daerah limbah adalah 10.800 m2. Dapatkah pembangunan daerah limbah tersebut direalisasikan pada tanah yang tersedia ?. Jika dapat berapa ukuran daerah zona pengaman yang disediakan.
Penyelesaian
Diketahui: Ukuran tanah yang tersedia 200 m ´ 80 m
Luas daerah limbah menurut peraturan pemerintah minimal 10.000 m2 dengan zona pengaman disekeliling daerah limbah. Kebijakan pimpinan Indorayon menetapkan luas daerah limbah 10.800 m2.
Ditanya: a. Dapatkah pembangunan daerah limbah itu direalisasikan di atas tanah yang tersedia ?.
b. Berapa ukuran daerah limbah dan zona pengaman tersebut.
Pemecahan:
Interpretasi masalah dalam gambar sebagai berikut.


 







Misalkan
p adalah panjang tanah yang tersedia
l adalah lebar tanah yang tersedia
p1 adalah panjang daerah limbah
l1 adalah lebar daerah limbah
Berarti paling tidak ukuran daerah limbah
p1 = p – 2 x          dan      l1 = l – 2 x
Menurut peraturan pemerintah luas daerah limbah minimal 10.000 m2 dan realisasi daerah limbah yang diinginkan 10.800 m2.
Karena daerah limbah berbentuk persegi panjang maka luas daerah limbah dapat dinyatakan
L1 = p1 ´ l1
     = (p – 2 x)( l – 2 x)
     =  pl – (2p + 2l) x + 4 x 2
10.800 = 16.000 – 560 x +  4 x 2                …………………. (pers-1)
Berdasarkan persamaan-1 kita peroleh harga-harga x menggunakan manipulasi aljabar dan sifat-sifat persamaan sebagai berikut.
10.80016.000 – 560 x +  4 x 2 Û x 2 – 140 x + 1.300 = 0
                         Û x 2 – 140 x + 1.300 = 0
                                                 Û x 2 – 10 x - 130 x + 1.300 = 0
                                                 Û x (x – 10) - 130 (x – 10) = 0
                         Û (x – 10) (x – 130) = 0
                                                 Û (x – 10) = 0 atau (x – 130) = 0
                                                 Þ x = 10 atau x = 130
Agar memperoleh luas daerah limbah yang diinginkan maka ukuran zona pengaman adalah 10 m. Sehingga ukuran daerah limbah adalah        180m ´ 60m.
Kesimpulan:
Peraturan pemerintah dan kebijakan pimpinan PT Indorayon untuk membangun daerah limbah di atas tanah yang tersedia dapat diwujudkan dengan ukuran daerah limbah 180m ´ 60m dan ukuran lebar zona pengaman disekeliling daerah limbah adalah 10 m.
















2.          Contoh Asesmen Otentik:  Proyek Matematika

Kompetensi Dasar
Merancang model matematika dari masalah autentik yang berkaitan dengan fungsi kuadrat, menyelesaikan modelnya, dan menafsirkan hasilnya.
Indikator
Ø  Merancang model matematika dari sebuah permasalahan otentik yang berkaitan dengan fungsi kuadrat.

Materi Pokok              : Fungsi Kuadrat
Semester/Kelas            : Ganjil/Kelas X
Tugas Proyek Otentik: Pengadaan Air bersih di Desa Sianjur Mula-mula Samosir
Untuk pengadaan air bersih bagi masyarakat Desa Sianjur Mula-mula Samosir, siswa kelas X SMA Negeri Sianjur Mula-mula, sepakat membangun tali air dari sebuah sungai di kaki pegunungan ke rumah-rumah penduduk. Sebuah pipa besi yang panjangnya s dan berdiameter d ditanam pada kedalaman 1m di bawah permukaan air sungai sebagai saluran air. Mereka akan menentukan debit air yang mengalir dari pipa tersebut. (gravitasi bumi adalah 10 m/det2). Buatlah laporan hasil kerja kelompokmu dan sajikan di depan kelas.


 









Gambar: Sumber Air Bersih
*     Interpretasikan masalah dalam gambar.
Alternatif Penyelesaian


 






Misalkan:
p1 adalah tekanan air pada mulut pipa
p2 adalah tekanan air pada ujung pipa
h adalah kedalaman pipa di bawah permukaan air sungai.
h1 adalah ketinggian pipa dari permukaan tanah.
h2 adalah ketinggian permukaan air sungai.
V1 adalah kecepatan air sungai mengalir
V2 adalah kecepatan air mengalir dari ujung pipa.
A1 adalah penampang permukaan air sungai
A2 adalah penampang permukaan ujung pipa

*     Siswa mengkoordinasi pengetahuan dan keterampilannya untuk menemukan aturan-aturan, hubungan-hubungan, struktur-struktur yang belum diketahui. Kerjasama anggota kelompok siswa menganalisis, apa yang terjadi jika A1 jauh lebih luas dari  A2. Diharapkan jawaban siswa sebagai berikut.
Jika A1 >>> A2 maka V1 <<< V2, akibatnya V1 menuju 0 (nol).
Karena tekanan air pada pangkal pipa dan diujung pipa sama maka berdasarkan gambar di atas diperoleh persamaan
p1 + rgh1 + r = p2 + rgh2 + r
             rg(h1 – h2) = r  (karena  menuju nol)
                          gh =    (karena h = h1 – h2)         
                        2gh =   Þ   V2 =
\Kecepatan air mengalir dari pipa adalah V =
Debit air yang mengalir dari sebuah pipa adalah volume air yang mengalir persatuan waktu.
q =
    =
    = A ´ V
q = (d2 )() (penampang pipa berbentuk lingkaran, luas penampang pipa adalah A = pr2 = d2,  d adalah diameter pipa)
Debit air yang mengalir dari pipa dinyatakan dalam fungsi berikut
\ q(d) = ()d2, dÎ R, d ³ 0
Rubrik Tugas Otentik: Proyek Matematika

No.
Kriteria
Kelompok
1
2
3
4
5
6
7
8
1
Kreativitas








2
Kejelasan atau keterangan jawaban lengkap








3
Kebenaran jawaban








4
Kerjasama dengan sesama anggota kelompok








5
Keakuratan interpretasi jawaban/gambar








6
Penggunaan strategi benar dan tepat








7
Kerapian atau keindahan




















Tabel : Rubrik Penilaian Proyek
Nilai
Kriteria
4
Menunjukkan kreatifitas yang tinggi dalam pemecahan masalah, kejelasan atau keterangan jawaban sangat lengkap, kebenaran jawaban masalah sangat tepat, kerjasama kelompok sangat baik, interpretasi jawaban masalah/gambar sangat akurat, penggunaan strategi benar dan tepat, kerapian atau keindahan sangat baik, tersedia laporan kerja dan disajikan dengan baik di depan kelas.
3
Menunjukkan kreatifitas yang cukup dalam pemecahan masalah, kejelasan atau keterangan jawaban cukup lengkap, kebenaran jawaban masalah cukup tepat, kerjasama kelompok cukup baik, interpretasi jawaban masalah/gambar cukup akurat, penggunaan strategi benar dan tepat, kerapian atau keindahan cukup baik, tersedia laporan kerja dan disajikan dengan cukup baik di kelas.
2
Menunjukkan kreatifitas yang rendah dalam pemecahan masalah, kejelasan atau keterangan jawaban cukup lengkap, kebenaran jawaban masalah cukup tepat, kerjasama kelompok cukup baik, interpretasi jawaban masalah/gambar kurang akurat, penggunaan strategi benar dan tepat, kerapian atau keindahan kurang baik, tersedia laporan kerja tetapi tidak disajikan di kelas.
1
Menunjukkan kreatifitas yang rendah dalam pemecahan masalah, kejelasan atau keterangan jawaban tidak lengkap, kebenaran jawaban tidak tepat, kerjasama kelompok kurang baik, interpretasi jawaban masalah/gambar tidak akurat, penggunaan strategi benar dan tepat, kerapian atau keindahan tidak baik, tidak tersedia laporan kerja dan tidak disajikan di depan kelas.
0
Tidak melakukan tugas proyek

 

3.           Contoh PENILAIAN UNJUK KERJA MATEMATIKA

Mata Pelajaran             : Matematika
Kelas/Program             :
Kompetensi Dasar        : Merumuskan dan menentukan peluang kejadian dari berbagai
                                        situasi serta tafsirannya.
Indikator                      : Menentukan peluang kejadian dari berbagai situasi
Materi Pokok               : Peluang
Koin Keberuntungan
Sebuah koin yang setimbang dilambungkan ke atas. Jika koin itu jatuh ke tanah maka bagian sisi koin yang terlihat akan berupa Gambar (G) atau Angka (A).
a.   Jika koin dilambungkan 3 kali, berapa peluang
1)     paling sedikit terdapat dua gambar
2)     paling sedikit terdapat dua gambar tetapi satu lambungan koin sudah dipastikan adalah gambar
b.   Jika koin dilambungkan sebanyak 25 kali, berapa peluang bahwa semua hasil yang
muncul adalah gambar? Jelaskan jawaban Anda.
c.   Seseorang dikatakan menang taruhan jika koin yang dilambungkan menghasilkan
muncul semua gambar. Tentukan banyak lambungan koin minimum supaya peluang
memenangkan taruhan adalah 0,04.
Konsep Matematika
Diagram pohon membuat siswa dapat mengorganisasi ruang sampel yang diperoleh untuk pertanyaan sehingga dapat menentukan anggota ruang sampel yang memenuhi pertanyaan a. untuk menyelesaikan pertanyaan b, siswa harus menemukan pola.
Siswa mungkin akan menggunakan diagram pohon seperti di atas atau langsung menggunakan teori peluang
Ruang sampel S = {GGG, GGA, GAG, GAA, AGG, AGA, AAG, AAA}
Anggota ruang sampel n(S) = 8






 















a.1   Ada 4 kemungkinan kejadian paling sedikit dua gambar muncul, yaitu GGG, GGA, GAG, AGG. Dengan demikian peluang paling sedikit terdapat dua gambar adalah p = 4/8 = ½
a.1   Jika satu lambungan koin sudah pasti terjadi gambar maka mustahil akan terjadi angka semua sehingga AAA harus dihilangkan. Dengan demikian anggota ruang sampel yang baru adalah n(S) = 7. Jadi peluang paling sedikit terdapat 2 gambar adalah p = 4/7
b.      Jika koin dilambungkan sebanyak 25 kali, maka anggota ruang sampel adalah 225. dari semua kemungkinan yang muncul hanya ada satu kemungkinan berupa semua gambar.
c.       Jika koin dilambungkan sebanyak n kali maka banyak anggota ruang sampel adalah . Dari semua kemungkinan tersebut hanya ada satu kemungkinan yang menghasilkan munculnya semua gambar.
Jadi banyak lambungan koin minimum supaya peluang
memenangkan taruhan adalah 0,04 adalah
 = 0,04 Û
                  Û
                  Û 2n = 25
                  Û n =
                 Û n  »»
Jadi supaya peluang menang, maka lambungan koin minimal ......... kali

Tabel : Rubrik Penilaian Unjuk Kerja
Tingkat
Kriteria
4
Jawaban menunjukkan pengetahuan matematika mendasar yang berhubungan dengan tugas ini.
Ciri-ciri:
Semua jawaban benar tetapi ada cara yang tidak sesuai atau ada satu jawaban salah. Sedikit kesalahan perhitungan dapat diterima
3
Jawaban menunjukkan pengetahuan matematika mendasar yang berhubungan dengan tugas ini.
Ciri-ciri:
Semua jawaban benar tetapi ada cara yang tidak sesuai atau ada satu jawaban salah. Sedikit kesalahan perhitungan dapat diterima, atau
Salah satu bagian a atau kedua-duanya dijawab salah. Siswa tidak membuat diagram pohon tetapi jawaban lain benar. Sedikit kesalahan perhitungan dapat diterima, atau
Bagian a dijawab benar, tetapi bagian b atau c salah atau tidak dijawab tetapi metode yang digunakan sesuai.
2
Jawaban menunjukkan keterbatasan atau kurangnya pengetahuan matematika yang berhubungan dengan masalah ini.
Ciri-ciri:
Dua bagian pertanyaan dijawab salah atau tidak selesai dikerjakan tetapi satu pertanyaan dijawab dengan tepat menggunakan prosedur yang benar
1
Jawaban hanya menunjukkan sedikit atau sama sekali tidak ada pengetahuan matematika yang berhubungan dengan masalah ini.
Ciri-ciri:
Semua jawaban salah, atau
Jawaban benar tetapi tidak ada bukti bahwa jawaban diperoleh melalui prosedur yang benar.
0
Tidak ada jawaban atau lembar kerja kosong

Berdasarkan rubrik yang sudah dibuat dapat dinilai tugas unjuk kerja yang dikerjakan siswa. Skor yang diperoleh masih harus dirubah ke dalam skala angka yang ditetapkan. (misal dalam bentuk 0 – 100).

Kriteria
Skala Penilaian
Skor
0
1
2
3
4
Pendekatan pemecahan masalah (bobot 4)
·     Sistematika pemecahan masalah
·     Bentuk penyelesaian masalah







X

X




16

16
Ketepatan Perhitungan (Bobot 4)
·     Ketepatan pengunaan rumus (prinsip peluang)
·     Kebenaran hasil yang diperoleh






X



X


16



16
Gambar (Bobot 2)
·     Ketepatan gambar sebagai interpretasi masalah
·     Kesesuaian gambar dalam pemecahan masalah
·     Kerapian dan penyajian






X
X

X



8
8

8
Penjelasan (Bobot 1,5)
·     Kejelasan uraian jawaban
·     Pemahaman terhadap aspek hubungan





X
X


6
6
Jumlah Skor (Nilai yang diperoleh)
100

4.           Contoh Asesmen Otentik (Problem Solving) untuk Portofolio Siswa

Kompetensi Dasar
Merancang model matematika dari masalah autentik yang berkaitan dengan sistem persamaan linier dua peubah, menyelesaikan modelnya, dan menafsirkan hasilnya.
Indikator
Ø  Meemecahkan masalah otentik yang pemecahannya terkait dengan model matematika sebagai sistem persamaan linier dua peubah.

Materi Pokok              : Sistem Persamaan Linier Dua Peubah
Semester/Kelas            : Genap/Kelas X
Problem Penyusunan Rumah Kartu Bertingkat
Pak Sinaga gemar bermain kartu Joker bersama temannya. Salah satu jenis permainannya disebut Joker Karo. Ketika mereka selesai bermain, Jakornat anak Pak Sinaga mengumpulkan kartu-kartu tersebut. Kemudian Ia asyik membangun rumah bertingkat yang diberi nama Rumah Kartu. Susunan kartu untuk setiap tingkatnya dapat dicermati pada gambar berikut.
 














Setelah Jakornat menyusun beberapa rumah tingkat, Ia bertanya dalam pikirannya, bagaimana hubungan banyak kartu dengan banyak tingkat rumah. Berapa banyak kartu yang dibutuhkan untuk membangun rumah tingkat 30 ?. Dapatkah Ananda membantu Jakornat untuk memecahkan masalah tersebut ?

*     Siswa memahami masalah dan menemukan pola atau atruran yang mengaitkan banyak tingkat rumah dengan banyak kartu yang digunakan dengan mencermati Gambar di atas.
G
 
H
 
Alternatif  Pemecahan:

Berdasarkan Gambar di atas diperoleh informasi sebagai berikut
Rumah kartu bertingkat 1 mengunakan kartu sebanyak 2 buah
Rumah kartu bertingkat 2 mengunakan kartu sebanyak 7 buah
Rumah kartu bertingkat 3 mengunakan kartu sebanyak 15 buah
Rumah kartu bertingkat 4 mengunakan kartu sebanyak 26 buah
Sehingga banyak tingkat dan banyak kartu dapat dikorespondensikan satu-satu membentuk suatu relasi sama dengan atau banyak kartu dapat dinyatakan dalam banyak tingkat rumah.

*     Siswa menemukan aturan yang memasangkan banyak tingkat dengan banyak kartu. Diharapkan siswa melakukan hal berikut
               T                    K
         1                    2     =  1    +  1  + 0
         2                    7     =  4    +  2  + 1
         3                    15   =  9    +  3  + 3
         4                    26   =  16  +  4  + 6
*     Siswa melihat pola, bahwa bilangan 1, 4, 9, 16 adalah kuadrat dari bilangan 1, 2, 3, 4 dan bilangan-bilangan 1, 2, 3, 4 adalah bilangan tingkat itu sendiri. Kemudian tanyakan pada siswa apakah bilangan 0, 1, 3, dan 6 dapat dinyatakan dalam T2 dan T. Diharapkan siswa menyatakan relasi berikut.
Misal x dan y adalah bilangan konstanta dan dinyatakan
K = x T2  +  y T    …………………………………………. (Persamaan-a)
*     Untuk menentukan nilai x dan y, minta siswa mencermati kembali Gambar-13c untuk mendapatkan dua buah persamaan linier dengan peubah x dan y yang saling terkait. Diharapkan siswa melakukan hal berikut
Untuk T = 1 dan K = 2 diperoleh persamaan  x + y = 2
Untuk T = 2 dan K = 7 diperoleh persamaan  4x + 2y = 7
Dengan demikian kita peroleh dua buah persamaan linier dua peubah, yaitu
 
*     Minta siswa mengingat kembali materi yang telah dipelajari sebelumnya di SMP tentang cara menentukan himpunan penyelesaian dua buah persamaan linier dengan berbagai metode (eliminasi, substitusi, eliminasi dan substitusi, serta metode grafik biarkan siswa yang menentukan cara apa yang mereka gunakan). Kemudian menyuruh siswa  menentukan nilai x dan y. Diharapkan siswa memilih salah satu metode dan menggunakannya menentukan nilai peubah x dan y. Sebagai alternatif pilihan siswa adalah metode eliminasi..
Nilai x dan y dapat ditentukan sebagai berikut
  x  +  y = 2     ´ 4              4x + 4y = 8
4x + 2y = 7     ´1              4x + 2y = 7  -
                                                 2y = 1  Þ  y =
x  +  y = 2      ´ 2              2x + 2y = 4
4x + 2y = 7    ´ 1              4x + 2y = 7  -
                                         -2x        = -3  Þ  x =
Diperoleh himpunan penyelesaian kedua persamaan adalah
*     Siswa mengevaluasi hasil yang diperoleh, apakah hasil yang diperoleh adalah solusi terbaik. Diharapkan siswa melakukan hal berikut.





K = x T2  +  y T
2  = (1)2 + (1) (pernyataan benar)
7  = (2)2 + (2) (pernyataan benar)
15  = (3)2 + (3) (pernyataan benar)
26  = (4)2 + (4) (pernyataan benar)

 
x =
y =

 
  
Dapat disimpulkan, aturan pengaitan banyak tingkat dengan banyak kartu yang digunakan untuk membangun rumah kartu adalah K = x T2  +  y T dengan nilai konstanta x dan y adalah  dan .
*     Selanjutnya mita siswa menentukan banyak kartu yang digunakan membuat rumah kartu dengan 30 tingkat. Diharapkan siswa melakukan hal berikut
Untuk T = 30, diperoleh K =  T2  +   T
                                           =  (30)2  +   (30)
                                 K =  (900)  +  15 = 1365
Jadi banyak kartu yang dibutuhkan membangun rumah kartu bertingkat 30 adalah 1365 buah kartu.




Rubrik Penilaian Problem Solving

Komampuan :
Memecahkan Masalah
Nama Siswa      : ………..…………........
Tanggal             : ................................
Indikator Keterampilan Problem Solving
·      Memahami masalah dengan baik dengan banyak penjelasan guru
·     Merencanakan pemecahan masalah dengan baik tetapi banyak bantuan dari guru dan teman
·      Menyelesaikan masalah dengan baik tetapi banyak bantuan dari guru dan teman
·     Mengevaluasi hasil peme cahan masalah dengan baik dan banyak bantuan dari guru dan teman
·     Memahami masalah dengan baik dengan sedikit penjelasan guru
·     Merencanakan pemecahan masalah dengan baik dengan sedikit bantuan dari guru dan teman
·      Menyelesaikan masalah dengan baik dan sedikit bantuan dari guru dan teman
·     Mengevaluasi hasil pemecahan masalah dengan baik dan sedikit bantuan dari guru dan teman
·     Memahami masalah dengan baik tanpa penjelasan guru
·     Merencanakan pemecahan masalah dengan baik tanpa bantuan guru dan teman
·      Menyelesaikan masalah dengan baik tanpa bantuan guru dan teman
·     Mengevaluasi hasil pemecahan masalah dengan baik tanpa bantuan guru dan teman
1        2           3               4
 
                                                                                                                            











 


                   Rendah                                     Sedang                         Tinggi
Komentar Guru :

…………………………………………………………………………………………..

……………………………………………………………………………………….….


Komentar Orang Tua :
…………………………………………………….…………………………………….

…………………………………………………………………………………………..






5.           CONTOH ASESMEN OTENTIK : UNJUK KERJA MATEMATIKA

Kompetensi Dasar:
Menjelaskan bagian-bagian kubus dan balok

Indikator:
  • Melukis jaring-jaring kubus, balok, serta menghitungluas permukaannya.

Rancangan Tugas Otentik (Kerja Matematika)
Lara membantu keluarganya membuat ruang keluarga untuk istirahat. Ruang tersebut berukuran 9 x 9 meter persegi, dengan tinggi dinding tembok 4 mater. Mereka memasang baseboard pada dinding. Inilah sketsa ruang istirahat tersebut.



 


                                                                                                                   baseboard




                                                                                                        9 meter



                                                 9 meter


Keluarga ingin mengetahui luas seluruh permukaan dinding dan plafon (langit-langit) kamar. Untuk itu Lara menggambar jaring-jaring dinding dan plafon kamar. Perlihatkan gambar jaring-jaring yang dibuat Lara. Berapa luas seluruh dinding dan plafon kamar tersebut?








Jawaban:
a.

  1. Keluarga ingin memasang ubin untuk lantai. Lara memutuskan untuk membeli ubin berukuran 30 x 30 cm2. Berapa banyak ubin yang dibutuhkan? Tunjukkan pekerjaan Anda.
  2. Lara membutuhkan untuk membeli baseboard untuk menempelkannya sepanjang dasar dinding. Berapa panjang baseboard yang dibutuhkan? Tunjukkan pekerjaanmu.


Daftar Asesmen Tugas Kinerja(Soal No.3)


Prilaku yang didemonstrasikan siswa
Skor Asesmen
Skor Ideal
Skor yang diberikan Oleh
Siswa
Guru
  1. Gambar jaring-jaring dinding dan plafon kamar adalah tepat, termasuk baseboardnya.
  2. Langkah-langkah menghitung luas dinding dan plafon kamar adalah cocok dan perhitungannya benar.
  3. Langkah-langkah menghitung banyak ubin yang dibutuhkan lantai adalah cocok, dan perhitungannya benar.
  4. Langkah-langkah menghitung panjang baseboard adalah cocok dan perhitungannya benar.
  5. Penjelasan tertulisnya mudah dipahami

10


10


10



10


10





Rubrik/Kriteria Penilaian

Level
Kriteria
Superior (4)
·         Memahami/menggunakan konsep bagian-bagian kubus dan balok (bidang, rusuk, diagonal bidang, bidang diagonal, diagonal ruang kubus dan balok) dengan benar.
·         Strategi/prosedur perhitungan luas bagian-bagian kubus dan balok cocok.
·         Perhitungannya semua benar
·         Penjelasan tertulisnya mudah dipahami

Memuaskan (3)
·         Memahami/menggunakan konsep bagian-bagian kubus dan balok (bidang, rusuk, diagonal bidang, bidang diagonal, diagonal ruang kubus dan balok) dengan benar.
·         Strategi/prosedur perhitungan luas bagian-bagian kubus dan balok cocok.
·         Perhitungannya hampir semua benar
·         Penjelasan tertulisnya cukup mudah dipahami

Cukup Memuaskan (2)
·         Memahami/menggunakan konsep bagian-bagian kubus dan balok (bidang, rusuk, diagonal bidang, bidang diagonal, diagonal ruang kubus dan balok) dengan benar.
·         Strategi/prosedur perhitungan luas bagian-bagian kubus dan balok cocok.
·         Perhitungannya sebagian benar
·         Penjelasan tertulisnya cukup mudah dipahami
Tidak Memuaskan (1)
·         Tidak memahami konsep konsep bagian-bagian kubus dan balok (bidang, rusuk, diagonal bidang, bidang diagonal, diagonal ruang kubus dan balok).
·         Menggunakan strategi/prosedur salah/acak dalam menghitung luas bagian-bagian kubus atau balok
·         Penjelasan tertulisnya sulit dipahami

































6.           CONTOH ASESMEN SIKAP TERHADAP MATEMATIKA

KUESIONER
SIKAP PESERTA DIDIK TERHADAP
KOMPONEN DAN KEGIATAN PEMBELAJARAN

     Nama Sekolah                                      : ………………….           Kelas/Smstr     : …………………..
     Mata Pelajaran: ………………….       Hari/tanggal  : …………………..
     Topik              : ………………….       Nama Siswa  : …………………..

  1. TUJUAN
Tujuan penggunaan kuesioner ini adalah untuk menjaring data sikap siswa terhadap kegiatan dan komponen pembelajaran dalam pelaksanaan pembelajaran matematika.

  1. PETUNJUK
Beri tanda cek (Ö ) pada kolom yang sesuai menurut pendapatmu.
No
Aspek
Senang
Tidak Senang
I
Bagaimana sikap Anda terhadap komponen
a.       Materi pelajaran
b.      Buku Siswa
c.       Lembar Kerja Siswa (LKS)
d.      Suasana belajar di kelas
e.       Cara guru mengajar

....................
....................
....................
....................
....................

......................
......................
......................
......................
......................
Berikan alasan Ananda secara singkat atas jawaban yang diberikan





Baru
Tidak Baru
II
Bagaimana pendapatmu terhadap komponen
a.       Materi pelajaran
b.      Buku Siswa
c.       Lembar Kerja Siswa (LKS)
d.      Suasana belajar di kelas
e.       Cara guru mengajar

....................
....................
....................
....................
....................

......................
......................
......................
......................
......................
Berikan alasan Ananda secara singkat atas jawaban yang diberikan






Berminat
Tidak
Berminat
III
Apakah kamu berminat mengikuti kegiatan belajar selanjutnya seperti yang telah kamu ikuti sekarang?

.......................


......................
Berikan alasan Ananda secara singkat atas jawaban yang diberikan





Ya
Tidak
IV
Bagaimana pendapat Anda terhadap aktivitas belajar matematika di kelas dan di luar kelas
a.    Apakah Ananda merasa terbebani terhadap tugas matematika yang diberikan guru?
b.   Aktivitas belajar matematika menurut saya adalah menarik


.....................


.....................


......................


......................
Berikan alasan Ananda secara singkat atas jawaban yang diberikan





Bermanfaat
Tidak Bermanfaat
V
Bagaimana menurut pendapat mu, apakah matematika bermanfaat dalam kehidupan?


Berikan alasan Ananda secara singkat atas jawaban yang diberikan























Rubrik Penilaian Sikap dengan Kuesioner di Atas

Nilai
Kriteria Penilaian
4
Peserta didik memberikan respon senang dan baru terhadap komponen pembelajaran matematika, berminat, tertarik dan tidak merasa terbebanni terhadap tugas dan aktivitas belajar matematika, tetapi merasakan kebermanfaatan belajar matematika.
3
Peserta didik memberikan respon senang dan baru terhadap komponen pembelajaran matematika, berminat, tertarik dan tidak merasa terbebanni terhadap tugas dan aktivitas belajar matematika, tetapi tidak merasakan kebermanfaatan belajar matematika.
2
Peserta didik memberikan respon senang dan baru terhadap komponen pembelajaran matematika tetapi tidak berminat, tidak tertarik dan merasa terbebanni terhadap tugas dan aktivitas belajar matematika, serta tidak merasakan kebermanfaatan belajar matematika.
1
Peserta didik memberikan respon tidak senang terhadap komponen pembelajaran matematika, tidak berminat, tidak tertarik dan merasa terbebanni terhadap tugas dan aktivitas belajar matematika, serta tidak merasakan kebermanfaatan belajar matematika.




















7.            CONTOH ASESMEN DIRI

ASESMEN-DIRI DALAM KELOMPOK (SELF-ASSESSMENT IN GROUP)


·         Nama                              : …………………………….…………….

·         Anggota Kelompok   : ……………………………………………..

·         Kegiatan Kelompok     : ……………………………………………

Untuk pertanyaan 1 sampai dengan 5 tulis masing-masing huruf sesuai dengan pendapatmu

·         A = Selalu

·         B = Jarang

·         C = Jarang Sekali

·         D = Tidak pernah
1
Selama diskusi saya memberikan saran kepada kelompok untuk didiskusikan
2
Selama diskusi saya memberikan saran kepada
kelompok untuk didiskusikan.

3
Ketika Kami berdiskusi, setiap anggota memberi- kan masukan untuk didiskusikan
4
Semua anggota kelompok harus melakukan
sesuatu dalam kegiatan kelompok

5
Setiap anggota kelompok mengerjakan kegiatan-nya sendiri dalam kegiatan kelompok


Selama kegiatan, saya ..............................................


Mendengarkan
Mengendalikan kelompok


Bertanya
Mengganggu kelompok


Merancang gagasan
Tidur
6
Selama kegiatan kelompok, tugas apa yang kamu lakukan?

 


8.           Contoh Asesmen Partisipasi Siswa dalam Pembelajaran Matematika

Contoh Lembar Asesmen Partisipasi Untuk Portofolio Siswa
LEMBAR  ASESMEN PARTISIPASI

Nama             : ____________________________________________
Hari/Tanggal: ____________________________________________
Kalian telah mengikuti pelajaran fisika hari. Ingatlah kembali bagaimana partisipasi kamu dalam kelas fisika hari ini.

Jawablah pertanyaan berikut sejujurnya:

  • Apakah kamu berpartisipasi dalam diskusi ?
  • Apakah kamu telah mempersiapkan diri sebelum masuk kelas, atau telah mengerjakan PR, sehingga kamu dapat menjawab pertanyaan di kelas?
  • Apakah kamu bertanya ketika kamu tidak paham ?
  • Jika ada teman bertanya (kepada guru/kepadamu/kepada teman lain), apakah kamu menyimaknya ?

Berikan skor atas partisipasi anda, menurut ketentuan berikut ini.

Ø  Jika kamu menjawab “ya” pada semua pertanyaan di atas, bagus …, kamu telah melakukan partisipasi yang sempurna. Berikan nilai untuk dirimu 5.
Ø  Jika kamu menjawab “ya” pada tiga pertanyaan di atas, berikan nilai untuk dirimu 4.
Ø  Jika kamu menjawab “ya” pada dua pertanyaan di atas, berikan nilai untuk dirimu 3.
Ø  Jika kamu hanya menjawab “ya” paling banyak pada satu pertanyaan di atas berikan nilai untuk dirimu 2, dan upayakan untuk meningkatkan partisipasimu dalam pelajaran fisika.



Nilai partisipasi saya hari ini adalah : ____________.  


Tanda tangan________________________.

Nama:________________________

Kelas:_____________________

NIS   :________________________

 

 

 



LEMBAR PARTISIPASI
Flowchart: Document:




(Lembar ini diisi setiap jam belajar matematika)

Tulislah dengan jujur, partisipasi anda dalam belajar matematika di kelas hari ini.

Partisipasi yang dimaksud adalah:
·              Bertanya kepada teman di dalam kelas
·              Bertanya kepada guru di dalam kelas
·              Menyelesaikan tugas belajar dalam kelompok
·              Mempresentasikan hasil kerja di depan kelas
·              Menawarkan ide / menjawab pertanyaan teman di dalam kelas
·              Menawarkan ide / menjawab pertanyaan guru di dalam kelas
·              Membantu teman dalam belajar


Pertanyaan utama yang dijawab dalam tabel berikut ini adalah:



Partisipasi apa yang anda lakukan dalam belajar Matematika hari ini ?





Hari/Tanggal
Partisipasi apa yang kamu lakukan ?
































9.           Contoh Peer Asesmen dalam Partner Quizzes

Nama Anda :___________________

Tanggal:_________________

Nama Pasangan Anda   :_____________________________

Rounded Rectangle: KUIS -1








KERJAKAN SECARA BERPASANGAN
(Jika ada yang tidak memiliki pasangan dapat bergabung pada pasangan yang sudah ada)
·         Sajikan penyelesaian dengan jelas dan tepat pada lembar jawaban yang telah disediakan.
·        Anda dapat menunjukkan penyelesaian dengan lebih dari satu cara.


 


SOAL

1.      Tunjukkan (x – 5) dan (x + 2) adalah faktor dari 2x3 – 12x2 – 2x + 60.
2.      Jika (2x + 1) adalah faktor dari 2x3 – 11x2 – 38x – 16  maka tentukan dua faktor yang lain!
3.      Berapakan nilai m dan n jika (x + 3) dan (x – 5)  adalah faktor-faktor dari       x4 + ax2 + bx + 30?
4.      Fungsi f(x) = 2x3 – px2 + qx + 6 memiliki faktor x + 2. Jika f(x) dibagi x – 4 sisanya adalah 42.
(a)   Berapakah nilai p dan q
(b)   Tentukan kedua faktor yang lain.







R  U  B  R  I  K
(Check-Ups, Partner Quizzes, Unit Test)
 




 



Skor
Kriteria
5
§  Menunjukkan pemahaman yang lebih terhadap konsep-konsep
§  Menggunakan strategi-strategi yang sesuai
§  Komputasinya benar
§  Tulisan penjelasannya patut dicontoh
§  Melebihi permintaan masalah yang diinginkan

4
§  Menunjukkan pemahaman terhadap konsep-konsep
§  Menggunakan strategi yang sesuai
§  Komputasi sebagian besar benar
§  Tulisan penjelasannya efektif
§  Memenuhi semua permintaan masalah yang diinginkan

3
§  Menunjukkan pemahaman terhadap sebagian besar konsep-konsep
§  Tidak menggunakan strategi yang sesuai
§  Komputasi sebagian besar benar
§  Tulisan penjelasannya memuaskan
§  Memenuhi sebagian besar permintaan masalah yang diinginkan

2
§  Menunjukkan sedikit pemahaman terhadap konsep-konsep
§  Tidak menggunakan strategi yang sesuai
§  Komputasi banyak yang salah
§  Tulisan penjelasannya tidak memuaskan
§  Tidak memenuhi permintaan masalah yang diinginkan

1
§  Menunjukkan ketidakpahaman terhadap konsep-konsep
§  Tidak menggunakan strategi yang sesuai
§  Tulisan penjelasannya tidak memuaskan
§  Tidak memenuhi permintaan masalah yang diinginkan
0
§  Tidak ada jawaban

0 comments:

LINKS FROM ME (2)

GESKRIPSI


BLOG INI DIBANGUN OLEH GURU YANG INGIN MEMPERCEPAT ALUR INFORMASI DALAM IMPLEMENTYASI KURIKULUM 2013 KARENA ITU MOHON DO'A RESTU DAN MOTIVASI
Powered by Blogger.